Jual Milagros disini


OPINI : Dahlan Iskan Tersangka ?

Catatan Asep Haryono

Ada tiga peristiwa besar hari ini yang saya dapatkan kabarnya pertama Vonis 20 tahun yang dijatuhkan pengadilan kepada terdakwa pembunuhan Mirna, yakni Jessica Kumala, kedua, prestasi putri Indonesia yang menjadi juara di ajang Miss Grand International 2016 Ariska Putri Pertiwi  , dan yang ketiga adalah ditetapkannya status tersangka kepada Dahlan Iskan, mantan menteri BUMN di era kepemimpunan presiden SBY. Saya memilih untuk memberi ulasan singkat untuk poin yang ketiga saja : Dahlan Iskan Tersangka?

Isu mengenai ditetapkannya status tersangka kepada mantan Menteri BUMN Bapak Dahlan Iskan sudah lama terendus sejak tahun 2015 yang lalu. Dalam siaran pers yang pernah saya publikasikan di blog kesayangan saya ini yang berisi dan berjudul "Dahlan Iskan Tersangka ?" pada tanggal 7 Juni 2015 yang lalu saya suda mengulas isu ini. 

Saya tidak dalam posisi membela beliau karena saya sudah bukan lagi bagian dari keluarga besar Jawa Pos News Network. Namun sebagai orang yang pernah bekerja selama 14 tahun di salah satu grup media perusahaan di bawah kepemimpinan beliau dapatlah kiranya saya turut menyampaikan pandangan dan pendapat pribadi saya terhadap apa yang sedang dialami oleh Bapak Dahlan Iskan

Sebenarnya apa yang menjadi dasar penetapan tersangka yang disematkan kepada Bapak Dahlan Iskan?  Dari berbagai referensi yang saya dapatkan , dapatlah saya sampaikan di bawah ini ada satu informasi atau catatan  peristiwa yang menyeret mantan menteri BUMN di era presiden SBY itu hingga ditetapkan sebagai tersangka seperti di bawah ini :

  • Dahlan Iskan Ditetapkan sebagai Tersangka dalam kasus Mobil Listrik. Dahlan ditetapkan sebagai tersangka dalam posisi sebagai kuasa pengguna anggaran dalam kasus dugaan korupsi pembangunan 21 gardu induk Listrik di daerah Jawa, Nusa Tenggara Barat dan Bali, dengan senilai Rp 1,063 triliun kata Kepala Kejati Jakarta, tersebut. Yang sudah ditetapkan sebagai tersangka ada dua orang yakni Dasep Ahmadi dari PT Saimas Ahmadi Pratama serta Agus Suherman, dirut Perum Perikananan Indonesia yang juga mantan pejabat Bina Lingkungan Kementerian BUMN.
DAHLAN ISKAN :  Penulis berfoto bersama Bapak Dahlan Iskan di forum Business Gathering dan Dialog bertema "Peran BUMN dalam Membangun Bangsa Indonesia" di Hotel Aston Pontianak tanggal 27 Oktober 2013 yang lalu.  Dokumen Pribadi
DAHLAN ISKAN :  Penulis berfoto bersama Bapak Dahlan Iskan di forum Business Gathering dan Dialog bertema "Peran BUMN dalam Membangun Bangsa Indonesia" di Hotel Aston Pontianak tanggal 27 Oktober 2013 yang lalu.  Dokumen Pribadi

Dalam buku Ganti Hati yang bapak Dahlan Iskan tulis itu ada disebutkan mengenai operasi ganti hati yang dijalaninya di negera Tirai Bambu China berhasil dengan gemiang. Hati yang ada dalam tubuh sang mantan menteri BUMN itu senilai 3 Milyar rupiah. Sungguh sebuah nilai biaya pengobatan yang fantastis menurut pandangan saya.   Beliau sudah kaya raya.  Uang bukan masalah buat beliau.  Ini yang membuat saya kaget bercampur bingung kok bisa itu (status tersangka korupsi) bisa disematkan kepadanya.  Mau cari apa lagi beliau?

Dahlan Iskan pun mengajuikan praperadilan
terhadap Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yang menetapkan status tersangka kepadanya.  Menurut tim pengacara Dahlan Iskan menyebut bahwa penetapan status tersangka kepada Dahlan Iskan dinilai cacat dari sisi hukum dan tidak sah karena sudah menetapkan (status tersangka) terlebih dahulu baru kemudian (mencari) alat bukti. 

Dalam kitab KUHP menyebutkan harus ada minimal 2 alat bukti terlebih dahulu baru kemudian menetapkan status tersangka. "Seseorang tidak dapat ditetapkan sebagai tersangka sebelum penyidik menemukan dua alat bukti yang sah seperti diatur dalam Pasal 128 KUHAP" kata Yusril Ihza Mahendra yang menjadi pengacara Dahlan Iskan seperti yang dikutip oleh BBC Indonesia.
Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memutuskan untuk mengabulkan seluruhnya gugatan praperadilan Dahlan Iskan terhadap Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta. (Asep Haryono).

Referensi :


2 comments:

  1. Iya ya, padahal baru aja diminta jadi saksi. Eh uda jadi tersangka aja. Semoga hukum di Indonesia bisa membuktikan mana yg benar dan mana yg salah.

    ReplyDelete
  2. @Beby Rischka : Aamiinnnnnnnnnnnnnnnnn

    ReplyDelete

Bandara Supadio Pontianak From Bali With Love Selfie Dengan Selebritis
| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog