Jual Milagros disini
Loading...

Apakah anda tahu penyebab listrik padam?

Catatan Asep Haryono


Salah satu unsur penting dalam kehidupan rumah tangga baik di desa ataupun di perkotaan adalah tersedianya pasokan listrik yang aman dan terkendali.  Perusahaan Listrik Negara (PLN) sudah bekerja keras menjamin kelancaran pasokan listrik di seluruh pelosok Indonesia sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang mereka miliki.  Masyarakat Indonesia sebagai pengguna atau konsumen listrik sudah sewajarnya melakukan kewajibannya dengan membayar listrik tepat waktu demi terjaminnya pasokan listrik bagi yang lain.

Masyarakat Indonesia kini sudah bisa dengan mudah membayar tagihan listrik tepat waktu a baik melalui gerai gerai atau loket pembayaran listrik , kantor pos maupun melalui gerai retailer (Seperti Indomaret, dan Alfamart) di seluruh pelosok Indonesia.   PLN selalu berusaha memberikan kemudahan dan akses yang seluas luasnya agar masyarakat mudah melakukan pembayaran tagihan listrik sebagai konsekuenasi logis atas pasokan listrik yang dinikmatinya itu.   

Namun, kendala sudah pasti ada baik dalam masyarakat sendiri dalam melakukan kewajibannya membayar tagihan Listrik tepat waktu, dan PLN sudah menyadari hal ini. Oleh karena itulah PLN memberikan tenggang waktu yang sangat cukup mulai dari tanggal 1 hingga 10 sebagai batas awal pembayaran listrik dan tanggal 20 sebagai batas akhir dari pembayaran listriknya.  Mohon saya dikoreksi jika salah ya pemirsah.   

Nah bagaimana jika menunggak pembayaran listrik? Tentu ada konsekuensinya mulai dari pemutusan sambungan listrik sementara hingga pencabutan fasilitas listrik secara permanen. Jika sudah dicabut fasilitas sambungan listriknya maka suka atau tidak suka pelanggan harus mendaftar kembali dari awal.  Kalau sudah begini tentu repot bukan?

DRIVE THRU :  Loket ini disediakan untuk pembayaran tagihan listrik di depan Gedung PLN di Jalan Ahmad Yani Pontianak.  Loket ummnya ada disetiap loket PLN di seluruh Indonesia.  Foto Indonesia
DRIVE THRU :  Loket ini disediakan untuk pembayaran tagihan listrik di depan Gedung PLN di Jalan Ahmad Yani Pontianak.  Loket ummnya ada disetiap loket PLN di seluruh Indonesia.  Foto Indonesia

Apakah anda tahu penyebab listrik padam?
PLN sering menjadi kambing hitam jika terjadi pemadaman listrik di rumah para pelanggannya. Berbagai kecaman bahkan kata yang tidak pantas terlontar tanpa disadari jika listrik di rumah kita padam tiba tiba.   Para pelanggan mengeluh kalau mereka sudah tepat membayar tagihan listrik namun listrik masih juga padam di rumahnya.  Namun Apakah anda tahu penyebab listrik padam?   Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab mengapa listrik tiba tiba padam di rumah kita.  

  1. Menanam Pohon di bawah atau dekat Jaringan Listrik
  2.  Gantol (Mencuri Listrik Untuk Penerangan).
  3. Memasang Reklame Di bawah atau dekat Jaringan Listrik
  4. Pembangunan Dekat Jaringan tanpa koordinasi dengan PLN.
  5. Bermain layangan di bawah jaringan dan menggunakan tali kawat.
    Di Pontianak sendiri main layangan pernah menjadi booming.  Banyak anak anak bahkan yang sudah bukan anak anak lagi masih menggemari main layang layang. Bahasa Pontianaknya "main kelayang".  Tali kawat dipakai.  Serem juga kalau sampai menjerat leher orang dan atau mengganggu listrik.  Padam bisa tuh listrik
  6. Membakar Sampah tepat Di bawah jaringan Listrik.
    Ini sering saya liat. Bahkan di depan rumah saya sendiri tetangga sering membakar kayu kayu bekas tidak terpakai, Api yang membesar hingga nyaris menyentuh kabel kabel listrik yang melintang di atasnya . Ngeri ngeri sedap memandangnya.
  7. Memasang Antena atau benda disamping jaringan listrik
  8. Mencuri Listrik
    Khusus untuk poin 6 ini jangan sekali kali dilakukan. Mencuri listrik adalah perbuatan melanggar hukum dan terancam sanksi yang berat.  Ada banyak modus pencurian listrik diantaranya melakukan modifikasi terhadap meter listrik elektronik, atau membolong meter listrik  atau mengurangi kecepatan meter listrik.  Denda sampai jutaan rupiah sudah menanti.

Nah itulah beberapa faktor yang berpotensi menimbulkan gangguan teknis sehingga terjadi pemadaman listrik mendadak di rumah kita.   

Memang pada umumnya jika PLN sedang merencanakan perbaikan atau perluasan Jaringan Listrik atau ada rencana tertentu yang berpotensi terjadi pemadaman, PLN selalu melalukan Sosialisasi Pemadaman Listrik baik melalui media sosial, Televisi, Radio hingga memasang informasi jadual pemadaman di surat kabar (koran).  Jika anda tahu , segera laporkan kepada PLN   (Asep Haryono)

13 comments:

  1. sy sudah tahu ,,,, stekah sy baca artikel disni ...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu : Wahahaha Mantap mas FIu. Sudah sering meraih Pertamax di blog kesayangan saya ini. Masuk kandidat untuk mendapatkan AWARD nih kayaknya hieieiheiehiee

      Delete
    2. hahahaha ,,,, yg mantap itu kg asep ... bukn sy .. :P

      Delete
  2. Dongkol kalo PLN matiin listrik tanpa ada pemberitahuan sebelumnya.

    Sekarang di rumah saya sudah pake Prabayar, Kang, jadi gak mungkin punya tunggakan, tapu bagi yang masih menggunakan listrik pascabayar, jika tunggakan sudah masuk bulan kedua, maka udah dapet surat cinta dari PLN, bahkan ada yang udah mau dicabut aja listriknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : Wahahah saya sudah sering dapat "surat cinta" dari PLN karena sudah sering Nunggak bayar tagihan Listrik eiheiheie Semoga tidak terulang lagi deh. Maunya sih bayar tepat waktunya. Maunya sih begitu hihihihi

      Delete
    2. Jangan keseringan dapet surat cintanya, Kang, takutnya nanti malah naksir sama mas-mas petugas PLN-nya hihihi

      Delete
  3. hmm sekarang saya udah tau mas, he terimakasih sharingnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Obat : HIehiheie Alhamdulillah. Terima Kasih sudah berbagi dan datang ya. Insya Allah saya hadir kunjungan baliknya

      Delete
  4. Gimana itu cara mencuri listrik
    Apa tak takut kena setruman antik
    Yang bikin rambut jabrik

    :)

    ReplyDelete
  5. harus berhenti main layangan^^

    ReplyDelete
  6. kalau disumatera, cthyya palembang, listrik mati karna sudah menjadi agenda mingguan mereka, alasannya sih klasik maintenance!!! hahahaha

    ReplyDelete
  7. Biasanya suka ada info jadwal pemadaman di koran,sih. Kalau dulu di koran Pikiran Rakyat suka ada info rencana pemadaman listrik di bandung dan cimahi. Saya pernah baca tapi ga tau sekarang, udah lama ga merhatiin :)

    ReplyDelete
  8. Wah, ternyata banyak sebabnya ya. Baru tahu aku kalau menanam pohon di bawah jaringan listrik juga berpengaruh :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog