Jual Milagros disini
Loading...

Bahasa Inggris

Catatan Asep Haryono

Sebagian besar masyarakat pada umumnya mengetahui Bahasa Inggris sebagai salah satu bahasa Internasional yang paling banyak peminatnya di seluruh dunia.  Jangankan di Indonesia yang juga ngetop Bahasa Inggris, bahkan di negara negara asalnya yang berbahasa Inggris (english speaking countries) pun ada pelajaran Bahasa Inggris.  Aneh? Tentu saja tidak.   Bahkan di Indonesia pun yang semuanya sudah mahir berbahasa Indonesia tetap juga masih ada pelajaran Bahasa Indonesia bukan?

Saya tidak sedang membahas teknik atau cara mempelajari Bahasa Inggris, namun yang saya coba sampaikan di sini adalah "jeroan" atau sisi lain dari Bahasa Inggris yang sedang gandrungnya menjadi salah satu pelajaran yang sangat diminati dan juga ditakuti oleh pelajar sekolah kita. 

Bahasa menunjukkan bangsa. Bangsa Indonesia yang mempunyai satu bahasa persatuan, Bahasa Indonesia, juga sangat menghormati dan menerima kehadiran bahasa bahasa Internasional lainnya untuk memperkaya khasanah perbendaharaan Bahasa di Indonesia.  


Siapa pun dia boleh dan sah sah saja mempelajari bahasa asing apa pun termasuk mempelajari Bahasa Inggris.  Saya sendiri kenal pelajaran Bahasa Inggris sejak duduk di bangku SMP, walaupun sejak SD sudah coba coba ikutin namun selalu ditertawakan oleh kakak kakak saya.  Lucu kata mereka.

Cuma kalau kita telaah lebih jauh kegemaran dan kegandrungan memakai bahasa yang "berbau" Bahasa Inggris dalam setiap percakapan sehari hari tidak serta merta menunjukkan rasa intelek kita.  Berbicara kepada orang lain dengan menyelipkan kosa kata atau padanan Bahasa Inggris tidak secara otomatis menunjukkan bahwa anda adalah "pintar".  Belum tentu saya katakan  Justru dengan berbahasa Indonesia yang baik dan benar jelas akan menunjukkan kecerdasan dan intelektual diri anda sendiri.

"Saya akan coba marketing yang baru karena lebih murah dan of course biaya yang dikeluarkan lebih bisa ditekan lagi.  Kalau bisa lebih murah why not?"   Kata seorang karyawan kepada sesama rekannya di sebuah kantor.   Dengan menyelipkan kosa kata Bahasa Inggris mungkin pemuda ini berharap pujian dari lawan bicaranya betapa dia "gaul" dengan Bahasa Inggris.   Seperti yang saya sebut di atas, menyelipkan kata kata bahasa Asing dalam percakapan sehari hari tidak otomatis menunjukkan kalau anda memang pintar.   Ada banyak paramater nya yang harus didiskusikan kembali.


Namun dari sisi publisitas, penggunaan kutipan dari bahasa asing apa pun menunjukka "kelas" nya sendiri karena untuk bisa menggunakan kata kata atau kosa kata Bahasa Asing seseorang harus sedikitnya memahami dasar dasar bahasa Asing tersebut, dan tidak adal ikut ikutan atau trend seperti  yang dituduhkan banyak orang sekarang ini.  

Jika tidak teliti, hal yang sederhana sekalipun misalnya, bisa membuat malu diri kita sendiri.  Penggunaan kata "tipe" dengan "type" adalah dua kata yang nyaris mirip bunyinya namun mempunyai makna yang sama.  

Orang sudah paham yang dimaksud , namun penulisan yang kurang tepat sesuai dengan kaidah dasar bahasa Asing tersebut bisa menjadi bumerang yang bisa mempermalukan diri anda sendiri.  Mau gaya berbahasa asing tetapi kurang tepat dalam penerapannya.  Jangan sampai hal yang terkesan remeh ini bisa membuat anda jatuh.  Selalu check and recheck (periksa dan periksa kembali) sebelum di "lempar" kepada masyarakat. (Asep Haryono)



MINOR MISTAKE :  Yang dmaksud tentunya "public hearing".  Foto Asep Haryono
MINOR MISTAKE :  Yang dmaksud tentunya "public hearing".  Foto Asep Haryono



18 comments:

  1. Sip kang asep, untung saya nggak pinter bahasa inggris jadi menyelipkan dalam tulisan ataupun dengan percakapan rasanya nggak pas. Dari pada bikin malu mending bahasa biasa aja ya kang.

    Selamat berpuasa kang asep

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Daniel Nagata : Heyaaa thank you bang Daniel. Terima kasih atas kunjungan dan ucapan Puasa nya. Iya bener tuh. Kadang kegandrungan suatu bahasa Asing sebenrnya bagus karena semangat belajar bahasa Asing, namun harus cermat dan teliti

      Delete
    2. kalau saya sih taunya no what what :D

      Delete
  2. Penulisan yang baik dan benar itu memang penting.
    namun kalo saya banyak salah ketik. mohon di maafkan ya kang asep.

    selamat menjalankan ibadah puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mang Aduls : Iya donk. Saya aja masih belajar padaha kuliah saya dulu di Bahasa Inggris. Belajar tidak akan pernah berhenti dan telur belajar Iya sama sama Met ibadah puasa juga mang Aduls. Hiheiheihiehiee

      Delete
  3. Bahasa inggris cuma bisa ujung-ujungnya aja gakpapa ya Kang...
    Yang penting asal jangan terlalu di ekspos... hehe
    Soalnya orang jaman sekarang atau anak jaman sudah mulai kritis dan suka mengkritik...
    Salam,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dedy Akas : Iya tidak apa Kan itu juga bukan bahasa kita. Bahasa utama tetap bahasa Indonesia. Mari kita saling mengingatkan dan teta waspada Huaaa apa hubuangannnya dengan waspada hiheihiehiheiee

      Delete
  4. kalau saya sih memang cuman pasif berbahasa inggris kang,jadi kalau ada yg nyelipin kata yg keinggris inggrisan saya bisanya cuman melongo

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yanto Cungkup : Wah kalau melongony terlalu mangap. awas loh nanti ada lalat yang masuk. Hap.

      Delete
  5. yg saya heranin anak kecil di inggris sana koq sudah pandai berbahasa inggris ya kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yanto Cungkup : Iya ya , Bener juga. Kok saya nda kepikiran gitu ya, Was Mas Yan memang canggih dan visioner

      Delete
  6. lalu saya mesti belajar bahasa inggris ke sapa coba?

    kalau belajar cara plorotin clana sih sudah tau belajar ke sapa

    ke sapa coba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Yanto Cungkup : urusan ploroting celana musti belajar ke sayah. Pakarnya plorotin celana.

      Delete
  7. lama nggak main dimari nih jadi kangen admin yg imut ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih tetep murah senyum kan?

      Delete
    2. @Yanto Cungkup : ALhamdlillah masihhh

      Delete
    3. SAYA JUGA LAMA NGGAK AIN KESINI KANG YANTO!

      Delete
  8. WKT mtS BPELAJARAN YG SAYA SENAGI ADALAH BAHSA INGGRIS

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog