Jual Milagros disini
Loading...

Tips Praktis Merubah Android Menjadi MODEM

Catatan Asep Haryono

Samsung Galaxy Grand Prime sebagai salah satu smart phone premium selain berfungsi sebagai alat komunikasi verbal untuk membuat dan atau menerima panggilan juga bisa difungsikan menjadi modem untuk koneksi internet melalui fitur Mobile Hotspot atau WIFI. 

Secara umum spesifikasi Review Samsung Galaxy Grand Prime ini memiliki beberapa fitur utama yakni Kamera depan 5 Pixels, Kamera belakang 8 MP yang direlease pada tahun 2014 dengan sistim operasi yang digunakannya adalah Android OS versi 4.4.4.  Kemampuan Battery nya Li-Ion 2600 mAh dengan menampung dua kartu SIM Sekaligus.  Saya menggunakan Android tipe ini sejak Juli 2016 yang lalu sampai sekarang.

Jadikan Android anda sebagai modem yang menyediakan akses internet untuk anda gunakan sendiri dan atau share (berbagi) kepada user yang lain

Android Sebagai Modem Untuk Laptop
WIFI sendiri pada prinsipnya bisa membagi jaringan internet dengan jangkauan dan tingkat kekuatan (Strong) yang limited (terbatas). Dalam ulasan ini saya fokuskan Handphone anda untuk digunakan sebagai modem yang memancarkan WIFI atau  hotspot untuk laptop anda sendiri.  


Berikut ini adalah tips praktis merubah handphone Samsung Galaxy Grand Prime anda menjadi modem dengan sinyal terkuat untuk anda gunakan sendiri pada laptop anda.

  1. Setting
  2. pilih Tethering and mobile hotspot
  3. Pilih Mobile Hotspot

Catatan : Dengan tips ini Samsung Galaxy Grand Prime anda sudah menjadi MODEM sekaligus berfungsi memancarkan sinyal internet untuk anda gunakan s sendiri  Tidak share (berbagai) dengan user yang lain.   


Sinyal Modem Android Agar Tidak Share
Untuk memastikan sinyal internet dari Android anda yang sudah menjadi MODEM itu tidak melebar kemana mana atau tidak di share (berbagi) dengan yang lain anda bisa mengaturnya dengan cara :

  1. Setting
  2. pilih Tethering and mobile hotspot
  3. Pilih Configure Mobile Hotspot

Selanjutnya anda akan di bawa ke halaman yang harus di isi.  Isikan  Network  SSID nya sesuai kemauan anda (Misalnya Bambang-NET),  kolom Security sudah ada default  WPA 2 PSK agar dibiarkan saja seperti itu. 

Nah pada kolom Password bolehlah anda isi password sesuai yang anda inginkan   Jika terlupa isi apa di password boleh di contreng Show Password.  Nah baru keliatan passwor dyang anda ketikan.    Jika sudah boleh klik save atau Cancel

Dengan mengikuti prosedur di atas anda sudah bebas menikmati koneksi WIFI dari Android anda yang  sudah meniadi MODEM yang memberikan koneksi Internet untuk anda gunakan sendiri.



ANGGUN : Inilah fisik Samsung Galaxy Grand Prime yang menawan, indah dan menakjubkan.   Gambar dari OLX
ANGGUN : Inilah fisik Samsung Galaxy Grand Prime yang menawan, indah dan menakjubkan.   Gambar dari OLX


CaraMembuat WIFI atau HOTSPOT
Anda ingin membagi koneksi internet bagi rekan rekan anda di rumah. Nah jadikan Android Samsung Galaxy Grand Prime anda sebagai router atau sebagai koneksi untuk memberikan jaringan WIFI atau Hotspot seperti yang ada di cafe cafe atau warung internet.  Caranya mudah sekali.

  1. Setting
  2. pilih Tethering and mobile hotspot
  3. Pilih Configure Mobile Hotspot
  4. Pada bagian  Security, scroll ke bawah pilih OPEN
  5. Lalu klik Save


Nah anda tinggal memberi tahu Password WIFI atau Hotspot anda kepada orang lain.  Sangat disarankan untuk tidak terlalu banyak USER yang menggunakan koneksi WIFI atau Hotspot anda  Semakin banyak yang menggunakannya koneksi dipercaya akan semakin lemot.   Cukup dua orang saja (termasuk anda sendiri) yang share WIFI atau Hotspot tersebut. Selamat mencoba. (Asep Haryono)

2 comments:

  1. Alhamdulillah mas, saya juga sering menggunakan android ASUS buat jadi modem. Soalnya jadi lebih praktis aja secara kalau harga modem kan rata-rata dua ratusan ribu ke atas. Jadi lebih baik menggunakan smartphone android sebagai alternatifnya.

    Jadi mengasyikkan apalagi saya menggunakan jaringan 3 lebih hemat dari harga dan kuota. Tapi berdasarkan pengalaman jaraknya jangan terlalu jauh sebab bisa mengganggu pada jaringan hostspotnya misalnya terasa lambat atau tidak tersambung.

    Makasih mas.

    ReplyDelete
  2. Salam bang...

    Rupanya kita sama bang, sering pake handphone sebagai modem. Lebih gampang dan tidak perlu keluar rumah lagi.
    Hehehe.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog