Jual Milagros disini
Loading...

Pengalaman Belanja Di Ramayana Yogyakarta

Catatan Asep Haryono

Salah satu kegiatan saya selama mudik Lebaran di Yogyakarta dari tanggal 22 Juni s/d 13 Juli 2016 adalah berbelanja atau bahasa kerennya shopping.  Nah sudah bukan rahasia lagi kalau kota Yogyakarta, kota Pelajar terkenal di Indonesia , ini adalah salah satu syurga nya para wisatawan dalam dan luar negeri. 

Ada banyak tempat shopping terkenal di kota Yogyakarta yang menjadi magnet para wisatawan untuk berbelanja misalnya kawasan Jalan Malioboro , Kawasan Tugu Yogya, kawasan Monumen Jogja Kembali (Monjali),  Pasar Beringharjo , Matahari Mall dan masih banyak lagi lainnya.  Salah satu spot belanja yang juga tidak kalah peminatnya bagi wisatawan untuk berbelanja adalah Ramayana Department Store.   Berikut catatannya.


Belanja Daring VS Konvensional
Sebenarnya ini hanya pilihan saja. Berbelanja secara konvensional yakni dengan mendatangi langsung di tempat dengan berbelanja secara daring (online) adalah pilihan.  Yang mana saja boleh. 

Berbelanja secara online melalui gerai gerai online shop atau toko online adalah sebuah keniscayaan mengingat mobilitas orang yang semakin sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk keluar dari ruangan. 

Berbelanja online adalah pilihan yang mudah, praktis dan relatif lebih cepat walau tetap mengandung resiko, seperti halnya berbelanja secara langsung dengan mendatangi tempat jualan.

Tinggal terpulang kepada anda bagaimana mensiasati semua itu agar berbelanja menjadi sebuah kegiatan yang 100 persen menyenangkan.  Berbelanja adalah salah satu aktifitas dalam kegiatan wisata atau traveling yang sangat disukai para wisatawan selain selain wisata kuliner dan lain sebagainya.

Sewaktu masih di Yogyakarta , saya menemani guide saya Mas Sabiyan untuk berbelanja batik di Pasar Beringharjo dan kemudian dilanjutkan dengan berbelanja T-shirt di Ramayana.  Karena saat itu masih dalam suasana menjelang Idul Fitri 1437 Hijriah, sausana perbelanjaan yang merakyat itu penuh sesak oleh para belanjaers.  

Untuk membeli satu stell kaos saja sudah mirip belanja 1 kuintal alias ngantrinya minta ampun memanjang di belakang seperti barisan gerbong keretapi.   Mau beli satu potong Kaos atau mau belanja 1 kuintal tetap saja harus mengantri dengan tertib.   Ada yang membayar dengan menggunakan Ramayana Member Card, ada yang menggunakan Kartu Debet bank bank tertentu, sampai membayar dengan cash alias tunai. 


Berisiknya Minta Ampun
Saya dan mas Sabiyan yang memang jarang belanja di Ramayana Department Store tidak memiliki karto anggota Ramayana (Ramayana Member Card).  Beda dengan belanja di Hypermart yang memang ada kartu anggotanya, dan juga di Alfamart dengan kartu Ponta nya.   Kedua mall tersebut (Hypermart dan Alfamart) saya memiliki kartu anggotanya masing. 

Khusus untuk kartu anggota Alfamart, setiap pembelian minimal tertentu akan mendapat potongan 1 rupiah dan begitu seterusnya. Ponta adalah sebuah program membership yang dapat digunakan saat berbelanja di Alfamart dan atau berbelanja di beberapa partner / merchant sekaligus.

Cara menggunakan kartu ponta ini sangat mudah. Setiap kali anda melakukan transaksi di gerai Alfamart, maka kartu Ponta anda akan discan oleh petugas dan poin akan langsung terkredit di kartu anda.  Anda juga bisa mencek jumlah saldo Poin anda di website. 

Satu hal lagi adalah poin Ponta tidak dapat diuangkan.   Benda belanja di dalam ruangan (indoor)  tentu beda dengan belanja di luar ruangan  Namun jika belanja dalam ruangan itu ada loudspeaker seperti belanja di luar ruangan tentu saja berisiknya minta ampun. 

Ramayana luar biasa berisiknya karena adanya info info dan pengumuman dari loudspeaker dengan suara yang memekakkan telinga.  Hal seperti ini yang sering membuat saya tidak nyaman berbelanja di Ramayana dan ingin segera keluar dari Ramayana jika belanjaan sudah diperoleh.

Saat Samsung Galaxy Grand Prime saya bergetar karena ada panggilan masuk saya harus segera ke luar Ramayana untuk menjawab panggilan. Karena percuma menerima panggilan telepon saat dalam keadaan bising aias berisik.

Walaupun pengalaman belanja di Ramayana Yogyakarta ini tidak seindah dalam bayangan saya tetapi harus sportif saya akui kalau harga harga di sini relatif jauh lebih terjangkau untuk traveller sekelas saya.  Bagaimana?  Anda tertarik untuk berbelanja di Ramayana di kota anda?.  (Asep Haryono)

KASIR :  Harus bersabar dalam antrian. Jika sudah di depan segeralah bayar dengan uang pas jika bisa.  Penggunaan kartu Kredit akan memakan waktu. Kasihan orang dibelakang anda sudah antri memanjang.  Foto Asep Haryono
KASIR :  Harus bersabar dalam antrian. Jika sudah di depan segeralah bayar dengan uang pas jika bisa.  Penggunaan kartu Kredit akan memakan waktu. Kasihan orang dibelakang anda sudah antri memanjang.  Foto Asep Haryono

DISCOUNT :  Percayakah anda dengan discount discount seperti ini? Teori lama menyebutkan kalau harga dinaikkan dahulu oleh pengusaha baru kemudian diberi discount.  Anda percaya?  Foto Asep Haryono
DISCOUNT :  Percayakah anda dengan discount discount seperti ini? Teori lama menyebutkan kalau harga dinaikkan dahulu oleh pengusaha baru kemudian diberi discount.  Anda percaya?  Foto Asep Haryono

SIGAP :  Menempatkan petugas kasir yang sigap dan cekatan dalam mengurus pembayaran pelanggan sebuah keharusan.  Syukur kalau petugasnya juga berparas cantik dan manis,  Ngantri lama tidak akan membosankan. Ooops .  Foto Asep Haryono
SIGAP :  Menempatkan petugas kasir yang sigap dan cekatan dalam mengurus pembayaran pelanggan sebuah keharusan.  Syukur kalau petugasnya juga berparas cantik dan manis,  Ngantri lama tidak akan membosankan. Ooops .  Foto Asep Haryono

2 comments:

  1. ciee yang belanja
    buat lebaran ini pasti
    mbak kasirnya cantik kan ya pak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dedaunan Hijau : hihihi. Iya

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog