Jual Milagros disini
Loading...

Pempek Atau Siomay

Catatan Asep Haryono

Saya punya sahabat yang kini menetap di Hamilton, New Zealand.  Namanya mba Rini Mayasari. Beliau yang memang aseli berdarah Wong Kito Galo, Palembang , pernah menuliskan sebuah Resep membuat Pempek Palembang yang praktis tidak pakai ribet di halaman Blog Pribadinya.

Resepnya sendiri ditulis oleh mba Rini Mayasari dan dipublish pada blog pribadinya pada tanggal 7 April 2015.   Dan 1 tahun kemudian kira kira tanggal 17 April 2016 saya sekeluarga baru bisa berkesemptan praktek resep membuat pempek Palembang tersebut.  Lama juga baru 1 tahun kemudian diuji coba resepnya. 
|Salah satu kendala utama dalam uji coba resep membuat Pempek Palembang yang kami hadapi adalah penggunaan bahan dasar Ikan.  Bukan Ikan Belida yang konon premium alias mahal harga per kilo nya yang bisa mencapai 150 ribu rupiah, juga bukan dari bahan dasar Ikan Gabus. 
Bahan dasar Ikan yang kami pakai adalah Ikan Tongkol.   Belum pernah dengar ya Pempek Palembang berbahan dasar Ikan Tongkol?  "Kalau ikannya tidak banyak tulangnya seharusnya bisa mas Asep" kata mba Rini Mayasari dalam pesan BBM yang diikrim langsung dari Hamilton, New Zealand. 

Dengan dibantu tetangga,  kami sekeluuarga bahu membahu mempraktekkan resep pempek Palembang tersebut.   Proses "pembagian tugas" pun sudah diarahkan agar bisa berperan masing masing.  Saya kebagian menghaluskan bumbu Pempek Palembang nya dan mengiris mentimun dan menghaluskan Ebi sebagai pelengkap sajian Pempek Palembangnya nanti.  




TETANGGA :  Dengan dibantu tetangga turut bergabung membuat Pempek.  Beliau membawa blender untuk menghaluskan daging Ikan Tongkol   Blender kami rusak.  Foto Asep Haryono
TETANGGA :  Dengan dibantu tetangga turut bergabung membuat Pempek.  Beliau membawa blender untuk menghaluskan daging Ikan Tongkol   Blender kami rusak.  Foto Asep Haryono

LENJER :  Untuk tahap uji coba nya kami buat bentuk lonjong saja atau Lenjer.  Masih coba coba sih.  Foto Asep Haryono
LENJER :  Untuk tahap uji coba nya kami buat bentuk lonjong saja atau Lenjer.  Masih coba coba sih.  Foto Asep Haryono

LENJER :  Untuk tahap uji coba nya kami buat bentuk lonjong saja atau Lenjer.  Masih coba coba sih.  Foto Asep Haryono
LENJER :  Untuk tahap uji coba nya kami buat bentuk lonjong saja atau Lenjer.  Masih coba coba sih.  Foto Asep Haryono

SIOMAY :  Mungkin keki juga bikin resep namun tidak sesuai denhan rancangan di awalnhya tadi.  Pempek Plembang pun sama sekali tidak mirip. Ya sudah dibuat Siomauy aja. Hahahahaa. .  Foto Asep Haryono
SIOMAY :  Mungkin keki juga bikin resep namun tidak sesuai denhan rancangan di awalnhya tadi.  Pempek Plembang pun sama sekali tidak mirip. Ya sudah dibuat Siomauy aja. Hahahahaa. .  Foto Asep Haryono

Muluskah proses pembuarannya?   Ternyata kami tidak memakai Gula Aren untuk cuka nya.  Gula Merah yang kami pakai karena pada hari itu kami ada keseulitan mencari Gula Aren   Dari sinilah sebenarnya sudah t erbaca akan galau nya hasil akhir pempek Palembang yang kami buat.  

Bebrapa arahan bahan dasar dari resep aselinya yang ditulis di blognya Mba Rini banyak yang kami "khianati".  Hehehhe,  Terlalu banyak excuse yang kami buat.  Terlalu compromise terhadap bahan bahan yang seharusnya "wajib" ada untuk membuat Pempek Palembang sesuai harapan penulis resepnya.   Singkat kata Pempek Palembang pun tidak terlalu mirip baik bentuk, aroma dan cita rasanya.  Sudah mirip Siomay kalau boleh saya bilang.

Bentuk teksturnya pun tidak lembuat, kurang cita rasanya (agak hambar), dan dengan Cuka yang tidak sesuai rasanya.  Harusnya pakai Gula Aren, namun yang kami pakai adalah Gula Merah.   Hasilnya?    Ini Pempek Palembang atau SIomay?  (Asep Haryono)




2 comments:

  1. Siomay aja mas, soalnya di Sukabumi aja pempek yang dijual dengan kios malah sepi. Ya karena peminatnya sedikit kali ya, kalau siomay mah masih banyak peminatnya jadi ya siomay aja.

    ReplyDelete
  2. Susah aku suruh milih nya karna suka ke 2 nya tapi kalod i paksa yaa milih somay aja dech

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog