Jual Milagros disini
Loading...

Cara Praktis Memasak Kentucky Fried Chicken

Catatan Asep Haryono


Dalam catatan saya makan di Kentucky Fried Chicken bisa dibilang jarang jarang atau bisa juga dikatakan bisa dihitung dengan jari.  Yang saya ingat sih terakhir saya sekeluarga malah mengadakan syukuran Milad (ulang tahun) anak saya,  Abbie yang ke 5 Tahun, di Texas  Friend Chicken Ahmad Yani Mega Mall yang berlokasi di bilangan kawasan elit Jalan Gajah Mada Pontianak pada tanggal 12 Maret 2013 yang lalu.   Catatan lengkapnya merayakan Ultah ke 5 Tahun anak saya bisa dibaca di sini untuk detailnya.

Sejak kedua anak saya menggemari makanan krispi berlabel merek dari Amerika itu tidak jarang mereka mengajak saya untuk makan di sana.  Tidak selalu bermerek bapak tua berdasi Kolonel Sanders itu.  Merek lain  juga pernah seperti AW.  Mengingat jenis makanan itu termasuk hidangan cepat saji yang sudah menjadi tren anak muda yang kian digemari, saya sudah membatasi kedua anak saya dalam urusan ngemil ayam berbumbu itu.

Nah minggu lalu, saya ajak kedua anak anak saya untuk membikin sendiri Ayam Krispi ala KFC di rumah.   Setelah dilakukan uji masak di rumah dengan bahan bahan yang sederhana hasilnya juga tidak terlalu mirip dan juga tidak teralalu mengecewakan.  Setidaknya hasil kerja sendiri, dan dinikmati sendiri ayam krispi ala KFC dengan bahan bahan yang sederhana yakni 

  • Ayam Negeri sepotong harga 27 ribu rupiah, 
  • 1 bungkus Tepung Krispi merek KOBE
  • Satu gelas air mineral. 

Cara Membuatnya

  1. Potong ayam sesuai ukuran yang disukai.  Boleh minta dipotongkan sama penjualnya biar serasi dan lebih rapih. Dicuci dengan air bersih.  Kemudian siapkan tepung KOBE nya dan ambil 2 sendok makan saja   Tuang 2 sendok makan Tepung ayam krispi KOBE ke dalam piring atau mangkuk.  Tambahkan 8 sendok makan air bersih, boleh pake air mineral atau air  yang sudah dimasak tentunya.  Aduk aduk menjadi adonan basah.  Ecieeeeeeeeee. (Gambar 1).
  2. Celupkan potongan ayam yang sudah bersih tadi di dalam adonan basah yang sudah kita buat tadi    Diaduk aduk sampai rata boleh dengan menggunakan sendok makan atau dengan tangan kanan yang tentunya sudah bersih cuci tangan sebelumnya.  Ingatlah selalu kebersihan dalam mengolah makanan apa pun juga   Ecieeee  (lagi)
    Catatan :  Sekalian juga siapkan 1 piring lagi untuk membuat krispinya,  Tuangkan Tepung ayam krispi KOBE (atau merek apa boleh-red) di dalam piring ceper tersebut.  Ini akan digunakan untuk "melumuri" ayam dalam adonan basah itu tadi. (Gambar 2)
  3. Masukkan atau celupkan ayam yang dalam adonan basah tadi ke dalam gundukan tepung kering KOBE.   Balurkan atau guling gulingkan sang ayam dalam gundukan tepung KOBE yang kering itu tadi, sambil dicubit cubit mesra ya.  Tangan anda pasti akan belepotan karenanya.  Pastikan setelah semua ayam sudah dilumuri tepung KOBE yang kering itu tadi tanda ayam krispi buatan anda sudah siap untuk digoreng. (Gambar 3)
  4. Panaskan kompor dengan api sedang.   Tuangkan Minyak TROPICAL 2 kali penyaringan ke dalam wajan secukupnya   Asal sang calon Ayam Krispi bisa "berenang" itu sudah cukup.   Tidak harus TROPICAL loh.  Ini hanya contoh saja.  Boleh memakai minyak goreng merek apa saja  asal bukan minyak Jelantah (bekas pakai saja ya).  Ingat minyak yang baik hanya untuk 1 kali pakai saja.  Ecieeeeee (Gambar 4)
  5. Gorenglah dengan seksama  Eaaa istilah apa lagi itu  Kalau sudah berwarna kecoklatan pada umumnya tanda sudah cukup matang lahir bathin.  Nah angkat dan tiriskanlah ayam Krispi ala KFC buatan anda sendiri.   SIlahkan taruh dalam piring Beling.  Ingat pering berbahan beling dan bukan piring plastik karena bisa beresiko melumernya bahan Polimer dipiring Plastik karena panasnya sang ayam saat baru diangkat dari wajan.  Untuk cocolan sambal Saos nya saya menggunakan Saos Sambal ABC.
  6. Boleh juga pake saus sambal merek lain atau saus sambal khusus Ayam Goreng, Namanya juga sesuai selera kan.  Yang namanya selera memang tidak dapat diperdebatkan.   Hidangkan bersama nasi hangat dan atau bersama lauk lauk lainnya apa saja yang anda inginkan.    Jika yang digoreng hanya 4 potong saja sudah cukup disajikan untuk 3 (tiga) orang.  Kebetulan saat itu yang makan cuma kami bertiga saja Saya sendiir dan kedua anak saya, Abbie dan Tazkia
  7. Oke selamat mencoba  cara praktis Memasak Kentucky Friend Chicken ini di rumah ya.   (Asep Haryono)



Siapkan bahan bahannya untuk membuat ayam Krispi buatan sendiri
Gambar 1.  Foto Asep Haryono
Siapkan bahan bahannya untuk membuat ayam Krispi buatan sendiri
Gambar 2.  Foto Asep Haryono
Siapkan bahan bahannya untuk membuat ayam Krispi buatan sendiri
Gambar 3.  Foto Asep Haryono
Siapkan bahan bahannya untuk membuat ayam Krispi buatan sendiri
Gambar 4.  Foto Asep Haryono
Siapkan bahan bahannya untuk membuat ayam Krispi buatan sendiri
Gambar 5.  Foto Asep Haryono
Siapkan bahan bahannya untuk membuat ayam Krispi buatan sendiri
Gambar 6. Foto Asep Haryono


11 comments:

  1. Bapak yang fotoin doang yaaaa? Yang masak teteup istri nih kayaknyaaa hihihihihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gia : Wahahah saya sendiri yang masak dan mengolahnya Gia. Lalu tulis dalam catatan seperti ini

      Delete
    2. saya yakin Kang Asep juga yang makan semuanya

      Delete
  2. This is it...kentucky fried chicken ala chef Haryono..hihihi..bagaimanapun kalau masak sendiri kita lebih tau higienis atau enggaknya ya pak

    ReplyDelete
  3. Waduh jadi ngiler nih chef Haryono, ini beneran buatan mas chef Haryono bukan ?

    ReplyDelete
  4. Waduh, jadi pengen nih :D

    ReplyDelete
  5. Saya juga sering pake tepung kobe buat bikin ayam kentucky kesukaan anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, ati-ati tepungnya
      jangan keliru sama bedak

      Delete
  6. ada Kobe, tropical, saos ABC, terus piring Masako.
    Jadi Kang Asep sekarang numpuk jadi model iklannya?

    ReplyDelete
  7. Waaahhh.. enak nih kayaknya.. kalau aku coba-coba dari dulu jarang banget berhasil.. pernah sekali dikasih baking soda biar crispy malah jadinya getar

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog