Jual Milagros disini
Loading...

Kembang Tahu

Catatan Asep Haryono


Sebagian dari kita mungkin familiar dengan sajian kuliner yang cukup menggoda ini siapa lagi kalau bukan si lembut manis Kembang Tahu. Sebenarnya saya sendiri agak ragu menyebut jenis cemilan ini dengan nama itu.  Benarkah ini namanya kembang tahu.  Sebab cemilan yang satu ini sudah saya rasakan bahkan saat masih duduk dibangku SD di era taon 75 an dahulu.  Jadul beuuudd.

Dahulu sekali saat masih tinggal di DKI Jakarta (tepatnya di daerah Pademangan Jakarta Utara-red) saat masih duduk di bangku Sekolah Dasar, saya sudah icip icip Kembang Tahu ini. Penjualnya sering lewat di depan rumah dengan pikulan.  Dan yang unik adalah bunyi bell atau kentungannya mirip suara gong namun bunyinya "teng".   Mungkin saya masih agak bingung antara Kembang Tahu dengan Susu Kedelai.

Susu Kedelai sendiri juga (dahulu) di era saya masih duduk di bangku SD juga banyak dijual secara eceran.  Beda dengan Penjual Kembang Tahu yang rata rata di pikul, para penjual Air Susu Kedelai banyak dominan menggunakan gerobak.  Namun ada juga yang menggunakan pikulan.   Bisa banyak moda yang mereka gunakan.  Di Pontianak sendiri cemilan Kembang Tahu cukup banyak dan mudah di jumpai.

Semangkuk Air Tahu nan menggoda ini harganya hanya 4 ribu rupiah.  Foto Asep Haryono
Semangkuk Air Tahu nan menggoda ini harganya hanya 4 ribu rupiah.  Foto Asep Haryono
Penjual Air Tahu sedang sibuk melayani pelanggan setianya. Foto Asep Haryono
Penjual Air Tahu sedang sibuk melayani pelanggan setianya. Foto Asep Haryono

Saat saya icip icip semangkuk Kembang Tahu ini harganya Rp.4.000,- (Empat Ribu Rupiah), Secara kebetulan di depan Graha Pena ada beberapa penjual Air Susu Kedelai dan Kembang Tahu.   Susu Kedelai biasanya murni berbentuk air saja,  Sedangkan kembang Tahu berbentuk cairan dan juga ada "isi" nya ya kembang tahu itu sendiri.   Nah saya sendiri jadi semakin bingung heiheiheie.   Sering kali saya beli Kembang Tahu ini namun hanya "air" nya saja dan bukan dengan "isi" nya sang Kembang Tahu.

Kuliner yang satu ini juga pernah diulas saat syuting Kuliner dengan bintang tamu Mas Bondan "Maknyus" Winarno.   Beliau pernah icip icip sajian kuliner Kembang Tahu ini dengan lokasinya di sekitar jalan Gajah Mada Pontianak.    Nah sahabat blogger semuanya, ada yang bisa membedakan antara Susu Kedelai dan Kembang Tahu?  Saya sendiri masih belum jelas.    Berbagi pengalaman ya.    HIhihihie(Asep Haryono).

26 comments:

  1. kg asep mau donk di beliin kembang tahunya ,,,,hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Fiu S : Hahahahah akhirnya mas Fiu kembali merebut PERTAMAX nya seperti biasanya heihieiehiheie. Terima kasih kunjungannya mas Afghan eh mas Fiu ini. Insya Allah saya akan segera kunjungan Balik

      Delete
  2. Aku malah belum pernah makan, pak :-(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nasirullah Sitam : O really

      Delete
  3. Saya malah belum pernah coba, pak. Di atasnya itu dikasih taburan apa, pak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ila Rizky : Di atasnya taburan Gula jawa. Bubuk gitu deh mbakyu

      Delete
  4. kembang tahu gizinya sangat bagus ya mas asep, daripada kembang desa.. tapi jika disuruh milih, pilih mana hayoh..! hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Santika Fadiah : Hahahahhahaa

      Delete
  5. Udah lama banget ngak makan kembang tahu, sejak pindah ketempat yg sekarang, jarang ada yg lewat jual kembang tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cumilebay MazToro : Oh ya kah> waaaaaaaa tossssssssss

      Delete
  6. saya baru tau kalo ada makanan yang namanya kembang tahu, biasanya saya makan kembang api mas, gimana dong??hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hendri Hendriyana : Hiehiheihee aya aya wae iehiheie. Iya sih namanya juga kembang Api eh kembanh tahu heiheihieee

      Delete
  7. ngiler -___-
    mau dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Obat Maag : Hiehiehiehie ternyata Obat Maag juga ngiler untuk icip icip Kembang Tahu ya. Hiehiehiehie Kalau kembang Desa suka juga nda Hiehiheiheiheiheihieehieiheihiehiehieee

      Delete
  8. aku belum pernah makan kembang tahu kang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwi Puspita : Heihiehie iya kah mbakyu. Mungkin di Beberapa daerah belum terkenal kali ya Hiheiheihiee. Cemilan khas jajanan pasar sih hiehiheiheiheihiehheiheihieiee

      Delete
  9. Kembang tahu
    Aku rasakan seperti rindu
    Tak menikmati seminggu
    Rasanya sudah sewindu

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anisayu Nastutik : Hiehiehiee mba ku yang satu ini memang jempol kalau urusan mengarang Puisi dengan kata kata yang indah penuh makna. Hiehiehie terima kasih sudah mampir di mari ya mba. Insya ALlah saya akan berkunjung balik secepatnya

      Delete
  10. enak tuh, baru tahu ada makanan seperti itu. asalnya sih biasa saja, namun di advance jadi lebih keren dan ok

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Eka Cahya Gumilar : Sebenarnya sudah lama ada sih. Jaman jaman saya masih duduk di bangku SD sudah ada penganan seperti ini. Apalagi air Susu Kedelai wah sudah lama sekali hiehiheiheie. Makasih sudah mampir ya

      Delete
  11. Di tempat saya tidak ada dijumpai kuliner kembang tahu ini, mas. Hm, jadi pengin mencoba mencicipinya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awak : Iya kah? Jadi kembang tahu nda ada di daerah Padang dan sekitarnya ya. Hmmmmmmmm. Menarik juga ya

      Delete
  12. saya juga kalau sedang di jakarta suka sekali dengan kembang yang satu ini kang... kembang tahu itu enak ... bangeddd

    ReplyDelete
  13. kembang tahu yg dipakein sirup gula merah dgn wangi jahe kn kang asep?emang enak dimkn anget2 pas dicuaca apapun,suka beli wkt kmrn tinggal dijakarta n tangerang selatan,tpi disukabumi kaya'y sy blm prnh liat org jualan kembang tahu

    ReplyDelete
  14. kok saya belum pernah nemuin penjual kembang tahu ya? huhu

    ReplyDelete
  15. kembang tahunya pontianak punya ciri khas yang berbeda, kembang tahunya bener-bener lembut. Rasanya berbeda dan lebih gurih. apalagi ada tambahan gula semut

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog