Jual Milagros disini
Loading...

Bukan Segelas Susu

Catatan Asep Haryono


Suatu ketika ketika saya sedang mengerjakan pekerjaan saya seperti biasanya, salah seorang staf redaksi memperhatikan segelas air berwarna putih yang ada di meja kerja saya.  Dan dia pun bertanya kepada saya apakah segelas air berwarna putih itu berupa air susu.  Maka saya jawab saja bahwa minuman berwarna putih yang ada di meja kerja saya itu bukanlah air susu melainkan segelas air tahu.  Serupa tapi tak sama.  

Nah inilah yang saya coba tuliskan topik hari ini adalah air tahu.  Sebelumnya izinkan saya bertanya terlebih dahulu kepada para pembaca blog setia saya dimana saja berada. Apakah sahabat pernah mendengar apa itu air tahu?   Bagaimana dengan air susu kedelai? Apakah keduanya juga serupa dengan bahan bahamn yang sama?.  

Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut tentu dengan mudah kita cari informasinya dengan melalukan searching di internet.  Jawabannya puluhan bahkan ratusan tersedia.  Mulai dari air tahu itu sendiri beserta varian rasanya hingga cara membuatnya.   Tulisan pendek ini tentu tidak membahas cara pembuatan air tahu melainkan sisi lain dari segelas air tahu yang menjadi salah satu minuman "wajib" saya di pagi hari.  Berikut catatannya


Sudah kebiasaan
Apakah ada kandungan gizi dalam segelas air tahu itu?  Apakah benar benar terbuat dari tahu yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia sekarang ini?.  Sekedar informasi saja bahwa Tahu adalah salah satu makanan yang sangat Indonesia. Makanan yang nyaris disukai oleh banyak orang di Indonesia salah satunya adalah keluarga saya sendiri.  Rasanya jika makan "berat" tidak disertai tahu rasanya kurang lengkap saja.   


Selain karena harganya relatif terjangkau, Tahu juga bisa diolah menjadi berbagai macam masakan.  Air tahu tidak terbuat dari tahu beneran melainkan dari kacang kedelai.  Beberapa kalangan menyebut air tahu adalah nama lain dari Susu Kedelai.   Air tahu dari cita rasanya relatif menyerupai dengan kembang Tahu. 

Banyak dari kita yang masih belum mengetahui apa itu kembang tahu.  Apakah sama dengan kembang Kol?  Di Pontianak sendiri Kuliner Kembang Tau banyak disukai.   Salah satu tulisan yang pernah saya bahas mengenai kembang tahu sudah pernah diterbitkan, bisa dibaca di sini.
aris pertama pada halaman ini digunakan sebagai patokan dalam menulis pada bab bab dan atau pada artikel sebelumnya Untuk paragraf yang pertama ini akan digunakan sebagai patokan dalam menulis blog dalam bentuk paragraf yang pertama. Jumlah kalimatnya diusahakan tidak panjang, mengikuti format penulisan dalam media cetak (surat kabar) yang pada umumnya tidak panjang kalimatnya.


MIRIP : Segelas air berwarna putih ini sekilas air susu padahal itu adalah air tahu. Walaupun rasanya seperti susu karena ada campuran susu kentalnya. Foto Asep Haryono
MIRIP : Segelas air berwarna putih ini sekilas air susu padahal itu adalah air tahu. Walaupun rasanya seperti susu karena ada campuran susu kentalnya. Foto Asep Haryono

SIBUK :  Penjual air tahu langganan saya ini terletak di kawasan PARIS atau Parit Haji Husin.  Segelas Air tahu dihargai Rp.5000 rupiah. Foto Asep Haryono
SIBUK :  Penjual air tahu langganan saya ini terletak di kawasan PARIS atau Parit Haji Husin.  Segelas Air tahu dihargai Rp.5000 rupiah. Foto Asep Haryono

PRAKTIS : Dengan gerobaknya, penjual tahu ini bisa dengan mudah menggelar dagangannya kemana mana,   Kalau ada Razia PKL ya dorong aja pindahnya cepet. Foto Asep Haryono
PRAKTIS : Dengan gerobaknya, penjual tahu ini bisa dengan mudah menggelar dagangannya kemana mana,   Kalau ada Razia PKL ya dorong aja pindahnya cepet. Foto Asep Haryono

Bahan baku dari Air Tahu ini pada umumnya adalah Kacang Kedelai.  Sedangkan cita rasanya yang nikmat yang saya rasakan setiap kali minum air tahu ini karena sudah dicampur dengan susu kental yang juga berwarna putih.  Apakah tidak boleh dicampur dengan susu kental berwarna tidak putih?  Tentu saja boleh. 

Namanya juga selera.  Selera memang tidak dapat diperdebatkan.  Cuma janggal saja, Kalau air tahu yang sudah terpatri dalam benak kita adalah segelas air berwarna putih.  Jadi apa jadinya jika air tahu berwarna coklat karena ada campuran susu coklatnya.  Tentu saja namanya tetap Air Tahu apapun warnanya nanti dalam segi penampilan
(Asep Haryono).



17 comments:

  1. wah ,,, pasti rasanya enak nih dan menyegarkan ...
    juga menyehatkan tentunya ,,,, :)

    mau donk kg asep bala ..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Fiu : Wahahah Iya mas Fiu. Air tahu ini warnanya putih. Sekilas sudah mirip banged sama segelas Air Susu hiehiehihee. Iya kah? Wahahaha. Kosa kata "bala" sudah sampai kemana mana ya Hiehiheiheiehiehiehe

      Delete
    2. maunya di beliin sama kg asep bala tadz ...hehehbe :D

      Delete
  2. ih saya kok blum pernah ya minum air tahu,....rasanya kayak apa ya ? kalau susu kedelai mah sering...wajah2nya itu kayak susu kedelai eh ternyata thu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau tau rasanya tadz ?
      bayarrr ... hehehe :P

      Delete
    2. @Kang Santri CLumut : Heiheihe iya itulah. Orang bilang sih air Tahu ya air Susu Kedelai,. Karena bahan utama air tahu adalah kacang kedelai. Kalau nda salah,. Kalau salah ya maafkan diri ini hiehiehiehiee

      @Fiu S : HIehieh bayar huaaaa/ Sudah kena virusnya mas Yanto Cungkup ni

      Delete
  3. Sayangnya disini g ada ni kasng, coba ada ya kang pasti rame banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Syaifurrahman : WOw terima kasih sudah hadir ya Heiheihiee. Iya mudah mudahan aja semakin ramai di kenal di semua wilayah Indonesia Hiehiehiehiee

      Delete
  4. Air tahu adalah susu untuk vegan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dunia Kecil Indi : Hiehieh iya mba. Benar

      Delete
  5. wah kembang tahu yah, saya malah belum pernah ngrasain kang Asep hehe...

    ReplyDelete
  6. heheh wah ajdi pengen minum bpak asep.... hehe.... gerobak emang praktis dari si swalayan waralaba hehe....

    ReplyDelete
  7. air dari sari tahu ya mas, kalau di tempat saya namanya soya, saya juga sangat suka

    ReplyDelete
  8. Ga selamanya air yang putih itu susu . Air tahu juga putih. Dibandung susu saya juga suka air tahu mas. Apalagi yang masih ada bunga tahunya itu loh yang kayak jeli putih itu. Dan masih hangat. Sedappp :)

    ReplyDelete
  9. belum pernah nyoba mas air tahunya, seperti apakah rasanya mas:)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog