Jual Milagros disini
Loading...

DAY 09 : Tradisi Buka Puasa Di Masjid At TAqwa Pundak IV Nanggulan

Catatan Asep Haryono

Salah satu kebahagiaan yang utama bagi kaum Muslimin dan Muslimah yang menjalankan ibadah Shaum di bulan suci Ramadhan adalah kenikmatan bersantap buka puasa baik yang dilakukan sendiri sendiri, bersama keluarga, atau pun tradisi buka puasa bersama yang kini sudah semakin sering kita dengar belakangan ini.   

Buka Puasa Bersama adala salah satu aktiftas di bulan suci Ramadhan yang sangat menyenangkan, Insya Allah berpahala dan mendapat ganjaran berlipat lagi dari Allah SWT.  Sedikit kita menengok dalil atau pun landasan orang berbuka puasa dan atau memberikan sajian Buka Puasa kepada muslimin dan muslimah adala anjuran Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam :

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

Barangsiapa memberikan hidangan berbuka puasa bagi yang berpuasa, maka baginya seperti pahala yang berpuasa tanpa mengurangi sedikitpun pahala yang berpuasa (”HR. At-Tirmidzi ).    


Nah barangkali berangkat dari sanalah, saya mengikuti Tradisi Buka Puasa di Masjid At Taqwa Desa Kembang Pundak IV Nanggulan Kulon Progo.  Desa inilah tempat base camp saya selama mudik lebaran sejak tanggal 22 Juni hingga tanggal 13 Juli yang akan datang Insya Allah. 

Anak Anak TPA
Jam masih menunjukkan pukul 16.00 WIB tanggal 28 Juni 2016 kemarin.  Waktu berbuka puasa untuk wilayah Nanggulan pada khsuusnya, dan Djogjakarta pada umumya adalah 17.32 WIB.   


Anak anak yang tergabung dalam kelompok Taman Pendidikan Al Quran (TPA)  di Masjid At Taqwa Desa Kembang Pundak IV Nanggulan yang dikelola oleh Pengurus Masjid dan Remaja Masjid Desa Kembang atau disingkat dengan IRMADeKA.

Sebelum dimulai pelaksanaan Buka Puasa Bersamanya, anak anak TPA ini mengaji Ayat ayat suci Al Quran terlebih dahulu . Mereka duduk dengan tertib dan rapih didamping oleh staf pengajar dari Pengurus Masjid dan Remaja Masjid Desa Kembang atau disingkat dengan IRMADeKA.   

Mereka duduk berhadapan, dan dari guru yang melatihnya dan sang siswa TPA berhadapan satu sama lainnya.  Sesekali para siswa itu ada yang degil dengan berlalri ke sana kemari, memainkan pintu dan membuat "onar".

Saya yang menyaksikan mereka tersenyum saja  Sesekali jika anak anak TPA itu sudah mengarah kepada permainan yang membahayakan barulah saya "turun tangan" dengan menegur atau mencegah mereka.   Tidak terasa waktu sudah hampir mendekati waktu Berbuka Puasa tiba, anak anak TPA pun diminta duduk dengan tenang sesuai dengan barisan tempat duduknya masing masing.

"Hayoo anak anak silahkan duduk dulu biarkan kakak kakak di sini yang membagikan (takjil) nya ya, yang tertib janan berebut semuanya mendapatkan satu satu " kata kak Sri (Bukan nama sebenarnya) salah satu dari pengurus   Remaja Masjid Desa Kembang (IRMADeKA.)   

Tidak berapa lama kemudian waktu berbuka puasa pun tiba ditandai dengan bunyi peluit panjang atau semacam suara SIRINE dari radio warga setempat.    Anak anak pun berdoa bersama.  Doa berbuka puasa.  Alhamdulillah nikmatnya.  Semoga amal ibadah kita semua diterima ALLAH SWT. Amin Ya Rabbal Alamin.  To be continued.  Bersambung.  (Asep Haryono)


MASJID AT TAQWA :  Di masjid inilah aktifitas anak anak TPA selama Ramadha diselenggarakan.  Buka Puasa bersama mereka sangat menyenangkan.  Foto Asep Haryono
MASJID AT TAQWA :  Di masjid inilah aktifitas anak anak TPA selama Ramadha diselenggarakan.  Buka Puasa bersama mereka sangat menyenangkan.  Foto Asep Haryono

MENGAJI  :  Anak anak TPA duduk dengan rapih menunggu giliran untuk mengaji dengan trainer dari Remaja Masjid setempat.   Foto Asep Haryono
MENGAJI  :  Anak anak TPA duduk dengan rapih menunggu giliran untuk mengaji dengan trainer dari Remaja Masjid setempat.   Foto Asep Haryono

GILIRAN  :  Anak anak saya ikutan mengaji bersama anak anak TPA. Selama mudik lebaran ini anak anak diberi kesempatan bergabung mengaji bersama anak anak TPA di Masjid At TAqwa.   Foto Asep Haryono
GILIRAN  :  Anak anak saya ikutan mengaji bersama anak anak TPA. Selama mudik lebaran ini anak anak diberi kesempatan bergabung mengaji bersama anak anak TPA di Masjid At TAqwa.   Foto Asep Haryono

MINUMAN :   Setelah masuk waktu berbuka puasa, anak anak TPA Masjid At Taqwa dengan tertib mengambil minumannya masing masing.  Dengan pengawasan dari Remaja Masjid setempat. Satu ya ambilnya   Foto Asep Haryono
MINUMAN :   Setelah masuk waktu berbuka puasa, anak anak TPA Masjid At Taqwa dengan tertib mengambil minumannya masing masing.  Dengan pengawasan dari Remaja Masjid setempat. Satu ya ambilnya   Foto Asep Haryono

NASBUNG  :  Anak anak TPA mendapat "jatah" 1 Nasbung (Nasi Bungkus) dengan menu yang berbeda setiap harinya.  Yang membagi adalah dari pengurus atau remaja masjid setempat.  Masya Allah Kerenn. Foto Asep Haryono
NASBUNG  :  Anak anak TPA mendapat "jatah" 1 Nasbung (Nasi Bungkus) dengan menu yang berbeda setiap harinya.  Yang membagi adalah dari pengurus atau remaja masjid setempat.  Masya Allah Kerenn. Foto Asep Haryono

TERTIB :  Anak anak TPA dengan tenang menyantap hidanan berbuka puasanya.  Ada yang habis di TKP dan ada yang dibawa pulang untuk disantap di rumah  Ada "anak" yang dapat 2 bungkus. Satu dimakan di TKP dan satu lagi buat "oleh oleh".  Ya itu saya. Hehehe  Foto Asep Haryono
TERTIB :  Anak anak TPA dengan tenang menyantap hidanan berbuka puasanya.  Ada yang habis di TKP dan ada yang dibawa pulang untuk disantap di rumah  Ada "anak" yang dapat 2 bungkus. Satu dimakan di TKP dan satu lagi buat "oleh oleh".  Ya itu saya. Hehehe  Foto Asep Haryono

MELATIH   :  Anak anakTPA satu persatu dibimbng oleh Remaja Masjid setempat .  Yang lainnya menunggu giliran masing masing.   Foto Asep Haryono

10 comments:

  1. di Nanggulan ternyata pak Asep
    selamat berlibur di Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, tinggal diatur bukbernya
      jangan lupa kalo udah beduk ya makannya

      Delete
    2. @Dedaunan Hijau : Iya nih mba Husna Kebetulan aja nih di rumah mertua hiehihie Insya Allah sampai Lebaran nanti. Makasih sudah mampir ya mba

      @Zachflazz : Hehhehee. Ini nih belum ketemu KLEPON juga dari awal puasa hiheiee Kira kira siapa yan sponsor ya

      Delete
  2. Buka puasa bersama seperti ini rasanya menyenangkan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mugniar : Iya rame banged ehiheihieh Bocah boca pada buka puasa, dan orang tuanya juga ikutan ngaji eh salah buka puasa juga. Jadi siapa ini yang niatnya cuma berburu Bukaan puasa gratis Pasti saya yah hiheiheiheihiehee

      Delete
  3. Mirip sewatu aku kecil dulu. Ya seperti itu. Mengaji dulu giliran waktu berbuka, dapat makan gratis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Djangkaru Bumi : Heiheihie iya kah? Sekarang sudah besar ya bisa juga kok ikutan "ngaji" sama anak anak TPA. cuma saja "niat" nya itu yang nda lurus kalai saya mah. Mau ngincer buka puasa gratisnya hiheiheiheiheiee

      Delete
  4. Selain tulisan, pulang liburan oleh2nye jangan lupa kang... hahaha... sile kunjungi blog saya juga kang, adongbrekele.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Adong Brekele : Wahahahah iya ya. Waah mantap nih bang Adong Yoii Insya Allah saya akan segera kunjungan balik. Tetap Blogging yeahhh hihihihi. Met mudik ya bang Adong
      Ahayyyyyyyyyyyy

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog