Jual Milagros disini
Loading...

Kenapa Orang Suka Pedas?

Catatan Asep Haryono

Selera memang tidak dapat diperdebatkan.  Ungkapan orang ini mungkin ada benarnya dans saya rasa kemungkinan benarnya jauh lebih besar daripada melesetnya,  Setiap orang mempunyai kebiasaan makan yang berbeda beda antara satu dentgan yang lainnya, Ada yang tidak suka makanannya diberi tambahan Monosodium glutamate (MSG) atau lebih dikenal dengan micin, dan masih banyak lagi perbedaan seleranya.

SAMBEL KECAP :  Pecel lele ini salah satu makanan kesukaan saya. Hanya saja sambalnya kali ini bukan sambel ulek khasnya sambel lele.  Saya suka Lele dengan sambel kecap. Selera memang tidak dapat diperdebatkani.  Foto Asep Haryono.
SAMBEL KECAP :  Pecel lele ini salah satu makanan kesukaan saya. Hanya saja sambalnya kali ini bukan sambel ulek khasnya sambel lele.  Saya suka Lele dengan sambel kecap. Selera memang tidak dapat diperdebatkani.  Foto Asep Haryono.

Bagaimana dengan cita rasa pedas?  Pedas di sini dalam gambaran kita sudah terbentang general picture (gambaran umum) berupa cabe rawit atau cabe merah yang sudah terbayang tingkat kepedasannya. 

Beberapa sahabat saya juga ada yang sangat menggemari pedas dalam setiap menu masakan atau makanan yang dilahapnya. Bahkan jika tidak tersedia sambal organik (baca sambel ulek-red), maka saos sambal pun dilahapnya. Kalau semuanya tidak tersedia minimal cabe segar yang baru dipetik dari pohon juga tidak ada masalah. Tak ada sambal, cabe segar pun jadi.   Orang pontianak bilang "cabe bulat" ini artinya cabe segar yang baru dipetik dari pohon.

Peluang Bisnis Yang M
enjanjikan
Masyarakat kita pada umumnya menggemari pedas.  Memang tidak setiap orang penyuka rasa pedas, namun secara umum masyarakat Indonesia pada kebanyakan suka pedas atau suka menggemari masakan bercita rasa cabe atau pedas.  

Peluang ini rupanya disambar oleh banyak pelaku bisnis rumah makan (kedai atau restoran) dengan menggunakan jargon "pedas" atau "cabe".  Sebut saja Rumah Makan Cabe Rawit, Rumah Makan Sambal Ulek,  Rumah makan Sambal racik, apa saja dengan mengusung tema serba cabai.  Ini cukup menarik.

Mengapa sambal bisa begitu membius selera makan orang kebanyakan.  Saya sendiri sering mengalaminya.  Sambal bisa menjadi bahan penilaian sebuah menu masakan.  Sebagai contoh mudahnya adalah Pecel Lele.  Banyak dari kita menyukai hidangan sea food yang satu ini. Pecel Lele.  

Nah rasa ikan Lele relatif sama di semua kedai Pecel Lele di seluruh Indonesia. Namun yang membedakannya adalah terletak pada cita rasa Sambal Lele nya itu.  Ada yang sambal lele nya enak sekali, ada yang biasa biasa saja atau saya menyebutnya dengan "pedas Ngepop".

Artinya sambal lele nya memang bercita rasa pedas kalau dilihat dari penampilan fisik sang sambal namun begitu dirasakan pedasnya "biasa biasa" saja. 

Bahkan ada sahabat saya yang makannya bisa dengan sambel saja. Karena menurut lidahnya sambalnay saja sudah enak. Nah kalau sudah begini selera juga yang akan bermain bukan. 
Seperti halnya kerupuk.  Banyak yang bilang kalau makan tidak ada kerupuk rasanya tidak lengkap.  Maka ada juga yang bilang kalau makan tidak ada sambal rasanya tidak seperti makan.

Selera
memang tidak dapat diperdebatkan.
Yang menjadi pertanyaan menarik yang mau saya coba cari jabawannya dalam tulisan sederhana kali ini adalah "kenapa orang suka pedas"?   (Asep Haryono)

29 comments:

  1. karna pedas itu enak dan menantang :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaaaah .... gagal dpt pertamax deh , keduluan sma neng Euis .... :(

      Delete
    2. @Euis Maharani Rachmad : Hiehei iya benar sekali,. Selain itu pedas juga mudah dibuat dan dengan bahan bahan yang relatif ada disekitar kita, pedas bisa dbuat kapan saja dan dimana saja, Terima kasih sudah mampir ya mba

      Delete
    3. @Mas Fiu S : Hahahah. Saya rasa di akhir tahun 2015 ini akan ada lagi satu orang yang akan mendapatgkan Award dari Simplyasep. Heihiehiee. Apakah mas FIu orang yang menjadi nominasinya? Katagornya "Award untuk pertamax"

      Delete
    4. hahaha .... persaan dpt pertamax di blog kg asep kn baru2 ini doank ... :D

      Delete
  2. itu smbal kecap sama ikannya bkin perut bunyi kg ...
    klo gk pedes gk seru ,,,
    seru bkin keringetan,
    seru bkin mondar-mandir wc ... ;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu S : Heihiehie iya. Rata rata orang Indonesia penyuka rasa pedas. Rasanya kalau tidak pedas gimana gitu heiheihee. Terima kasih sudah mampir ya Mas FIu, Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
    2. salam kenal juga dri kami keluarga brebes ... :)

      Delete
    3. @Fiu S :Mas Fiu dari Brebes ya? Asyeekkk kirim Telor Asin ya. Xixixixuxi

      Delete
  3. Kalau menurut analisa psikologi, karena pedas itu banyak tantangan. Ini juga mempengaruhi kalau orang Indonesia punya bakat terpendam yaitu selalu berusaha tapi hal itu hanya sebagian kecil aja. Kebanyakan menghindari risiko, tapi anehnya berani nekat tapi ada yang lain yang punya tekad hehe.

    Ya memang pak, ada peluang bisnis di bidang makanan pedas. Di Sukabumi aja banyak makanan pedas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Adam Husein : hehehe iys bener. Kalau kata orang seperti tobat Sambel. Sudah tau rasanya pedas tapi terus nambah hihuhuiihi

      Delete
  4. kalo saya soale sudah terbiasa dari bayi makan pedas jadi kalo gak pedas gak enak haha
    kalo sambel kecap model gitu paling enak sama tahu setengah mateng yg masih panas... haduhh ngecessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ayu Citraningtias : hahaha. Wah enak ya mba. Sambal bawang kecap kalau saya sih biasa dengam ikan bakar atau lele goreng. Wasww sepertinya saya harus cobain dengan tahu juga nih. Hmmm

      Delete
  5. aku sekarang udah ngak tahan makan pedes, sering mulesss hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cumilebay : wahshaha. Kalau sudah mules gitu jawabannya hanya itu obat mules alami : WC

      Delete
  6. hati2 loh. makan terlalu pedas bisa membuat lapisan lambung menjadi menipis

    ReplyDelete
  7. soalnya kalo gak pedas serasa ada yang kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Obat : Hehe ia. Tepat sekali. Rasamya kalau tdk ketemu pedas seperti hambar radanya. Hiihihihi

      Delete
  8. Rasa pedas bikin badan sehat
    Karena setelah makan sama sambal pasti berkeringat
    Dan membuat warna masakan tampak nikmat
    Karena warna merah atau hijaunyapun memikat

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anisayu Nasturik:hehe Rasa Pedas selalu nenggugah selera dimanapun kita berada. Hihihihi. Hidup pedas Pedas never dies

      Delete
  9. Saya juga suka masakan yang pedas, mas. Kalau kurang nuansa pedasnya serasa belum makan...hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @uda awak : Hehe iya saya juga demikian Uda Awak. Kalau nda ada yg pedas pedas rasanya seperti makan kolak hahahahaha

      Delete
  10. kata nya makanan pedas2 banyak mamfaat nya ya mas

    ReplyDelete
  11. Karena pedas menambah nikmat makanan itu..

    ReplyDelete
  12. Aku suka pedas... pake benget.... klo ngga keringetan mrebes grebes kayanya ada yang kurang

    ReplyDelete
  13. Mantap gan ane juga suka makan pedas pake sambel, rasa rasa nya ada yang kurang kalau makan nggak ada sambel nya :D

    ReplyDelete
  14. Nah, justru aku tidak suka pedas. Karena perut tidak mau diajaka makan pedas. Langsung terasa perih dan pedih. Hayo kenapa aku tidak suka pedas ?

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog