Jual Milagros disini
Loading...

Android Sebagai Modem Internet

Catatan Mudik Asep Haryono
Di Desa Kembang Pundak IV Nanggulan Kulon Progo
Djogjakarta - DAY 06



Salah satu kelengkapan saya  jika melakukan traveling atau trip ke luar kota adalah membawa kelengkapan "tempur" ngeblog berupa seperangkat alat telekomunikasi berbasis internet seperti android, laptop, charger, 2 buah modem cadangan, mouse , kartu TRI dan alat alat tulis.   

Sebagai seorang Travel Blogger yang masih belia atau pemula, kelengkapan komunikasi ini sangat penting bagi karena dengan perangkat inilah saya bisa connected dengan dunia dimana dan kapan pun diperlukan.  

Sebagai perwujudkan seorang Citizen Journalist atau jurnalis warga adalah kesenangan bagi saya berbagi informasi kepada para masyarakat untuk perubahan yang lebih baik.  Bahkan saat Mudik Lebaran di sebuah desa di Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo, Djogjakarta selalu saya bawa perlengkapan komunikasi canggih ini.

Jaringan Tidak Stabil
Desa Kembang Pundak IV Kecamatan Nanggulan, Kulon Progo, Djogjakarta tempat base camp saya sekeluarga selama mudik lebaran ini adalah wilayah yang sebenarnya (dalam pengamatan sekilas) bukan "ndeso" amat  Berbagai fasilitas perkotaan standar sudah dimiliki di desa yang berpenduduk cukup padat ini.  Jembatan Irung Petruk yang dahulu "berkelok kelok" kini sudah semakin bagus dengan dibangunnya jembatan "summarecon" di atasnya.  


Berbagai ATM ada di perbatasan atau Simpang kecamatan,  retailer terkena seperti Indomaret , Alfamart, dan pasar tradisional Dekso dan Wates juga tersedia   Mungkin sarana entertainment (hiburan) saja yang yang nyaris minimalis kalau tidak mau dikatakan tidak ada sama sekali.  

Memang untuk akses informasi melalui media pandang dengar seperti Televisi memang ada. Satelit TV atau kabel TV banyak yang sudah memilikinya.   Untuk sekedar ngenet memang sudah cukup pake HP atau android.  Informasi dan hiburan sudah bisa mandiri  

Walaupun demikian, sarana hiburan rakyat seperti Gedung Bioskop tetap diperlukan banyak orang sebagai salah satu sarana hiburan yang merakyat dan murah meriah.  Sayang sekali Gedung Bioskop tidak ada di desa Kembang Pundak IV Nanggulan, Kulon Progo ini.  


Untuk mengakses internet melalui perangkat Android banyak kendala yang saya alami.  Akses kartu TRI yang tidak stabil nyambung putus selalu terjadi setiap menit atau setiap saat.  Perlu waktu untuk merubah status no internet service, lalu connecting, kemudian connected dan akhirnya disconnect lagi karena no coverage area.   Cape deh.

Begitu pula dengan laptop yang biasa saya bawa kemana mana untuk terhubung dengan jaringan internet juga mengalami banyak kendala jaringan selama menjejakkan kaki di Jewel of Java Kulon Progo ini.  Mulai dari kartu AS, Kartu TRI dan Kartu Simpati tidak bekerja dengan baik di modem yang saya pakai untuk akses internet di laptop.    Untuk kartu SIMPATI memang sudah terlihat status CDMA-Telkomsel namun saat di connect tidak berjalan.  Yang tragis justru kartu TRI yang tidak connect sama sekali.   Kalau di Android Samsung Galaxy Grand Prime saya normal, tapi mengapa tidak connect saat menggunakan modem dengan kartu yang sama?

Android Sebagai Modem
Akhirnya saya coba tanyakan kepada group Angkring, salah satu group dimana saya termasuk salah satu anggotanya.  Walaupun group ini mayoritas menggunakan Bahasa Jawa, saya kurang paham bahasa itu, tetap bersemangat dan diterima dengan baik.   
Dari kawan kawan group itulah saya mendapatkan penjelasan singkat bahwa perangkat android yang saya gunakan itu bisa difungsikan sebagai "modem" untuk koneksi internet atau memancarkan sinyal Hotspot atau WIFI.   Waa kok saya tidak berpikir sejauh itu ya

Untuk settingannya mudah sekali.  Untuk model Android yang saya pakai sekarang ini ,
Samsung Galaxy Grand Prime , cukup ke setting, kemudian pilih Tethering and Mobile Hotspot kemudian pilih lagi Mobile Hotspot.  Nah sahabat juga bisa mengatur sendiri password atau security keynya dengan memilih menu  Configure Mobile Hotspot.

Kebetulan Android yang saya pakai adalah Samsung Galaxy Grand Prime (yang bulan Juni 2016) pas 12 bulan cicilannya. Hehhee. Ketauan kredit.  Nah cara menjadikan Android ini menjadi modem untuk dipakai sendiri atau juga sekaligus digunakan untuk memancarkan WIFI atau Hotspot untuk bersama sama.  Sodaqah juga kan.  Pahala loh apalagi di bulan suci Ramadhan.



  1. Pilih Settings, atau bagi yang menggunakan Bahasa Indonesia pilih "Pengaturan".
  2. Pilih "Tethering And Mobie Hotspot"
  3. Pilih "Mobile Hotspot" centrang di sana
  4. Selesai

Pilih Setting
Pilih "Tethering And Mobie Hotspot"
Pilih "Mobile Hotspot"


Nah tinggal isi sendiri Network SSD nya mau diisi nama apa terserah.  Misalnya "Pundak-IV" , kemudian security default nya WPA2PSK biarkan saja, nah pada bagian Password barulah diisi dengan password sahabat sendiri,  Bebas saja yang jelas minmal harus sekurang kurangnya ada 8 (delapan) karakter, lalu tinggal save atau simpan.   

Anda juga bisa set OPEN agar akses WIFI nya bisa diakses oleh setiap orang namun untuk yang ini tidak direkomendasikan.  Kini dengan menjadikan Android Sebagai Modem Internet, semoga saya tidak mengalami kendala ngeblog lagi dimanapun di Indonesia. (Asep Haryono)


MODEM : Dengan membuat modem sederhana dengan memfungsikan Android sebagai modem kendala ngenet bisa diatasi dengan baik.  Foto Asep Haryono
MODEM : Dengan membuat modem sederhana dengan memfungsikan Android sebagai modem kendala ngenet bisa diatasi dengan baik.  Foto Asep Haryono



1 comment:

  1. Benar juga tuh mas handphone saya juga bisa Hotspot tapi belum pernah Hotspot buat laptop. paling buat handphone temen yang kehabisan paket, hhee

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog