Jual Milagros disini
Loading...

Menyelesaikan Pekerjaan Kantor Di Rumah

Saat saya masih menyandang sebagai pegawai di Harian Pontianak Post, nyaris hampir beberapa kali dalam seminggu saya harus membawa “oleh oleh” dari kantor di rumah. Jangan bergembira dahulu karena saya memakai tanda kutip.  Oleh oleh yang saya maksudkan di sini adalah tugas atau pekerjaan kantor yang tidak dapat diselesaikan di kantor untuk diselesaikan atau dilanjutkan di rumah. 
Kalau dalam bahasanya anak anak sekolah boleh dibilang “PR” atau “pekerjaan rumah” begitu kira pemahamannya. Perbedaannya hanya sedikit.  Kalau anak sekolah diberikan PR oleh guru atau wali kelasnya, maka dia harus menyelesaikannya di rumah dan begitu masuk ke dalam kelas pada keesokan harinya maka Guru atau Wali Kelas yang akan memeriksa PR anak itu. 
Nah pada umumnya dalam dunia kerja, pekerjaan kantor atau tugas yang menjadi beban kerjanya harus diselesaikan di rumah. Dan pada keesokan harinya diri sendirilah yang bertindak sebagai “guru” nya. Menjadi guru bagi dirinya sendiri. 

STRESS : Menumpuknya pekerjaan di kantor sering membuat anda stress.  Lanjutkan di rumah jika perlu.  Foto Asep Haryono
STRESS : Menumpuknya pekerjaan di kantor sering membuat anda stress.  Lanjutkan di rumah jika perlu.  Foto Asep Haryono

Bos tidak mau tau bagaimana anda menyelesaikan pekerjaan itu. Yang penting bebas tugas yang menjadi kewajibannya dapat selesai tepat waktu.  Hal ini yang kadang memaksa seseorang (karyawan) harus bekerja melebihi jam kerja nya (lembur).

Ada beberapa tips yang dapat anda lakukan jika (terpaksa) menyelesaikan pekerjaan atau tugas kantor di rumah
1.    Ruang Kerja Yang Nyaman
Yang saya maksudkan dengan ruang kerja di sini adalah sebuah konsep ruangan atau apa saja  yang bisa anda gunakan sebagai “ruang kerja” anda di rumah.  Jika anda memiliki kelebihan dana atau ada anggaran memadai bisa saja membeli meja kerja lengkap kursi kerjanya. 

Ditambah dengan lampu meja, dan laptop kerja   Memang sekilas ini terlalu “ideal” seperti “memindahkan” isi kantor ke rumah anda.  Tidak harus ideal seperti itu.   Untuk meja kerja anda bisa menggunakan meja ruang makan, atau ruang makan disulap sejenak menjadi meja kerja. 

2.    Sediakan Camilan
Boleh boleh saja anda menyediakan makanan ringan (snack) yang ringan namun nyaman bagi anda dan tidak harus menyenangkan seperti sepiring nasi lengkap dengan lauk pauknya. 

Jika perlu sediakan toples atau wadah untuk menyimpan camilan ringan anda d atas meja kerja anda.  Jika dikehendaki, anda bisa sambil mendengarkan siaran radio untuk mendengarkan lagu fave anda.  Bisa dengan menggunakan headset atau dengan suara yang kecil.  Jadi sambil anda bekerja anda bisa rileks ngemil dan mendengarkan musik kesukaan anda

3.    Busana yang santai dan ringan
Jika di kantor anda mengenakan busana kejrja atau seragam kantor, maka menyeesaikan pekerjaan di rumah anda dapat menyenakan baju atau kemeja yang nyaman,  Boleh saja dengan hanya mengenakan pakaian atau Kaos saja juga sudah lebih dari cukup.  Bolehkah hanya mengenakan T-shirt dan celana jeans? Ya tentu saja boleh namanya juga di rumah sendiri khan?. 
4.    Tidak Bisa diGanggu
Nah yang satu ini bisa jadi juga sangat penting.  Anda tidak ingin dan atau tidak bisa diganggu gugat dan tidak bisa mengadakan surat menyurat.  Maksudnya sekali anda punya ketetapan hati untuk menyelesaikan pekerjaan kantor untuk dikerjakan di rumah anda harus pastikan pada saat anda akan mengerjakannya tidak ada orang manapun yang bisa mengganggu konsentrasi anda   


Taruhlah dokumen atau bahan bahan yang akan anda kerjakan di rumah anda, dan beri tanda bahwa dokumen ini sedang dikerjakan sehingga tidak ada orang lain yang mengusiknya

Anda boleh saja membersihkan diri terlebih dahulu misalnya dengan mandi agar badan anda terasa bugar bahkan kalau perlu sudah makan.  Namun untuk yang terakhir ini tidak disarankan karena waktu makan yang ideal bagi kita adalah waktu makan pagi atau makan siang.  Makan malam bagi yang masih ingin mengisi nya.  Namun banyak orang yang juga menghindari makan malam agar tidak ada penumpukkan lemak.  Selamat mencoba ya

5 comments:

  1. Saya yang sekarang masih karyawan sih jarang bawa kerjaan di rumah apalagi setelah saya menikah. Saya bertekad untuk tidak membawa kerjaan dirumah, karena dirumah waktunya bersama keluarga.

    Dulu waktu belum nikah sih emang doyan kayk gini kang...

    Kang Asep sih udah bebas Lembur ya...

    ReplyDelete
  2. Kayaknya sama saja Pak, saya juga pernah. Malah sering, soalnya di sekolah gak pernah bisa selesai. Bingung antara ngajar sama membuat laporan BOS. Biasanya di rumah sedia camilan biar gak bosen ngelihat tumpukan kertas.

    ReplyDelete
  3. aku jarang mengerjakan pekerjaan kantor di rumah, soalnya kalo udah sampe rumah bawaannya pengen bermalas-malasan

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah selama bekerja saya belum pernah membawa pekerjaan ke rumah dan selalu selesai di kantor saja. Untuk mas Asep semangat ya! :)

    ReplyDelete
  5. membawa pekerjaan ke rumah g fokus kalo saya

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog