Jual Milagros disini
Loading...

Rencanakan Perjalanan Anda

Catatan Asep Haryono


Tidak terasa dalam hitungan hari tahun 2015 ini akan segera kita tinggalkan dan kita semua bahkan di seluruh dunia sudah bersiap menyambut pergantian tahun.  Berbagai hotel berbintang sampai kelas melati sudah bersiap siap "mengais rezeki" Malam Pergantian tahun dengan banyak menggelar acara dan even yang menarik. 

Berlomba menawarkan acara untuk mengisi pergantian tahun baru nanti.  Anda yang sudah mempersiapkan mengisi tahun baru nanti silahkan dipersiapkan dari sekarang.  Berbagai tawaran paket perjalanan wisata dalam dan luar negeri sudah mulai banyak ditawarkan. Tinggal pilih sesuai dana perjalanan anda dan eksekusi perjalannya. Wow.  Menarik sekali

Rambi (bukan nama sebenarnya-red) salah seorang pegawai di salah satu Agen Perjalanan Wisata Tour and Travel di kota Pontianak mengeluhkan semakin menurunnya daya beli masyarakat terhadap paket paket wisata yang ditawarkannya . "
Sekarang ini sudah jelas suasana dan kondisi dari prekonomian Indonesia secara umum sedang lesuDan ini sangat berpengaruh dan berdampak terhadap minat dan daya beli masyarakat Kalimantan Barat untuk berwisata ke luar negeri dan juga ke dalam negeri" katanya dalam suatu pertemuan dengannya.  Bagaimana solusinya?


Garuda Indonesia sudah menjadi moda pesawat udara andalan saya jika bepergian. Nyaman, ketepatan waktunya  dan keramahannya yang baik. Foto Asep Haryono
Garuda Indonesia sudah menjadi moda pesawat udara andalan saya jika bepergian. Nyaman, ketepatan waktunya  dan keramahannya yang baik. Foto Asep Haryono
Bali merupakan salah satu destinasi wisata fave saya selain Jogjakarta dan Jakarta.  Dari tahun 2005-2010 tercatat sudah 10 kali saya berkunjung ke Bali.  Miss Bali so much.  Foto Istimewa
Bali merupakan salah satu destinasi wisata fave saya selain Jogjakarta dan Jakarta.  Dari tahun 2005-2010 tercatat sudah 10 kali saya berkunjung ke Bali.  Miss Bali so much.  Foto Istimewa

Baru baru ini Kementrian Perhubungan Republik Indonesia mengeluarkan himbauan dan seruan ditujukan kepada semua masyarakat yang sedang merencanakan untuk bepergian baik dalam rangka mengisi pergantian tahun dan atau untuk berliburan atau berwisata pada umumnya.   Berikut di bawah ini adalah petikan daripada himbauan atau seruan dari Kementrian Perhubungan Republik Indonesia :



  1. Penundaan Bisa Terjadi
    Setiap moda angkutan perjalanan umum yang biasa digunakan masyarakat baik angkutan udara, darat dan laut, faktor keterlambatan pemberangkatan atau delay dimungkinkan karena banyak faktor.  Salah satu faktornya adalah keselamatan.  Tingkat keselamatan selalu menjadi prioritas utama bagi setiap pelaku usaha moda angkutan umum darat , laut dan udara.  Jika cuaca buruk, misalnya, jadual penerbangan bisa saja didelay.  Keselamatan faktor utama
  2. Tidak mengenakan perhiasan berlebihan
    Seperti pesan Bang Napi "Kejahatan bisa terjadi bukan saja karena ada niat pelakunya melaikan karena ada kesempatan".  Nah jangan kita "menciptakan" peluang orang lain dan atau "mengundang" orang lain untuk melakukan sebuah tindak kejahatan kepada kita karena kita lalai dalam memperhatikan keselamatan diri kita sendiri.   Walau ada kebanggaan karena memiliki perhiasan mahal tidak lantas membuat anda "pamer" saat melakukan perjalanan.   Hindari menggunakan perhiasan menyolok ditempat umum
  3. Membawa Barang Seperlunya
    Hal yang sering terjadi biasanya pada saat momen perayaan Lebaran Idul Fitrie. Banyak warga yang mudik ke kampung halaman membawa banyak barang barang sudah seperti orang mau pindah.  Tidak boleh? Tenti saja boleh.  Tidak ada yang melarang orang bepergian untuk membawa barang barang yang akan digunakannya di tempat tujuan atau sebagai oleh oleh.  Silahkan saja.  Namun jangan membebani diri kita sendiri, merepotkan diri sendiri.  Jika dimungkin boleh saja barang bawaan di kirim terlebih dahulu (diposkan-red).  Bawalah barang secukupnya
  4. Pilihlah Moda Angkutan yang sesuai dengan kemampuan
    Tidak memaksakan diri untuk menggunakan moda yang diluar kemampuan kita untuk membayarnya.  Ongkos pesawat udara relatif jauh lebih mahal daripada angkuta darat seperti kereta api dan bis.  Jika pertimbangannya karena waktu yang cepat, tentulah pesawat udara menjadi pemenangnya.  Jika ekonomi atau dana perjalanan memadai tidak ada salahnya menggunakan moda yang cepat seperti pesawat udara apalagi jika tujuannya di luar kota atau pulau.   Slogan "Biar lambat asal selamat" masih relevan sampai sekarang ini
  5. Utamakan Keselamatan
    Ini berlaku bagi semuanya. Baik bagi pemakai atau pengguna moda angkutan umum (Darat, laut dan udara) dan juga bagi para pengusaha perjalanan darat, udara dan laut itu sendiri.  Sebagai contoh mudahnya adalah displin keselamatan bersama.  Di pesawat udara misalnya, hindari menggunakan Handphome atau fitur fitur yang memancarkan frekuensi telephony karena akan mengganggu komunikasi pesawat udara.   Bagi pengusaha angkutan laut atau darat misalnya, untuk selalu memeriksa kelayakannya, Uji Keselamatan angkutannya, dan lain sebagainya
  6. Datang lebih awal sebelum keberangkatan
    Tidak ada salahnya datang lebih awal dari jam atau waktu keberangkatan baik angkutan udara, darat maupun laut.  Sebagai contoh jika penerbangan anda pukul 09.00 WIB maka sebaiknya amda sudah check in 1 jam sebelumnya yakni pukul 08.00 WIB.  Ini akan memudahkan anda untuk check in dengan tenang. Jika ada barang yang terlupa bisa diusahakan karena waktunya relatif masih banyak.  Datang lebih awal jelas banyak manfaatnya daripada terburu buru yang nantinya bisa membawa banyak kerugian bagi semua pihak

Nah selamat merencanakan liburan Akhir Tahun ini ya.   (Asep Haryono).

21 comments:

  1. sy pngn berlibur ke pontioanak ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu S : Heihieieh makasih mas Fiu. Wah sering dapat pertamax nih. Hieiehie. Sekali kali mampir ke Pontianak donk. Nanti akan saya tunjukan kota Pontianak se utuhnya sama mas Fiu. Heihiehiehiehiehiehiehiheee

      Delete
    2. aaamiin ,,, doakn kg asep ,,, biar ada rezki dan kesempatan secepatny ke pontianak .. :)

      Delete
    3. Mau juga donk main ke pontianak tempatnya Kang Asep,,,hehehehe

      Delete
    4. @Wahab Saputra : Bole boleh. Silahkan kawan kawan rencanakan perjalanan wisata ke Pontianak. Nanti saya yang jadi guide nya hiheiheihiehiehiee

      Delete
  2. gak bosen mas udah ke bali 10x??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Obat : Hiheiheie masih bange ingin ke Bali lai, Ya sudah 10 kali ke Bali dari periode 2005-2010 tapi kebanyakan urusan dinas atau konferensi. Taunya cuma Kuta , dan Sanur aja, Belum pernah ke Uluwatu, dan lainnya,. DUh duh jadi kepengen ke Bali lagi Ada nda ya yang ngongkosin

      Waahhahahaa

      Delete
  3. Mngenai kondisi perekonomian yang lesu saat ini, saya sebagai kaum wirausaha sangat terasa, Kang. Jadi budget buat piknik kayaknya harus disimpan dulu hihi Jadi tahun baruan gak kemana-mana dulu lah, di jawa barat aja dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : ya sama nih Saya juga belum ada kesempatan berlibur kemana mana. Padahal sudah ada Paspor. Wahahahah Paspor saya 3 tahun masih kosong belum ada stempel VISA manapun juga. Wahahahhaahha, Kasian kan sayah

      Delete
  4. Memang harus direncanakan sebelumnya biar nggak gelagapan sampe lokasi mau ngapain :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nasirullah Sitam : Iya benar sekali. Semuanya harus direncanakan dengan sebaik baiknya hiehiheiehiee

      Delete
  5. keamanan tetap no satu ya mas asep, saya belum merencanakan liburan tahun baru nanti nih, kayanya ga bakalana tahun baruan keluar, dirumah aja.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hendri Hendriyana : Iya benar banged. Kemanan tetaplah nomor satu donk hiehieiee. Seru kan kalau bepergian oke, keselamatan juga oke menjadi fokus utama dan perhatian bagi kita semuanya, Ahaiiiiiiiiiiiiiii

      Delete
  6. sudah 10 kali ya mas ke bali. ko saya belum sekalipun ya.

    kalo saya sih sering melihat anjuran yang sejenis itu

    tapi saya baru tau kalo kementrian baru mengeluarin yang beginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mang Adul Ganteng : Iya seruannya dalam bentuk garis garis besar. Saya menambahkan uraian urainnya saja sebagai pelengkap informasi.

      Delete
  7. Duh tahun baru tinggal menghitung hari dan tentunya tempat wisata akan penuh dan waktunya untuk menentukan untuk berlibur menggunakan garuda indonesia kendaraanya.

    ReplyDelete
  8. Kalau saya berencana di kampung saja, mas Asep. Biar biaya murah gitu, soalnya anggaran untuk perjalanan libur lagi minim...

    ReplyDelete
  9. Wah joss kak tips - tips nya,,, yang jelas yang paling utama masalah transportasi yaw yang sesuai dengan kemampuannya kak. kalau mampunya ngebolang dan murah yaw kenapa tidak??? hehehehe. Terus nggak mengenakan perhiasan berlebihan. Daripada dikenakan lebih baik di jual buat biaya perjalanan, hehehehe

    ReplyDelete
  10. makasih gan buat infonya dan salam sukses

    ReplyDelete
  11. terimakasih bos infonya dan semoga bermanfaat

    ReplyDelete
  12. mantap mas infonya dan salam kenal

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog