Jual Milagros disini

OPINI : Jangan Membuang Sampah Di Sungai

Catatan Asep Haryono

Sungai terpanjang di Indonesia terletak di propinsi Kalimantan Barat yakni Sungai kapuas dengan panjang 1.143 km. Sungai inilah yang menjadi muara dari sungai sungai kecil yang membelah kota Pontianak menjadi 2 sungai yakni Sungai Kapuas dan Sungai Landak.  Kota Pontianak sendiri memiliki keunikan tersendiri di mana di beberapa sudut kota yang dijuluki oleh kota lintasan Khatulistiwa ini dialiri banyak sungai sungai kecil. 

Orang Pontianak lazim menyebutnya dengan parit.  Menumpuknya sampah di sungai ditengarai menjadi salah satu sebab terjadinya banjir yang sering melanda kota yang baru saja merayakan hari jadinya yang ke 245 tahun pada tanggal 23 Oktober 2016 lalu.  Bagaimana upaya pemkot Pontianak untuk menjaga kebersihan sungai dari gunungan sampah berikut catatannya. 


Bagi yang sering membuang sampah di badan sungai mungkin harus berpikir dua kali jika tahu ancaman sanksi pidana denda dan kurungan penjara yang mengintai mereka jika tertangkap tangan (sengaja) membuang sampah ke badan sungai.
Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 3 Tahun 2004 Tentang Ketertiban Umum. 

Pasal  17 (1) Setiap  orang  dilarang  membuang  sampah  atau  menumpuk  sampah  di  jalan,  jalur  hijau, taman,    sungai,  parit  selokan,  saluran  pembuangan  air  dan  tempat-tempat  umum  lainnya, kecuali di tempat tempat sampah yang telah ditetapkan oleh Kepala Daerah. Pelanggaranya  diancam  pidana    kurungan  paling  lama  6  (enam)  bulan  atau  denda paling banyak Rp. 5.000.000(Lima juta rupiah) 


Dilihat dari nominal denda mungkin relatif lebih kecil dibandingkan dengan DKI Jakarta yang menerapkan sanksi bisa kena denda hingga Rp.20.000.000,- (Dua Puluh Juta Rupiah).  Hal ini memang sesuai dengan  UU No 18/2008 tentang Pengelolaan Lingkungan, Perda No 5/1988 tentang Kebersihan Lingkungan Dalam Wilayah DKI, serta Perda No 8/2007 tentang Ketertiban Umum..

Bagaimana dengan Kota Pontianak.  Peraturan Daerah Kota Pontianak Nomor 3 Tahun 2004 Tentang Ketertiban Umum.  Pasal  17 (1) Setiap  orang  dilarang  membuang  sampah  atau  menumpuk  sampah  di  jalan,  jalur  hijau, taman,    sungai,  parit  selokan,  saluran  pembuangan  air  dan  tempat-tempat  umum  lainnya, kecuali di tempat tempat sampah yang telah ditetapkan oleh Kepala Daerah Pelanggaran berhadapan ketentuan pasal ini Peraturan  Daerah  ini  diancam  pidana    kurungan  paling  lama  6  (enam)  bulan  atau  denda paling banyak Rp. 5.000.000(Lima juta rupiah) 
Selanjutnya Perarturan Daerah (Perda) nomor 1 tahun 2010 juga melarang membuang sampah di sungai, parit selokan atau saluran pembuangan air.  Perda Nomor 1 tahun 2010 ini sudah sangat jelas  dan sanksinya pidana kurungan 3 bulan dan didenda Rp50.000.000,- (Lima Puluh Juta Rupiah).
Salah satu cara yang sederhana untuk mencegah semakin menumpuknya sampah di sungai sungai di kota Pontianak adalah dengan melakukan upaya persuasif yakni dengan memberikan penyuluhan baik dari tingkat RT , Kelurahan hingga di lingkungan yang paling kecil yakni keluarga.  Membiasakan diri untuk hidup bersih dan mencintai lingkungan sekitarnya termasuk badan sungai dari aksi membuang sampah sembarangan patut terus disosialisasikan dengan berbagai cara.

Kasus ditangkapnya 3 Warga Negara Asing (WNA) asal China yang dilaporkan masyarakat setempat karena membuang sampah sembarangan ini bisa menjadi perhatian kita semuanya.  Bahkan orang asing pun membuang sampah sembarangan di kota Pontianak saja sudah dijerat dengan Undang Undang, dan ini bisa menjadi contoh yang tidak baik

Upaya lain yang tidak kalah dampak positifnya adalah dengan menempatkan tempat pembuangan sampah (TPS) di pinggir Sungai Kapuas dan atau disudut sudut tertentu di beberapa sudut kota Pontianak yang dialiri oleh sungai misalnya daerah Jl. Haji Rais A Rahman, jalan Sungai Raya Dalam dan masih banyak  lagi lainnya.  Apalagi daerah Jln Haji Rais A Rahman yang strategis dan merupakan salah satu icon kota wisata sungai tercermin di sepanjang jalan Haji Rais A Rahman ini.  Mari bikin Pontianak Bangga.  Menjaga kebersihan dan keindahan parit untuk kita semua. (Asep Haryono)



PARIT : Lancarnya air parit seperti ini bisa  mencegah banjir. Jangan buang sampah ke badang sungai. Foto Asep Haryono
PARIT : Lancarnya air parit seperti ini bisa  mencegah banjir. Jangan buang sampah ke badang sungai. Foto Asep Haryono
TEPI JALAN : Kota Pontianak dilalui oleh kanal kanal parit yang membelah kota di beberapa bagian di tepi jalan. Parit seperti ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat Foto Asep Haryono
TEPI JALAN : Kota Pontianak dilalui oleh kanal kanal parit yang membelah kota di beberapa bagian di tepi jalan. Parit seperti ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan masyarakat Foto Asep Haryono

Referensi :
  1. Kota Pontianak - https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Pontianak
  2. Jangan Mimpi Pontianak Seperti Lyon Jika Warga Masih Buang Sampah di Sungai - http://news.detik.com/berita/d-2935108/jangan-mimpi-pontianak-seperti-lyon-jika-warga-masih-buang-sampah-di-sungai
  3. Hairiah Pesan Jangan Segan Tegur Warga yang Buang Sampah ke Sungai - http://pontianak.tribunnews.com/2016/08/11/hairiah-pesan-jangan-segan-tegur-warga-yang-buang-sampah-ke-sunga
  4. Pontianak tempatkan TPS dipinggir Sungai Kapuas - http://kalbar.antaranews.com/berita/343822/pontianak-tempatkan-tps-di-pinggir-sungai-kapuas
  5. Aksi Sungai Kapuas Di Pontianak - https://danumdayak.wordpress.com/2015/03/28/aksi-sungai-kapuas-di-pontianak/
  6. Legislator: Pengembalian Fungsi Parit Belum Maksimal - http://www.mujahidinfm.com/ps-legislator-pengembalian-fungsi-parit-belum-maksimal.html
  7. Tim Pengawasan Orang Asing Amankan Empat WNA di Pontianak - http://daerah.sindonews.com/read/1151068/174/tim-pengawasan-orang-asing-amankan-empat-wna-di-pontianak-1477679719
  8. Buang Sampah Sembarangan, 3 Warga China Diamankan Satpol PP - http://regional.kompas.com/read/2016/10/25/16151721/buang.sampah.sembarangan.3.warga.china.diamankan.satpol.pp 

7 comments:

  1. Kan enak ya Kang, kalok sungai di sekitar bersih. Gak bakalan banjir. Tapi entah kenapa masih ada aja orang-orang yg buang sampah atau limbah di sungai :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Beby Rischka : Hi Beb Iya bener banged Soalnya kalau sampah menumpuk di sungai bisa membawa banyak bencana Banyak nyamuk , air menjadi kotor, dan yang paling mengkhawatirkan bisa menyebabkan terjadinya Banjir

      Delete
  2. Sepertinya cukup sulit menjerat pelaku pembuang sampah sembarangan ke kali, kan biasanya justru warga sekitar pinggir kali pelakunya. Atau bisa juga orang yang lewat.

    Tapi memang perlu banget penyuluhan kepada setiap warga, agar semakin meningkatkan kesadaran akan dampak negatif membuang sampah ke kali.

    ReplyDelete
  3. denda yang berat jika tidak ada pengawasan dan ketegasan hukuman seperti akan sulit terwujud ya kang

    ditambah harus merubah mentalitas masyarakat untuk selalu hidup tertib

    ReplyDelete
  4. Saya yang tinggal di Jakarta selalu sedih denger cerita orang tua yang bilang, "Sungai Jakarta tuh dulu bersih." Nyatanya kotor banget sekarang. Biar pun ada spanduk gede-gede tentang larangan buang sampah, tetep aja kotor terus. Susah juga, Pak.

    ReplyDelete
  5. Wah mantep nih salah fokus jadi baca yang disidebar deh... lomba kompas... keren deh tulisanya gampang dicerna..

    ReplyDelete
  6. Mantap mas..
    Semoga banyak masyarakat yang sadar akan dampak negatif pencemaran lingkungan terutama sungai...

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak Bandara Supadio Pontianak Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog