Jual Milagros disini
Loading...

Tips Aman Bertransaksi Perbankan

 Catatan Asep Haryono

Dunia perbankan nyaris tidak pernah lepas dari kehidupan sehari hari kita.  Saya sendiri baru berkenalan dengan produk Perbankan juga tidak terlalu lama.  Bahkan sejak saya duduk di semester awal jaman Kuliah dahulu masih menggunakan Wesel Pos.  Namun seiring dengan perkembangan teknologi dan zaman, penggunaan Wesel Pos yang merupakan produk PT POS dan GIRO sudah lama saya tinggalkan.

Begitu dimanjakannya sekarang ini dengan hadirnya beberap fitur perbankan modern di era Digital semakin menjadikan transaksi perbankan dalam hal pengiriman uang misalnya sudah tidak perlu lagi bersusah payah datang ke kantor Bank namun cukup duduk dengan manis sembari santai, proses money transfer (transfer uang) bisa menggunakan telepon genggam berbasis Android. 

Nyaris semua bank bank baik milik pemerintah, maupun swasta melengkapi produknya dengan Aplikasi perbankan.



Saya sedang pegang duit orang. Hehhe.  Foto Kessusanto Liusvia
Saya sedang pegang duit orang. Hehhe.  Foto Kessusanto Liusvia

Namun demikian kejahatan dunia perbankan seakan tidak akan pernah berhenti untuk menebarkan jaring tipu daya dengan berbagai cara.   Masyarakat diminta selalu waspada dan hati hati dalam melakukan  transaksi perbankan di mana dan kapan pun. 

Sudah banyak korban yang jatuh karena kejahatan "mama minta Pulsa", alasan kecelakaan hingga urusan lain semuanya mulai gencar memperdaya masyarakat yang kurang waspada.  Berikut ini adalah tips tips aman bertransaksi yang seharusnya menjadi perhatian kita bersama.

  1. Waspadalah terhadap berbagai penawaran berkedok program hadiah, penjualan mobil atau kendaraan bermotor di Toko Online, program santunan sosial dan berbagai bentuk program palsu lainnya yang mengatasnamakan Bank yang berujung akan permintaan keterangan /data pribadi, finansial serta akses layanan perbankan Anda.
  2. Hindari akses Internet melalui Tautan atau Link dari  surat elektronik (surel) atau email yang tidak ada kenal sama sekali.  Usahakan selalu waspada saat bertransaksi online pada website yang dibuat mirip, mengaku bekerja sama dan bahkan mengatas namakan sebuah bank.   Cek dan cek terlebih dahulu ada kuncinya.
  3. Jaga kerahasiaan user ID, Password,  Personal Identification Number (PIN) atau TIN, alamat email dan Kode Token anda.  Jangan beritahukan kepada pihak manapun apalagi kepada Petugas Bank.  Jika ada hal yang tidak lazim, tidak biasa, tidak wajar, segera hentikan transaksi tersebut dan konfirmasi kepada Bank anda.
  4. Apabila Anda merasa pernah mengisi Login ID/Password/PIN/TIN pada suatu website palsu atau mencurigakan, segera lakukan perubahan Password atau hubungi Bank kesayangan anda serta lakukan perubahan PIN/TIN di ATM terdekat. (Diambil dari berbagai sumber)

2 comments:

  1. Wah kejahatan di dunia perbankan ataupun secara online makin marak kang, belum lagi banyak pihak yang mudah terkecoh dan kecolongan....makin menjamur tu kejahatan...sayangnya ini sulit untuk dituntaskan....

    mesti waspada

    ReplyDelete
  2. Terima kasih kang tips-tipsnya bermanfaat sekali buat saya :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog