Jual Milagros disini
Loading...

Cara Cepat Mengganti Password GMAIL

Catatan Asep Haryono
,
Password adalah hal yang penuh resiko.  Akun apa pun yang anda miliki entah itu akun sosial media (twitter, IG, Facebook) atau bahkan email GMAIL yang banyak sekali peminatnya di seluruh dunia, password harus dijaga ekstra kertat. 

Jangan sampai begitu suitnya password yang anda buat sampai anda sendiri tidak ingat.  Tulisan singkat saya kali adalah cara mudah mengganti password gmail yang asyik untuk dipelajari. Siapa pun bisa melakukannya


Sebaiknya dihindari.  Catat dalam buku lain atau kertas lain atau anda ingat saja.   Menyimpan (save) password anda dalam perangkat Laptop atau PC mudah diendus oleh para hacker dalam dan luar negeri

Salah satu kelengkapan saya  jika melakukan traveling atau trip ke luar kota adalah kelengkapan "tempur" berupa seperangkat alat telekomunikasi berbasis internet seperti android, laptop, charger, 2 buah modem cadangan, mouse , kartu TRI dan alat alat tulis.  

  1. klik "My Account" dari sudut kanan atas dashboard Blogger kamu. 
  2. Maka kamu akan menemukan halaman bertuliskan "Control, protect, and secure your account", lalu pilih "Sign-in & Security" lalu pilih di bawahnya "Signing in to Google"
  3. Dalam halaman "Signing in to Google" ini lalu pilih "Password & sign-in method" lalu pilih "Password"  dengan mengklik tanda " >"
  4. Nah di halaman "Password" inilah anda akan diminta dengan hormat untuk mengisi password anda yang baru minimal 8 karakter, kemudian confirm lagi dengan menuliskan password baru anda sekali lagi lalu klik "change password"
  5. Selesai sudah dan password anda sudah berhasil diperbaharui

Untuk alasan keamanan agar lebih strong lagi dalam melindungi account blogger atau e
mail GMAIL anda,  sangat disarankan untuk juga memasang additional security (keamanan tambahan) dengan memlih 2-Step Verification (Verifikasi 2 langkah) dengan menggunakan nomor HP anda sebagai "kunci gembok" nya. 

Jadi account anda memiliki keamanan berlapis. Keren.  Cara bagaimana?  Baiklah akan saya terangkan.
LAPTOP : Mengakses dunia maya melaui sebuah laptop memang mengasyikkan.  Gantilah password akun anda secara berkala.  Foto Asep Haryono
LAPTOP : Mengakses dunia maya melaui sebuah laptop memang mengasyikkan.  Gantilah password akun anda secara berkala.  Foto Asep Haryono

Nah saat anda berada di point nomor 3 di atas - halaman "Password & sign-in method" lalu pilih "2-Step Verification "  dengan mengklik tanda " >".   Kemdian centrang aktifkan atau Turn On
Nah bagaimana cara kerjanya?  Mudah saja.  Setelah anda mengisi halaman Password sebagai verifikasi kepemilikan yang pertama,  maka Google akan meminta anda untuk melalui tahap verifikasi kepemilikan akun yang kedua.   Dari sini sistem Google akan mengirim SMS yang berisi  Google verification code (koder verifikasi) sesuai dengan nomor HP yang anda daftarkan.
Kode verifikasi kedua ini berupa 6 (enam) digit angka yang diawali dengan huruf G di depannya  Misalnya kode verifikasi google anda adalah G-123456.  Nah Google akan mengirim SMS yang berisi kode verifikasi kedua ini ke nomor HP anda.  Nah masukkan 6 digit angka ini ke dalam halaman verifikasi Google anda, dan tahapannya selesai. 
 
Repot kah?  Jika terlalu repot , dan anda yakin password anda sulit ditembus orang, maka anda bisa menonaktifkan verifikasi 2 langkah ini setiap saat.  Namun jika masih ada kendala juga , misalnya anda benar benar lupa, maka sebagai alternatif adalah mencantumkan email baru dan nomor HP cadangan.  Hal ini akan memudahkan Google untuk mengcovery (memulihkan) account GMAIL anda dengan baik 

Saya tidak bosan bosannya mengingatkan diri saya sendiri untuk TIDAK membuat password yang mudah ditebak orang misalnya nama orang tua, namam pacar, nama selingkuhan (oopps) , nama Kota Lahir, Tanggal kelahiran, Nama anak,  Nama Zodiac kesayangan anda, dan sejenisnya.  Gunakanlah password dengan tingkat kesulitan tinggi dan tidak mudah ditebak orang.  Semoga bermanfaat.  (Asep Haryono)

1 comment:

  1. asek tutorial sederhana tpi bermanfaat untuk orang bnyak :D

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog