Jual Milagros disini
Loading...

Mengisi Bensin Eceran Di Jalan

Catatan Asep Haryono


Pernah kehabisan bensin saat berkendaraan?   Kalau pertanyaan sederhana ini ditujukan kepada saya tentu jawabannya sering.  Kalau dihitung dengan jari kira kira bisa belasan kali dalam 1 bulannya.   Saya sebenarnya ingin selalu mengisi bensin di SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) resmi milik Pertamina yang memang sangat mudah di jumpai di jalan jalan utama di seluruh Indonesia. 

Di kota Pontianak sendiri SPBU Pertamina bertengger dimana mana dan sangat mudah dijumpai
Banyak manfaat yang bisa kita peroleh jika kendaraan kita mengisi bensin atau bahan bakarnya di SPBU resmi milik Pertamina.  Salah satu manfaatnya adalah harga yang pasti pas sesuai dengan ketentuan dari Pemerintah. 

Keuntungan lainnya jika mengisi bensin di SPBU Milik Pertamina adalah jaminan mutu Bensin yang bagus dan murni.  Saya tidak mengatakan kalau mengisi Bensin di pinggir jalan itu tidak murni.   Tidak sama sekali terlintas pikiran seperti itu.   Banyak penjual bensin eceran di jalan yang jujur kacang ijo.


Namun ada kalanya saya harus memutuskan dengan cepat apakah harus selalu mengisi bensin di SPBU Milik Pertamina atau mengisi (bensin) di pinggir jalan seperti yang tampak foto foto yang saya tampilkan di bawah ini :

Motor saya yang sudah saatnya di isi bensin pas kehabisan di jalan. Foto Asep Haryono
ISI BENSIN : Motor saya yang sudah saatnya di isi bensin pas kehabisan di jalan saat ngurir Milagros ke rumah pelanggan. Foto Asep Haryono

ECERAN : Mengisi bensin di eceran.  Cukup 1 liter saja minimal tidak mogok di jalan. Selanjutnya saya tetap mengisi bensin di SPBU resmi milik Pertamina. Foto Asep Haryono

Lihat Situasi Kondisi
Nah ini dia konteksnya.   Jika keadaan mendesak dan berhitung waktu misalnya.  Jika waktu saya banyak dan memadai, tentu memang asyik untuk mengantre bensin di SPBU Resmi milik Pertamina.  Sepanjang panjangnya antrian tidak ada masalah karena waktu memang sudah disediakan untuk itu dan saya sedang tidak dalam dikejar deadline.  Namun jika saya sedang dikejar waktu, dan jika saya harus mengantre Bensin di SPBU Milik Pertamina tentu waktu saya akan habis.  Sebagai contoh sederhana.  Saya ada janji untuk ngurir Milagros Miracle Inside ke pelanggan yang sudah memesan.  Jam antar ke rumah pelanggan adalah jam 14.00 WIB.  Kalau saya sedang terlambat menuju rumah pelanggan dan saat itu bensin kendaraan saya menipis tentu saya mau prakmatis saja,  Mengisi bensin Eceran di Jalan.  Dengan demikian tepat waktu di rumah pelanggan.


ANTRE : Para pemakai kendaraan yang akan mengisi bensin di SPBU Milik Pertamina harus sabar mengantri dan tertib serta disiplin demi kebaikan bersama  Foto Asep Haryono
ANTRE : Para pemakai kendaraan yang akan mengisi bensin di SPBU Milik Pertamina harus sabar mengantri dan tertib serta disiplin demi kebaikan bersama  Foto Asep Haryono

Saya memang pernah disarankan saat servis motor di sebuah bengkel resmi kendaraan di kota Pontianak.  Sang mekanik mengganti Olie mesin saya sesuai pesanan saya.  Sang mekanik itu menyimpulkan kalau bensin dalam tangki saya tidak murni.  Ada campuran tertentu sehingga menyebabkan mesin menjadi apa gituBerpotensi bikin rusak kata sang Mekanik itu.  Sang mekanik itu menyarankan agar saya mengisi bensin di SPBU Resmi saja.


Saya memang sudah sering mendengar kalau penjual Bensin eceran di jalan itu ada yang "nakal" dengan mencampurkan bahan tertentu sehingga mesin motor pelanggan jadi rusak.  Saya harus hati hati menanggapi informasi ini.   Saya banyak kenalan atau teman yang berjualan bensin eceran di Jalan dan mereka jujur Insya Allah.   Namun demikian saran dari Mekanik bengkel itu tetap menjadi bahan masukan yang baik.  Saya menghormati kredibilitas para penjual Bensin Eceran di jalan.  Banyak dari mereka yang jujur. 

Nah bagaimana dengan sahabat semua?  Apakah mengisi bensin di SPBU Milik Pertamina atau mengisi bensin eceran di jalan? (Asep Haryono).

12 comments:

  1. tindakan yg tepat ,,,,
    lgian klo pas abis dijln, trs misalkn SPBU jauh, tukang bensin eceran ada, masa mw nuntun ..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu S : betul sekali mas Fiu. Intinya liat situasi dan kondosinya dahulu seperti apa. Jika ada waktu luang asyik ke SPBU aja

      Delete
  2. ya itulah resikonya kang, bensin di eceran kadang ada yang dicampur-campur
    saya biasanya ngisi di SPBU, kecuali kalo kepepet banget baru ngecer hehe...

    ReplyDelete
  3. dilarang memfoto di area SPBU mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang ada larangan memfoto di SPBU. Namun yang saya liat dari artikel ini sang penulis (blogger) memfotonya dari jarak jauh. Dalam pandangan saya tidak ada masalah.

      Delete
  4. Kalaau bensin di eceran tentunya harga lebih mahal ya mas? :)
    namun kalau di Pom antriannya panjang ya mending di eceran aja, males deh kalau mesti nunggu lama jaba panas.aduhhhh :)

    ReplyDelete
  5. kalau waktunya gak mepet ya ngantri di spbu pak
    kalau lagi keburu waktu biasanya juga ke eceran, mahal dikit tapi gak ngantri
    moga dapet penjual yang jujurlah

    ReplyDelete
  6. Ternyata masalah efesiensi waktu alasannya, saya kira kebangetan seperti saya yang sering lupa hingga benar benar motor mogok kehabisan bensin. eh ngemeng-ngemeng masih ada ya yang mencampur bensin dengan yang lain, tapi bahan apa campurannya kalau saat ini, kalau dahulu pake minyak tanah tapi kalau kini bukannya untung malah buntung jika mengoplos premium dengan Lengo Potro coba.

    ReplyDelete
  7. suami saya juga lebih sering mengisi bensinnya pada penjual eceran dibanding SPBU mas, padahal kalo di SPBU kan harganya lebih murah dan yang pasti "pasti pas" sesuai dengan slogan SPBU, hehe :) cuman yah itu kalo di SPBU itu antrinya lama :(

    ReplyDelete
  8. Saya kalo beli bensin di pom bensin pas jam sepi, jadi nggak antri banyak. Tapi pernah juga antri sampe 8 motor, bikin bete emang. Apalagi kalo panas-panas, beuhhh

    ReplyDelete
  9. sama nih saya juga biasanya gitu kalau lagi kehabisan bensin, beli 1 liter aja di pedagang eceran, setelah itu cari pom bensin terdekat..
    tapi sebenarnya dengan adanya pedagang bensin eceran itu kita pun juga terbantu lo, coba deh kalo mereka gak ada, kita bisa kecapekan karena ndorong motor jauh cari spbu kan..

    ReplyDelete
  10. Ane juga kalau kepepet isinya eceran mas, pokoknya pilihan terakhir ini.. Hehehe

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog