Jual Milagros disini
Loading...

Penampian : Bukan Yang Utama Tapi Perlu

Jangan liat penampilannya dong, yang penting kan dalemannya”.  Begitu kira kira kalimat yang sering kita dengar dalam pergaulan sehari hari kaum ABG (Anak Baru Gede-red).  Benarkah hanya untuk anak seusia itu?   Anda tentu pernah mendengar ucapan semacam ini.  Memang sebagian orang menganggap bahwa penampilan luar atau fisik tidaklah penting.  Mereka mengamggap kecantikan batin dan kecerdasan otak jauh lebih penting.

Hal tersebut memang benar, tapi penmpilan fisik juga hal yang tidak kalah penting.  Karena penampilan berhubungan dengan banyak sisi kehidupan manusia.  Bahkan dalam dunia kerja penampilan menjadi hal yang sangat penting.  Kalau otak anda oke, hasil kerja bagus, tapi penampilan acak acakan, bau badan yang kurang sedapm apalagi kalau anda jarang menggosok gigi tentu orang lain agak malas mendekati anda.  Jangankan mendekat, melihat saja rasanya pegal.

Belum lagi mereka yang kena "korban mode".  Apa maksudnya itu.  Misalnya berangkat kerja ke kantor dengan menggunakan jas yang bagus dan mungkin berharga tidak murah, namun paduan bagian bawahnya tidak pas atau tidak ada kesesuaian. 

Walaupun bahan bagus dan berharga mahal apalagi ditunjang dengan asesoris yang berlebihan melekat di tangan disertai dengan gadget dan alat komunikasi lainnya jadilah seperti "ondel ondel".   Bahkan sudah mirip "harajuku" ala remaja gaul Jepang.   Kasihan juga melihatnya kalau sudah begini

BATIK : Busana yang cocok untuk segala aktifitas baik yang resmi maupun bersantai.  Namun anda tidak disarankan untuk berbatik setiap hari.  Foto Asep Haryono
BATIK : Busana yang cocok untuk segala aktifitas baik yang resmi maupun bersantai.  Namun anda tidak disarankan untuk berbatik setiap hari.  Foto Asep Haryono

So, eh jadi dalam hal ini jauh lebih penting jika anda menerapkan keseimbangan. Artinya penampilan lahir (fisik) yang oke harus diimbangi dengan kecerdasan cara berpikir anda, bertutur kata serta bertingkah laku.  Nah menyadari pentingnya arti penampilan sangat dianjurkan anda mengetahui cara berpenampilan yang baik di bawah ini :

    Berpakaian Yang Pantas
Cara berbusana yang baik menempati urutan pertama dalam soal penampilan di dunia kerja.  Maka berpakaianlah yang pantas, walau tidak harus yang berharga mahal.  Pantas di sini bisa berarti tidak melanggar batas kesopanan, sesuai dengan kepribadian anda, dan yang penting gunakan pakaian yang bersih dan rapih.  Jangan gunakan pakaian yang sama lebih dari sehari.  Dan jangan samakan pakaian untuk ke pesta dengan ke kantor apalagi dengan pakaian rumah.

•    Perhatikan Tatanan Rambut
Pakaian keren tapi rambut berantakan, tidak disisir dan bau wah sama saja bu ung donk.  Makanya sisirlah rambut anda dengan baik.  Bagi yang cowok ada baiknya merapikan rambutnya minimal sebulan sekali. 

Bagi cewek cowok, menuci rambut dengan Shampo wajib hukumnya biar rambut anda bersih dan senantiasa wangi. Jangan lupa menata dan menyisirnya dengan baik saat akan berangkat kerja.  Tapi untuk menjamin kerapihan rambut anda, bawalah “bekal” sisir dalam tas atau saku kantong belakang anda.  Sehingga anda bisa menyisir setiap kali rambut anda tampak berantakan.

•    Kebersihan Tubuh
Menjaga kebersihan tubuh itu wajib hukumnya.  Jangan pernah mengabaikan masalah ini.  Mandi dan bersihkan tubuh anda paling tidak sehari dua kali.  Jangan sampai rekan rekan dan bos Anda menjauh hanya karena bau tubuh anda yang menganggu. Lagipula  menjaga kebersihan tubuh berarti juga menjaga kesehatan kan?

•    Kebersihan Mulut
 Perhatikan dengn cermat bau nafas anda.  Karena sangat memalukan jika anda berbincang bincang dengan klien anda misalnya tapi terganggu oleh bau nafas anda yang tak sedap. Bisa bisa kerja sama proyek dan transaksi saat itu gatot (gagal total) gara gara bau nafas atau mulut anda.

Jadi sering seringlah mengosok gigi and minimal dua kali sehari (terutama sebelum menjelang tidur-red).  Perhatikan kebersihan gigi anda setiap kali selesai makan.  Jangan sampai masih tersisa cabai merah menyelip di salah satu gigi anda dan terlihat orang lain.  Anda mungkin tidak menyadari itu, namun citra anda bisa “jatuh” karenanya

•    Rias Wajah
Bagi wanita khusus nya riasan wajah cukup ampuh dalam menunjang penampilan anda.  Paling tidak, anda bisa merias wajah anda sepantasnya. Jangan terlalu menor atau medok. Yang penting wajah anda bersih dan enak dipandang dengan dibubuhi bedak dan lipstick secukupnya.  Bagi pria mungkin hanya perlu memperhatikan kebersihannya agar tidak terlihat kusam dan berdebu.

Nah petunjuk standar tentang penampilan di atas bisa menjadi acuan bagi anda dalam berpenampilan.  Tentu saja anda harus melengkapinya dengan ketrampilan dan kemampuan kerja, cara bergaul, berkomunikasi yang oke dan kemampuan menjaga hubungan baik dengan rekan rekan dan lingkungan.  Percaya deh, kalau anda menerapkan anda akan jauh lebih good lookimg.  Dan yang jelas, semua ini sangat menunjang lajunya karir anda. (Diambil dari berbagai sumber)

1 comment:

  1. penampilan sangat mempengaruhi penilaian orang lain terhadap diri kita, jadi jangan pernah anggap remeh terhadap penampilan, orang akan segera menjauh dari kita bila penampilan kita tampak kumuh dan kurang perawatan.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog