Jual Milagros disini
Loading...

Betapa Susahnya Bangun Blog Travel

Catatan Asep Haryono


kalau dilihat dari judul artikel sederhana saya kali ini terasa pongah dengan menyebut diri sendiri sebagai blog travel.  Dengan kuantitas dan kualitas traveling saya yang baru kemarin sore namun sudah berani menyebut diri sendiri demikian. Rasanya malu juga.  Seperti tidak bercermin saja saya ini rasanya. Tidak apa saya mengkritisi diri sendiri.   Sungguh jauh saya ini dari senior lainnya yang sudah jelas traveler sejati seperti Mamie Funky , Mba Siti Rasuna Wibawa (Una) , Mas Goig , mba Mila dan masih banyak lagi.

Tapi tidak apa. Setidaknya ada usaha karah saya.  Membangun blog dengan niche fokus pada tourism atau kepariwisataan memang menjadi salah satu idaman saya selama ini.  Artikel dan materinya fokus ke satu bidang.  Namun entah kenapa konten gado gado alias apa saja yang saya ketahui juga di "campur" kan dalam blog ini. 

Namanya juga kalau ada ide mendadak melintas di kepala, bahannya ada, foto juga tersedia mengapa tidak.  Asyiknya kalau menulis apa yang kita suka dan kita ketahui tentangnya terasa bahagia lagi.  Lebih bahagia lagi jika tulisan kita itu ternyata memberikan inspirasi bagi orang lain. Berguna dan bermanfaat bagi orang lain adalah kebahagiaan yang tidak terkira dari seorang penulis blog.  Untuk yang terakhir ini saya rasa banyak yang setuju.


Bahan Masih Kurang
Blog travel simplyasep ini memang pada awalnya punya tujuan yang "bala".  Ini kosa kata Bahasa Pontianak (Kalimantan Barat) yang artinya "hebat".   Jadi kalau ada orang bilang kepada saya "Eh kang Asep sepatu barunya bala e".   Artinya sepatu yang saya punya itu bagus dan hebat.   Nah blog ini awalnya punay tujuan "indah" seperti itu.  Namun seiring perjalanan waktu ternyata konten konten yang disiapkan di dalamnya malah membuat burden (beban) tersendiri buat saya.


Saya merasa terkekang dan tidak bebas lagi menuangkan ide untuk menulis. Semuanya harus "berbau" Pariwisata kota Pontianak pada khususnya, dan tourism world (dunia pariwisata) pada umumnya.   Namun perlu dicatat di sini bahwa sudah banyak website Pariwisata kota Pontianak yang sudah terlahir sejak lama dan bagus bagus baik arsitektur bangunan websitenya, kontennya yang bervariasi didukung dengan koleksi foto foto wisata kota Pontianak yang indah bagus dan bermandikan cahaya.  Saya jauh dari itu semua.


WISATA : Tugu Digulis yang berada di jantung kota Pontianak.  Salah satu aset wisata kota Pontianak yang mudah ditemui.  Foto Asep Haryono
WISATA : Tugu Digulis yang berada di jantung kota Pontianak.  Salah satu aset wisata kota Pontianak yang mudah ditemui.  Foto Asep Haryono


Ini sekedar gambarannya saja.  Betapa susahnya bangun blog travel itu yang saya rasakan sekarang ini. Paragraf selanjutnya. Saya merasa terkekang dan tidak bebas lagi menuangkan ide untuk menulis. Semuanya harus "berbau" Pariwisata kota Pontianak pada khususnya, dan tourism world (dunia pariwisata) pada umumnya.  

Namun perlu dicatat di sini bahwa sudah banyak website Pariwisata kota Pontianak yang sudah terlahir sejak lama dan bagus bagus baik arsitektur bangunan websitenya, kontennya yang bervariasi didukung dengan koleksi foto foto wisata kota Pontianak yang indah bagus dan bermandikan cahaya. 

Saya jauh dari itu semua
Ini sekedar gambarannya saja.  Betapa susahnya bangun blog travel itu yang saya rasakan sekarang ini. Namun yang bolej saya banggakan di sini adalah pemaparan, konten dan artikelnya adalah hasil studi lapangan sendiri.  Hasil investigasi sendiri. Hasil jepretan foto sendiri walaupun kadang juga ada juga image (foto) yang "terpaksa" saya ambil dari sumber lain. 

Namun Insya Allah sumber aseli gambar itu diambil tetap disebutkan sebagai penghargaan atas hak cipta.   Saya yang pernah di bully habis habisan di sosial media beberapa tahun yang lalu karena saya tidak sengaja mematenkan sebuah karya orang sebagai karya sendiri. Saya pernah dituduh plagiator Pengalaman yang menyakitkan itu semoga tidak terulang lagi.  Orang belajar dari kesalahan.   Saya belajar dari kesalahan itu


Iklan Milagros Pontianak. Info lengkap Milagros Pontianak ada di siniSalah satu kendala utama dari blog travel simplyasep ini adalah kurangnya waktu untuk melakukan media coverage atau liputan media secara langsung di lapangan.

Melakukan wawancara langsung kepada nara sumber sesuai dengan kaidah pemberitaan standar yang meliputi 5 W 1 H (Where, When, Who, Which , What dan How).  

Namanya juga berbagi.  Seorang blogger itu sudah seperti wartawan. Namun bukan wartawan dalam arti yang sesungguhnya, melainkan Citizen Journalism (Jurnalisme warga).  Tidak ada ketentuan samoai kapan blog travel simplyasep yang memfokuskan pada wisata dan kepariwisataan kota Pontianak ini akan lengkap seluruhnya.  Sedikit demi sedikit saja.  
(Asep Haryono).

14 comments:

  1. kg asep tetap hebat kok ...
    hebat dalam proses nya yg sangat super ,,,
    pokok nya teh kg asep bala ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener nih..kang asep mah bala... :D

      Delete
    2. blognya kang asep bala e

      Delete
    3. dua2nya bala dah .l,,,

      Delete
    4. pada ngomong apaan sih ni ?

      Delete
  2. Ayo semangat ... pasti bisa :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lanjutkan, Pak Asep.
      Dengan meniatkan blog Pak Asep sebagai blog niche khusus travelling daerah Pontianak dan Kalimantan Barat, Pak Asep punya modal untuk membuat konten marketing yang bermanfaat bagi biro-biro perjalanan yang ingin merekrut rombongan turis ke sana. Potensi profit untuk perusahaannya nanti besar lho, Pak. Dan potensi untuk Pak Asep sebagai blogger-nya sendiri juga ikut besar.

      Delete
  3. memang kadang susah kalau temanya sangat spesifik bang asep.beda kalau temanya gado2 seperti blog saya...hehe...tpi doa saya semoga sukses selalu dengan blognya ...aaamiin semangaaaat :)

    ReplyDelete
  4. Jangan menyerah mas , banyak jalan menuju roma kok, tak doa in dari sini mas moga2 blog trevel nya makin maju dan sukses

    ReplyDelete
  5. membangun bertahap akan kuat, bala e kang asep :)

    ReplyDelete
  6. apalagi buat saya yang gak pernah traveling ke mana-mana kang bakalan tambah susah, tetap semangat deh...

    ReplyDelete
  7. Mulai berusaha lebih giat lagi, pak :-)

    ReplyDelete
  8. saya gak pernah nulis pake rumus ini Pak > 5 W 1 H , biarkan mengalir aja hihihi

    ReplyDelete
  9. kalo menurut saya susahnya kalo harus mengambil ke lapangan secara langsung liputannya..
    tapi mas Asep bagus banget kok..

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog