Jual Milagros disini
Loading...

Ingin Menjadi Blogger

Catatan Asep Haryono


Apakah menjadi seorang blogger merupakan cita cita, hobi atau kesenangan? Jika pertanyaan ini diajukan kepada sahabat saya, tetangga satu komplek Duta Bandara Ahmad Yani 2  Supadio, yang bernama Budi Wiranto ini jawabannya hanya senyum senyum saja.   Beliau memang tetangga saya satu komplek.  Saya bertemu dengannya saat piket Ronda Komplek pada tanggal 11 Juni 2016 yang lalu.  Bagaimana ceritanya ayah satu anak ini sudah sangat ingin menjadi seorang penulis blog (Blogger) berikut catatannya.

Blog Itu Mudah
" Beberapa waktu yang lalu saya memang pernah berkunjung ke sebuh obyek wisata Ensaid Panjang yang ada rumah adat betang yang besar itu.  Di sana saya melihat banyak anggota keluarga yang tinggal dalam rumah itu, dan menurut saya itu sangat menarik untuk dibuat dalam sebuah blog" kata Budi mengawali obrolan kami malam itu saat Piket Ronda.   Akhirnya Budi pun menanyakan lebih jauh kepada saya bagaimana memulainya?


Saya yang kebetulan memiliki pengalaman dalam blogging ini pun sangat senang mendengar niatan dari beliau yang ingin memulai menuliskan pengalamannya dalam kunjungan ke Ensaid Panjang (Sintang) itu dalam sebuah blog.   Saya pun mencoba memberikan gambaran secara singkat saja apa dan bagaimana memulai memiliki sebuah blog.

Dalam pemaparan saya kepada bang Budi (Saya lebih senang menyapa beliau dengan sebutan "bang" daripada "Bapak".  Karena secara sekilas saya mengamati beliau memang memiliki postur yang cukup tegap, kulit yang licin, dan tampak masih muda.   Mungkin sahabat blogger semua bisa memperkirakan kira kira umur berapakah abang kita yang satu ini?  Okaylah urusan usia (umur) kita kesampingkan dahulu.   Nah gambaran saya kepada bang Budi, Blog itu pada umumnya disesuaikan dengan minat masing masing .

MINAT : Budi Wiranto sudah sangat ingin menulis di blog atau menjadi seorang blogger.  Foto Asep Haryono
MINAT : Budi Wiranto sudah sangat ingin menulis di blog atau menjadi seorang blogger.   Keinginannya itu sudah lama dia pendam dan akan segra direalisasikan. Foto Asep Haryono



Pertama, Blog yang bertema spesifik atau khusus seperti Travel Blog, Fashion Blog dan masih banyak lagi Blog dengan tema yang spesifik atau minat khusus.  Tema tema seperti ini memang sangat disukai oleh Google karena relatif lebih mudah diindex dengan tema yang sangat menarik dan memancing ( keyword )kata kunci yang bagus sekali untuk optimasinya kelak dikemudian hari.  Blog blog dengan tema spesifik atau khusus ini memiliki peminat yang cukup banyak dari blog dengan tema umum atau bebas lainnya.

Kedua, platform atau pun media yang menjadi wadah atau tempat "penampungan" tulisan tulisan bisa menggunakan host yang free atau gratisan atau yang berbayar.  Atau alternatif host nya menumpang pada server gratisan sedangkan domainnya berbayar.  

Saya memberi contoh blog saya sendiri yang beralamat di www.simplyasep.com itu mirip sebuah website professional dengan template news atau portal berita.  Padahal itu blog gratisan hanya menggunakan template ala portal berita dan itu semua free alias cuma cuma. Yang berbayar hanya TLD (Top Level Domain) "com" nya saja yang berbayar.    

Ada banyak perusahaan penyewaan domain dan hosting di Indonesia.  Salah satu nya yang menjadi kesukaan saya adalah Rumah Web yang bermarkas di Jogjakarta.  Secara kebetulan klien klien saya di perusahaan hosting tersebut, dan saya pun pernah menyambangi kantor Rumah web di Jogjakarta beberapa tahun yang lalu.  

Bagi saya rumah web profesional dan pelayanannya baik, dan setiap ada keluhan atau teknis selalu dibantu oleh tim teknis Rumah web yang profesional dan itu saya suka.  Sampai sekarang saya selalu menyarankan klien klien blog dan website saya menyewa hosting dan domain di rumahweb Jogjakarta.

Sedangkan tujuan memiliki Blog juga disesuaikan dengan mission (misi) masing masing individu. Apakah blog yang akan dimilikinya nanti digunakan untuk optimasi mencari earning (pendapatan) alias blog untuk mendulang dollar dollar Amerika atau rupiah dari internet, atau sekedar wadah untuk menulis.  Apa saja bebas mau diapakan blog nya nanti terpulang kepada diri masing masing   

Saya hanya memberi catatan sedikit jika blog digunakan untuk mencari uang di Internet masih ditambah lagi persyaratan lainnya seperti Page Rank (PR) , DA (Domain Authority), PA (Page Authority),  Alexa Rank (peringkat Alexa), dan masih banyak lagi.    Kunjungan sesama blogger dan saling memberi saran dan komentar yang sesuao dengan tema Blog yang dikunjungi masih diyakini sebagai salah satu cara yang jitu untuk menarik kunjungan (trafik) ke Blog.     

Saat saya tanya kapan Bang Budi mulai menjadi blogger?  Jawabannya hanya senyum senyum saja.  Tau sendiri senyum itu sejuta maknanya.  Dapatkah sahabat menafsirkan apa arti senyum seorang Budi, sahabat saya itu?  DI foto pun wajah dipalingkan dan hanya menampakan pipnya saja.  Welcome to the jungle bang Budi.   Selamat datang di dunia blogging.  Kami menunggu kehadiran mu. (Asep Haryono)

23 comments:

  1. Memiliki blog lebih ke hobi atau bisa kesenangan mas , ataupun tempat di mana kita bisa menuangkan isi hati gagasan ide kreatif , lebih populernya media penyimpanan online

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Trik Pos : Iy benar sekali. Saya pun setuju. Semoga rekan saya itu segera bergabung menjadi blogger. Yang penting hobinya menulis aja hiheihiehiee

      Delete
    2. asal jangan diajarin menjadi blogger koplak lo ya

      Delete
  2. jangan2 senyumnya itu senyum bingung mendengan penjelasan dari kang asep tuh.
    mau tanya lg masih malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal jangan senyum membawa luka aja mas :D

      Delete
  3. ayo dorong lg agar keinginan blio bertambah kuat dan akan bertambah 1 blogger lg kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dorongnya pelan-pelan aja yah takut tikusruk nanti ngagudubrak deh :D

      Delete
    2. sambil dinikmati gitu ya

      Delete
  4. kalau diajari kang asep kira2 minta bon nggak ya?

    ReplyDelete
  5. Saya setuju sama yang topi biru.. mas Krisyanto... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Krisyanto kan voklis Jamrud yah :D

      Delete
  6. Wah bisa tambah teman lagi
    Walau blog ku berisi hobi
    Semoga dia sudi
    Datang bersilahturahmi...

    ReplyDelete
  7. aku kalau BW malah fisitor anjlog hi hi memang aneh sih

    ReplyDelete
  8. Jawaban ketika seseorang memutuskan ingin menjadi blogger tentu sangat beragam yah kang, tergantung dari niat awal ngeblog itu sendiri... bisa hanya sekedar hobi atau bisa juga karena ingin mendapatkan penghasilan dari blog yang dikelolanya.

    ReplyDelete
  9. Berkat di blogger inilah saya tahu dunia informasi yang sebelumnya sama sekali tidak saya ketahui mas, :D itulah salah satu manfaat besarnya

    ReplyDelete
  10. enak banget kalo jadi blogger,selain bisa menimba uang juga bisa angkat pamor nama kita di google :D

    artis google gitu deh mas :D

    ReplyDelete
  11. Ane ngeblog cuma buat sharing awalnya, setelah kenal yg namanya bisnis online jadi makin bersemangat :D
    yah susah senengnya ada sih om. Tapi nggak masalah bukan jadi alasan buat stop ngeblog.. Hehehe

    ReplyDelete
  12. Blogwalking itu perlu, biar kita bersilaturahmi dengan pembaca blog atau blog lain yang belum kenalan. Senang lho banyak teman. Uniknya pertemanan blogger itu kalau ketemu meski pertama kali, enggak canggung.
    Saya juga pake hosting gratisan dari blogger, enak ga pernah down hehehe cuma beli domain aja yang perpanjangannya rumah per tahun.

    ReplyDelete
  13. 2 tahun sudah saya jadi blogger, mulai dari 0 hingga kini baru bisa merasakan manfaatnya kang hehe
    konsisten nulis seperti kang asep ini saya masih susah

    ReplyDelete
  14. wah menarik mas postingan yang ini... menginspirasi...

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog