Jual Milagros disini
Loading...

Bisnis Rental Komputer

Catatan Asep Haryono


Dengan semakin maraknya tugas tugas mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhirnya yakni Skripsi untuk meraih gelar Strata 1 (Sarjana), usaha pengetikan jasa atau rental komputer bak jamur di musim hujan. Nyaris ada di setiap sudut kota, di sekitar rumah kita, bertebaran usaha jasa pengetikan Skripsi, jasa pengetikan makalah atau yang lebih populer disebut dengan Bisnis Rental Komputer.    Apakah hanya jasa rental pengetikan saja?. Kalau dari namanya adalah Rental Komputer maka dalam benak kita adalah sewa menyewa Komputer dan anda mengetik sendiri.  Soal tarif itu bervariasi.

Di kota Pontianak sendiri usaha rental Komputer tempat para mahasiswa melabuhkan kerja kerasnya dalam mengetik lembar demi lembar Skripsi sudah ada di mana mana. Bagi mahasiswa yang kebetulan tidak atau belum memiliki perangkat komputer sendiri, maka mempercayakan pengetikan Makalah/Skripsinya pada rental Komputer bisa menjadi pilihan.  Agar tidak biasa pemahamannya di sini adalah sang Mahasiswa datang ke rental komputer dan dia sendiri yang mengetiknya. Bukan jasa Pembuatan Skripsi.  Walaupun usaha jasa "calo" Skripsi juga tidak bisa ditutup tutupi memang ada disekitar kita.

Sama sama Diuntungkan
Bisnis rental komputer memang memiliki prospek yang sangat bagus apalagi kalau letak usaha rental komputer tersebut berada di dekat lembaga pendidikan (sekolah)  diyakni memiliki konsumen yang tetap dan relatif akan terus meningkat seiring dengan banyaknya tugas siswa sekolah dan mahasiswa yang harus dikerjakan dengan komputer.  Ditambah posesif kepemilikan Komputer pribadi juga tidak semua orang punya sendiri.  Siswa sekolah dan para mahasiswa dua duanya diuntungkan dengan menjamurnya bisnis Rental komputer ini.  



BISNIS : Seorang staf sebuah rental komputer di Pontianak sedang melayani pelanggan setia rental komputernya. Foto hak cipta Haryadi/Pontianak Post


Peran jasa pengetikan makalah atau Skripsi juga tidak bisa dipandang remeh.  Banyaknya mahasiswa yang mempercayakan naskah Skripsi tulisannya yang tidak bisa dia tangani pengetikannya dan mempercayakan hal itu kepada jasa pengetikan komputer.  Naskah skripsi ditulis sendiri oleh sang mahasiswa, namun teknis pengetikannya diserahkan kepada jasa Pengetikan Komputer.  Bagaimana untuk memulai jasa Pengetikan atau rental komputer ini, terus terang saya sendiri belum banyak mengetahuinya.


Tarif sewa komputer untuk pengetikan naskah skripsi atau makalah harus cermat dibedakan dengan tarif Internet ala warnet.  Karena tidak tertutup kemungkinan setiap PC atau Personal Computer sudah dilengkapi dengan fasilitas sambungan internet.  Informasi lebih detailnya bagaimana tarif sewa rental komputer bisa ditanyakan sendiri di tempat rental komputer di sekitar rumah sahabat semuanya.  Bisnis rental komputer ini mempunyai prospek yang sangat cerah. Selama ada Kampus atau sekolah, bisnis rental komputer ini akan terus dibutuhkan.  Tertarik bisnis rental komputer?  (Asep Haryono)

16 comments:

  1. bisnis yg menjanjikan ...
    pasalnya ... kmputer udah jadi kbutuhn umum, dn blm smua org puny dan mmpu mengoprasikannya ... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu S : Heiheiheie Pertamax jkembali direnggut dengan gegap gempita oleh Fiu Hiehieiehiehiehiee

      Delete
    2. horeeee ... dpt pertamax .... :)

      Delete
  2. Replies
    1. @Gondok : Alhamdulillah. Iya sama sama

      Delete
  3. disini bisnis rental komputer kurang popoluer setelah banyak smartphone dan laptop

    ReplyDelete
  4. Harus dapat lokasi yg pas ya. Fotocopy klo cuma sedikit sudah bisa pake printer rumah.

    ReplyDelete
  5. biasanya ini bisnis yang menguntungkan di sekitar kampus atau sekolahan ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bunda Kanaya : Iya bun. Bisnis ini sangat laku keras jika berada di kawasan pendidikan seperti kampus dan sekolah. Benar sekali bunda

      Delete
  6. Ditempat saya belum ada nih yang begituan. Yang ada hanya jasa pengetikan saja.
    Sepertinya bisnis seperti itu juga bagus...

    Info yg menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ian Konjo : Iya bisnis pengetikan juga memberikan keuntungan yang tidak sedikit jika ditekuni dengan baik heiheiheie. Terima Kasih

      Delete
  7. Duluu...bisnis ini rame sekali. Apalagi 14 tahun lalu saat saya skripsi. Tapi sepertinya saat ini tidak seramai dulu ya. Soalnya masing-masing mahasiswa sudah punya laptop dan komputer sendiri sekarang. Tidak seperti jaman dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nunung Yuni : Iya saat boomingnya mungkin sudah lewat. Namun jasa ini masih banyak yang membutuhkannya. Hiehiehie. Terima kasih sudah hadir hari ini. Salam kami sekeluarga di Pontianak

      Delete
    2. Bener tuh, kyknya kalo sekarang ramenya sih jasa printingnya yah..

      Delete
  8. Kalau disini mungkin terkenal dengan istilah warnet. Tapi orang lebih banyak yang main game dan facebook daripada yang mengetik tugas sekolah. apalagi skripsi sepi.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog