Jual Milagros disini
Loading...

Yang Perlu Diperhatikan Jika Belajar Di Luar Negeri

Gambar atau ilustrasi dari  Internet dari radarbangka.co.id
Gambar atau ilustrasi dari  Internet

Tahun 2015 tidak lama lagi akan segera kita tinggalkan.  Dalam hitungan beberapa hari ke depan ini tahun 2015 akan segera berganti menjadi tahun 2016.  Bagi para orang tua yang ingin sekali memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra putrinya dengan menyekolahkan anaknya belajar ke luar negeri merupakan kesempatan yang tidak ternilai harganya.   Memberi pendidikan terbaik bagi putra putri anda dengan memberikan pendidikan yang bermutu di luar negeri adalah kado istimewa di tahun 2016.

Sebagai orang tua tidak hanya dituntut memilki dana pendidikan yang memadai atau cukup untuk membiayai pendidikan putra putrinya selama menyelesaikan studinya di luar negeri. Bukan hal yang murah tentu.   Nah bekal dana pendidikan saja tidak cukup, Banyak hal yang harus dipertimbangkan para orang tua sebelum memberangkatkan putra putrinya untuk melanjutkan studi (SMA, Universitas) di Luar Negeri. 

SUN Education memberikan beberapa gambaran hal hal yang berkaitan dengan persiapan belajar ke Luar Negeri yang tertuang dalam buku  Overseas Study Guide 2013-2014 yang bisa menjadi bahan pertimbangan para orang tua sebelum memutuskan menyekolahkan putra putrinya belajar ke luar negeri.   Berikut ini adalah beberapa petikannya

  • Pertemanan global
    Jelas sekali berdampak pada adanya perbedaan budaya dan benturan budaya (Cultural Shock) antara sesama siswa atau pelajar dari negara lain. Budaya Indonesia yang terkenal keramahtamahannya agar kontak dengan budaya luar negeri atau asing yang berbeda.   Para siswa akan mendapatkan pengalaman mengenali budaya negara lain dalam sebuah komunitas global di kelas atau dikampusnya nanti.  Kesempatan mengenal budaya negara lain bisa menjadi cerminan untuk lebih mengenali diri sendiri.
  • Kemandirian
    Anak anak yang sudah terbiasa tinggal bersama orang tua dan belajar di negeri sendiri relatif lebih mudah dalam pengawasan kedua orang tua dan saudaranya. Namun jika sang anak sudah masuk kelas atau belajar di kampus di negeri orang otomatis peran orang tua secara langsung dalam mengawasi anak menjadi berkurang.  Ada banyak pihak yang siap membantu putra putri anda selama menempuh pendidikan di luar negeri. Namun yang pasti kemandirian sang anak akan menjadi terasah.  Belajar sendiri, mencuci pakaian sendiri dan lain sebagainya
  • Ketersediaan Jurusan Yang Diminati
    Ada banyak bidang studi atau jurusan ilmu ilmu di sekolah atau pendidikan luar negeri yang tidak ada atau tidak tersedia di negera sendiri.  Beberapa jurusan pendidikan dan mata kuliah di luar negeri menjanjikan peluang masa depan dan juga disertai dengan tingkat kesulitannya masing masing.  Pastikan jurusan pendidikan yang diminati oleh buah hati anda juga tersedia di kampuas atau sekolah yang diminati lengkap dengan prospek karir dan peluang pekerjaan yang tersedia dari jurusan pendidikan yang menjadi pilihan buah hati anda itu
  • Nilai Tambah Di Dunia Kerja
    Dengan era globalisasi seperti sekarang ini bekerja di negara lain atau sebaliknya orang luar Indonesia berburu pekerjaan di negara kita sangatlah terbuka lebar.  Geografis sudah tidak menjadi kendala lagi.  Orang bebas mau bekerja dari mana saja dan kemana saja.   Dari persaingan yang ketat inilah , banyak perusahaan perusahaan bonafide di Indonesia yang lebih senang dengan calon pegawai yang sudah pernah mengenyam pendidikan  (sudah pernah bersekolah) di luar negeri.  
  • Kepastian Dana Pendidikan
    Sudah bukan rahasia lagi menyekolahkan pura dan putri anda bersekolah ke luar negeri membutuhkan dana pendidikan atau biaya yang tidak sedikit.  Para orang tua harus sudah mempersiapkan dana pendidikan bagi putra putrinya selama mereka menempuh pendidikan di luar negeri.  
    Hal yang tidak jauh berbeda jika putra dan putri anda sekolah ke luar negeri dengan Beasiswa (Scholarship) juga ada batasnya.  Jika terlalu lama selesai kuliahnya dana beasiswa bisa distop dan otomatis harus membiayai sendiri.  Nah orang tua yang menyekolahkan anaknya dengan biaya sendiri harus secure dan menjamin putra putrinya belajar dengan tenang tanpa harus memikirkan biayanya lagi

Semoga dengan beberapa pernal pernik di atas bermanfaat bagi anda , para orang tua, yang sudah merencanakan untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra putrinya dengan menyekolahkan mereka belajar ke luar negeri.  Sebagai bahan renungan dan pertimbangan agar diperoleh keputusan yang tepat.  Selamat belajar.  (Sumber materi dan informasi dari SUN EDUCATION - Study Guide to Overseas)

5 comments:

  1. yang penting kalo ke luar negeri, harus ada klepon di sana

    ReplyDelete
  2. Point yang ke 5 bisa disiasati dengan mengikuti program beasiswa kang....

    ReplyDelete
  3. yang terakhir berat sendiri nih, hehehehe #dana

    ReplyDelete
  4. mesti nabung ya buat biaya pendidikan masa depan

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog