Jual Milagros disini
Loading...

Mengantuk

Tag : Opini - Asep Haryono | Mengantuk - Powered by Blogger
Catatan Asep Haryono


Mengantuk adalah hal yang sering kita alami diberbagai kesempatan. Kadang saat kita bekerja keras tanpa kenal jeda istirahat, dan di saat tertentu tubuh kita pastilah akan merasa letih karena diforsir. Mengantuk cenderung datangnya setelah kita bekerja secara fisik melebihi batas kewajaran.  Hal ini sangat tidak dianjurkan karena tubuh manusia bukanlah robot yang memang bisa bekerja 24 jam tanpa henti dan tanpa asupan makanan.  Kita adalah manusia.  Mengantuk adalah hal yang wajar saja.

Mengantuk juga bisa berpotensi mengundang bahaya baik bagi dirinya sendiri dan atau bagi orang lain.  Hal yang paling sering diperingatkan oleh Dinas Peneringan Lalu Lintas Indonesia adalah himbauan kepada para pengendara untuk tidak mengemudikan kendaraan di jalan raya dalam kondisi mengantuk.  Memang tidak sadar.

Begitu mata terkatup karena mengantuk saat berkendara di jalan raya sangat fatal resikonya.  Saya sudah sering mengalami rasa kantuk yang luar biasa saat mengendarai motor di jalan raya.
Oleh karena itu, ada benarnya Himbauan dari bapak Polisi lalu lintas itu kita patuhi.

Jika kita merasa kantuk tidak tertahankan lagi , berhentilah atau menepilah kendaraan kita.  Baik kendaraan roda dua maupun roda yang tidak dua.  Istirahatlah sejenak untuk menghilangkan rasa kantuk itu sampai benr benar merasa segar bugar dan perjalanan dapat dilanjutkan kembali.  Jangan mengambil resiko saat berkendaraan di Jalan Raya tubuh merasa lelah hingga mengantuk dan jatuh tertidur. Resiko kecelakaan sangat besar sekali.
.


Salah satu anak magang di kantor saat tidak dapat menahan rasa kantuknya. Dia pun pulas tertidur.  Tidur sambil dengarkan musik?  Foto Asep Haryono
Salah satu anak magang di kantor saat tidak dapat menahan rasa kantuknya. Dia pun pulas tertidur.  Tidur sambil dengarkan musik?  Foto Asep Haryono

Namun mengantuk juga harus pada tempatnya.  Mengantuk saat bekerja di kantor memang mempunyai resiko kecelakaan yang relatif kecil.  Namun tidak selalu. Jika bekerja di perusahaan yang menggunakan alat alat berat seperti traktor, mesin pemotong, mesin gilas dan alat alat bahaya lainnya, mengantuk saat bekerja di tempat tempat seperti ini juga sangat tidak dianjurkan.  Lalu bagaimana jika mengantuknya di kantor seperti yang tampak dalam foto yang saya unggah di atas?

Walaupun mengantuk adalah gejala biologis yang alamiah seperti lapar dan haus, karena tubuh manusia banyak keterbatasannya, namun mengantuk yang fotonya ditampilkan di sini memang tidak disarankan.  Tidak dianjurkan untuk jatuh tertidur seperti ini. Dampak yang timbul atau kesan yang terlihat sangat tidak nyaman bagi yang melihatnya ataupun bagi atasan atau pimpinan yang melihatnya.

Kesan yang timbul bisa negatif seperti kurang menghargai etos kerja perusahaan,  tidak beretika dan menimbulkan kesan yang kurang baik.  Mengantuk juga harus pada tempatnya walau mengantuk itu tidak dilarang.
  Lalu mengapa orang bisa mengantuk? Tentu sudah banyak hal yang berpotensi menimbulkan kantuk itu tadi.  Banyak yang bilang karena begadang di malam sebelumnya.  Rasa lapar atau kenyang juga bisa mengakibatkan kantuk disamping efek efek dari obat obat kimia.   Kantuk bisa datang setiap saat (Asep Haryono).

22 comments:

  1. yah ,,, itu si anak ,,, baru magang malah molor ,,,hahaha gmn mw diterima coba ..,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu : Iya kalau sudah datang kantuknya apalagi yang dapat dicegah ya. Wajar saja namanya juga kecapean atau keletihan.

      Delete
    2. hehehe ,,,, iya bner ,,, mungkin hbs lembur malamnya ,.,., :D

      Delete
  2. ngantuk itu nikmat banget m,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu S : Mengantuk saat mendengarkan Khatib Jumat itulah kantuk yang luar biasa nikmatnya. Heihiehiehe. Memang itu ulah Syaiton yang menggoda hambanya yang sedang mendengarkan khatib sedang naik Sholat Jumat. Begitu khatib mau selesai, e ngantuknya malah hilang

      Delete
    2. hahahaha ... iya klo khotib dh baca barakallah li walakum fil qur'anil 'adzim ,,,, dst ..
      ngntuknya seketika lngsung hilang ,,,, :D

      Delete
    3. @Fiu S : Iya betul itu. Begitu khatib menutup ceramahnya dengan Barakallah bubar dah ngantuknya. Jadi seger . Biasanya kalau sudah gini bablas aja sholat Jumat dulu. Baru sepulang Jumatan, saya tanya ke jamaah lainnya. Tadi ceramahnya tentang apa ya. Hahahhahaa,. Maluuuuuuuuuuu

      Delete
    4. biasa ini mas fiu ngantuk saat juatan, ini hari jumat lho

      Delete
    5. @Muhammad Mukhlis : Oya bener. Cuma kebetulan saya Jumatan tadi tidak ngantuk sama sekal. Karena datangnya agak telat. Begitu saya datang di masjid , sang Khatib sudah berdoa tanda ceramah sudah selesai. Nah kan nda ngantuk kan sayah

      Delete
  3. Kalo saya ngantuk saat lagi kerja gitu, gak bakal ada yang berani marahin, sih, tapi emang ya ngantuk itu menghambat banget. Tapi saya sih punya cara ampuh buat mencegah kantuk saat kerja, yaitu sambil ditemenin secangkir kopi hitam & senyumnya Isyana, Raisa & Pevita di layar monitor muehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : Heiiei hai hai mas Rudy Arra. Tuh bang Zachflazz sudah kembali aktif di dunia Blogging walau dengan menggunakan akun yang lain. Wahahahah rupanya beliau tidak tahan nda blogging akhrinya datang lagi. Mari kita sambut dengan gegap gempita "come back" nya bang Zach Flazz di dunia Blogging. Ayeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee

      Delete
    2. AH YANG BENER, KANG??? KASIH SAYA LINK BLOG BELIAU!!! AYOO CEPEEET!!! AYO KASIH GAK NI...KASIH GAK???

      Delete
  4. hahaha, mas asep sampai ngantuk sambilan dengerin musik ya, musiknya pasti slow rock banget kan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Mukhlis : Hahahahah yang di foto dalam artikel itu bukan saya. Itu anak magang. Namanya Bayu. DIa sedang tertdur mungkin karena letih atau kecapean. HIehiheiheiheihieiee

      Delete
  5. Haaaa, kalau aku ngantuk biasanya langsung selonjoran di kursi kerjaan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nasirullah Sitam : Ihahahaha Iya bener juga. Selonjoran di kursi panjang kali ya. Hiehiehiheihei

      Delete
  6. Kalau temen-temen di kantor biasanya minum kopi buat mengatasi kantuk. Atau mendengarkan radio yang memutarkan musik yang asik :)


    Mampir blog kami juga ya. Kami punya artikel menarik mengenai penerangan untuk rumah Anda.
    Salam.

    www.gartnerindonesia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Gartner Indonesia : Terima kasiha atas kunjungannya. Iya kopi konon kata orang mampu membuat orang terjaga dan berkurang ngantuknya. Mungkin karena ada efek kafeinnya kali ya

      Delete
  7. Mungkin dia abis ngeronda semalem kang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wahab Saputra : Hiehiehie entah deh. Mungkin karena cape atau kelelahan, Atau bisa juga karena memang tidak ada kerjaan jadi slow aja hiehiehiehie. Makasih sudah mampir hiehiehiheiee

      Delete
  8. Kalau saya dulu suka nggak bisa nahan ngantuk kalau pas kuliah jam 7 pagi. Apalagi kalau full materi dan nggak ada praktikum. Dijamin aku ambil kursi paling belakang dan tidur. Kadang diakalin dengan minum kopi yang botolan.

    ReplyDelete
  9. kok bisa ya mas tidur dengerin musik, saya mah kebangun

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog