Jual Milagros disini
Loading...

Laundry : Bukan Sekedar Mencuci

Catatan Asep Haryono


Dahulu waktu saya masih aktif di Kanguru Indonesia sering melakukan kunjungan kerja (dinas) di Denpasar Bali, dan tentu saja menginap di hotel hotel di kota tersebut.  Biasanya sih kalau sudah kunjungan kerja seperti itu bisa 3-4 hari di Denpasar.  Untuk urusan bawa packing baju dan kemeja untuk keperluan selama di Bali sudah disiapkan dengan baik. termasuk perangkat daleman tentunya. Hiehiehiee.  Lalu bagaimana dengan baju atau pakaian yang kotor saat traveling? Nyuci sendiri?  Kalau sempat ya di laundry aja

Usaha jasa pencucian baju, kemeja atau busana yang biasa dikenal dengan Jasa Laundry sudah lama menjadi booming di berbagai kota di Indonesia. Pangsa pasar atau pemakat Jasa Laundry ini beragam mulai dari anak sekolah, pegawai hingga ibu rumah tangga.  Di bidang perhotelan dan usaha bisnis Wisata penginapan, identik dengan fasilitas Laundry dengan tarif yang beraneka ragam.  Praktis dan sudah pasti akan wangi.  Semua senang.

Saya sendiri kurang begitu paham dengan Usaha Laundry seperti ini. Namun sebagai pemakai jasa Laundry yang rutin setiap minggunya tentu ada beberapa catatan yang saya ingin coba bagikan dalam kesempatan yang mulia pada hari ini.  Yaela bahasanya sudah seperti khatib menyampaikan ceramah Jumat aja. Hiehiehe.  Kebetulan artikel ini dipublish pada hari Jumat tanggal 2 Oktober 2015,  Hari Batik Nasional. 

Jika Terpaksa saja
Untuk urusan cuci mencuci di rumah sebenarnya sudah tidak ada masalah. Walau saat ini di rumah saya belum tersedia washing machine alias mesin cuci, mencuci dengan alat sederhana di rumah untuk saat ini masih dianggap lebih dari cukup.  Mungkin kelak saya akan menggunakan Mesin Cuci karena kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkannya.  Namun untuk saat ini biarlah mencuci dengan tangan saja.  Asal ada sabun deterjen dan air yang bersih melimpah, didukung dengan cuaca yang cerah, mencuci adalah hal yang sangat menyenangkan.


Minimal 1 kali dalam seminggu saya pakai jasa Laundry.  Ini adalah foto dari Laundry yang sudah saya terima. Dikasih plastik seperti kue.   Foto Asep Haryono
Minimal 1 kali dalam seminggu saya pakai jasa Laundry.  Ini adalah foto dari Laundry yang sudah saya terima. Dikasih plastik seperti kue.   Foto Asep Haryono

Namun kadang PDAM di rumah macet berhari hari.  Jangankan untuk mencuci pakaian kotor untuk mandi sehari hari saja sulit.   Masak sih harus mandi dengan Air Galon? walaupun beberapa kali saya sering melakukannya (mandi dengan air galon) yang kalau dihitung secara ekonomis tentu akan banyak menyedot sumber dana.  Nah bagaimana caranya menyiasatinya kalau air PDAM macet saat cucian kotor menumpuk?.   Ada banyak cara mengatasinya. Salah satunya dengan memakai Jasa Laundry.

Namun kadang saat saya menerima hasil Laundry ini tidak semua bagian yang kotor tertangani dengan baik.  Baju dan Kemeja memang sudah wangi, namun jika diteliti dengan seksama biasanya ada satu atau dua bahkan lebih dari Baju atau kemeja itu yang masih tampak noda yang tidak sepenuhnya hilang.  Kalau sudah begini apa harus protes kepada jasa Laundry itu? Ataukah harus pindah ke jasa Laundry yang lain?

Berapa harga Laundry nya?  Kalau di kota Pontianak sendiri Usaha Jasa Laundry ini nyaris ada di mana mana.  Mulai dari skala kecil alias Laundry rumahan hingga Laundry untuk antar instansi atau perusahaan.   Harga Laundry perkiloan di bandrol dengan harga antara Rp.6.500 hingga Rp.8.000,-  bisa selesai dalam 2 atau 3 hari.  Bukan hanya baju dan kemeja saya, bahkan sprei, selimut, Badcover, Boneka, Jas, dan Gorden bisa dilaundry atau dicuci. Kalau uang bisa dicuci nda ya?  Kalau bisa namanya Pencucian Uang donk.  (Asep Haryono).

16 comments:

  1. Terjangkau jg harganya....mas

    ReplyDelete
  2. sampe sekarang saya belum pernah nggunain jasa laundry nih kang.
    cukup dicuci dirumah sendiri

    ReplyDelete
  3. namanya juga mesin,pasti nggak bisa bersih semua kang,kudu nyiapin lap :D

    ReplyDelete
  4. mahal amat jasa laundry di pontianak kang,amat aja nggak mahal loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. didaerah sini cuman 3-4 ribu

      Delete
    2. yg murah aja belum pernah nggunain apalagi yg mahal.
      gimana coba?

      Delete
  5. kalau ke bali pake acara plorotin clana nggak kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh bahaya nih kalo di plorotin begini

      Delete
  6. usaha laundry memang semakin menjamur ya... sekarang saya juga memakai jasa laundry ini :)

    ReplyDelete
  7. belum pernah pakai jasa laundry
    suka nyuci sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mas eh beda deh saya istri yang nyucikan :D

      Delete
  8. pakai jasa laundry cuman kalau nyuci selimut atau karpet

    ReplyDelete
  9. lumayan juga ya mas mahal harganya.
    sampai saat ini mungkin saya masih betah di rumah aja nyucinya ada nyucikan coba kalo ga ada

    ReplyDelete
  10. Wah industri laundry di daaerah rumah saya seperti minimarket, per 100 meter ada usaha ginian

    ReplyDelete
  11. wah, laundrynya bnr2 apik ya mas Asep? pake diplastikin... :D
    mantep bgt tuh...

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog