Jual Milagros disini
Loading...

Bayar Tagihan Listrik Tepat Waktu

Catatan Asep Haryono


Adalah hal yang umum atau bahan wajar jika sudah menikmati fasilitas yang sudah diberikan negara maka masyarakat wajib memenuhi kewajibannya, misalnya Pajak Kendaraan Bermotor dan lain sebagainya. 

Termasuk fasiltas negara yang disediakan oleh negara adalah sambungan listrik atau pasokan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN).   Dalam bahasa Inggrisnya The State Electricity Company.  Nah masyarakat yang sudah menikmati fasilitas Listrik dari Negara sudah seharusnya melaksanakan kewajibannya membayar tagihan listrik tepat pada waktunya.

DRIVE THRU :  Loket ini disediakan untuk pembayaran tagihan listrik di depan Gedung PLN di Jalan Ahmad Yani Pontianak.  Loket ummnya ada disetiap loket PLN di seluruh Indonesia.  Foto Indonesia
DRIVE THRU :  Loket ini disediakan untuk pembayaran tagihan listrik di depan Gedung PLN di Jalan Ahmad Yani Pontianak.  Loket ummnya ada disetiap loket PLN di seluruh Indonesia.  Foto Indonesia

SEPI :  Jika membayar tagihan listrik PLN lebih awal biasanya sepi lancar tidak ada antrian panjang.  Nah bayarlah tepat waktu agar lancar tidak antre.  Foto Indonesia
SEPI :  Jika membayar tagihan listrik PLN lebih awal biasanya sepi lancar tidak ada antrian panjang.  Nah bayarlah tepat waktu agar lancar tidak antre.  Foto Indonesia

Mengapa harus membayar tepat waktu?   Salah satu alasannya adalah untuk menghindari pemutusan listrik sementara oleh pihak PLN.   Apa ada sahabat blogger yang saya cintai ini pernah merasakan rumahnya gelap gulita karena sambungan listriknya diputus oleh PLN?  Saya sendiri pernah mengalaminya beberapa kali.  Wah kalau begitu saya sering telat membayar tagihan listrik PLN donk? Ya tentu saja, dan rasanya sungguh tidak menyenangkan.


Bagaimana cara mengetahui tagihan listrik PLN?
  1. Yakni dengan memperhatikan jatuh tempo pembayaran listrik setiap bulannya yakni setiap tanggal 20.  Mohon saya dikoreksi jika salah.   Nah jika tagihan listrik dibayar tepat waktunya maka otomatis tidak akan kena biaya denda.  Jika sampai lebih dari satu bulan menunggak pembayaran Listrik PLN maka siap siap saja sambungan listrik dirumah sahabat akan diputus sementara.   Jika dalam jangka waktu tertentu tunggakan itu juga belum lunas , maka sambungan listrik bisa diputus permanen.
  2. Cara yang kedua dengan menelpon 123.  Dalam nomor 123 ini setiap pelanggan PLN akan mendapatkan pemberitahuan besarnya tagihan yangh harus dibayar dibulan yang terbaru.   Caranya mudah sekali.  Tekan angka 123 maka anda akan terhubung ke layanan PLN.  Nanti anda akan diminta memasukkan kode Pelanggan (ID) dan sistim akan mengabarkan kepada anda besarnya tagihan yang harus dibayar bulan yang terakhir.
  3. Mendaftar sebagai member (anggota) di situs resmi PLN, dan setiap kali keanggotaannya berhasil diaktivasi, maka tagihan Listrik yang terbaru akan langsungh terkirim ke email pelanggan yang sudah didaftarkan.  Jadi praktis sekali bukan.  Informasi besarnya tagihan listrik yang harus dibayar di bulan terbaru langsung terkirim di email pelanggan

Tanggung Jawab PLN
Nah jika masyarakat sudah memenuhi kewajibannya dalam membayar tagihan listrik PLN tepat waktu, kini PLN harus tetap memberikan jaminan pelayanan (service) yang baik kepada para pelanggan yang sudah memenuhi kewajibannya membayar tagihan listrik PLN tepat waktu.  Berbagai keluhan masyarakat terhadap kinerja PLN harus disikapi dengan bijaksana. Tidak sering padam tanpa pemberitahuan sebelumnya (istilahnya Byar Pet-red).  


Sosialisasi pemadaman Listrik juga harus lebih sering dilakukan jika harus melaksanakan pemadaman bergilir dari wilayah satu ke wilayah lainnya.  Sejauh ini PLN memang kerap menyampaikan informasi rencana peamdaman bergilir atau Pemadaman Listrik melalui media massa dan media sosial, namun hal itu dirasa belum cukup.  Masyarakat juga diminta kerjas samanya juga untuk menjaga instalasi atau peralatan Listrik PLN dengan baik.

Tidak membuat cantelan listrik bertumpuk karena berpotensi menimbulkan konsleting listrik dan berpotensi mengundang bahaya kebakaran.  Tidak bermain layangan dengan menggunakan tali kawat dan masih banyak lagi lainnya perilaku dari masyarakat yang perlu diperhatikan.  Tidak sekedar membayar listrik tepat waktu saja.    Barangkali ini saja dahulu yang dapat saya sampaikan pada kesempatan yang berharga ini.  Bayar tagihan listrik PLN tepat waktu.  (Asep Haryono).

26 comments:

  1. Sekarang pln kejam masak baru telat habis tanggal saja yang di serahkan surat pemutusan walaupun tidak langsung di putus selama langsung membayarnya di loket loket pembayaran pln. Padahal dahulu terlebihdahulu di beri surat peringatan, kalu nunggak tiga bulan baru di putus. Makanya saya pilih migrasi saja pada listrik prabayar, jadi terhindar dari pemutusan walaupun lebih repot dikit jadinya, beli pulsa harus memasukkan token segala.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Listrik saya masih yang jadul Mas Mus, yang pakai kilometer. soale saya mah tinggale di kampung,, belum pakai token listrik.

      Delete
    2. @Mus Jono :Saya sepakat sekali

      @Saud Karrysta : Hiheheie iya sama aja. Token sama Voucher sama sama baik

      Delete
    3. sama seperti saya Pak Saud, saya juga masih pake meteran listrik di rumah, tapi yg terbaru sih, ada setaun ini diganti sama PLN nya

      Delete
    4. lalu listrik punya saya pake apa dong?

      Delete
  2. memenuhi tanggung jawab antara petugas PLN dan masyarakat akan mlahirkan ketentraman bersama

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naaah itu point nya ya Mas Eka....?

      Delete
    2. @Eka Cahya Gumilar :Iya bener sekali. Masyarakat selaku konsumen dan PLN selaku selaku produsen harus saling membantu

      @Saud Karrysta :Hahhaha kalau sudah sebut "poin" ingatan saya langsung kepada sosok ayah teladan Bang Zach Flazz

      Delete
    3. saya kenal sama mas zach nggak ya?

      Delete
  3. Gara gara lebaran kemarin saya mudik jadi deh kelewat saya bayar tagihan listrik Pak. Saya setuju sekali Pak. kalau bayar tagihan listrik tepat pada waktunya.. lanjutkan Pak Asep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Saud Karrysta : Hheiheiheihe iya bener kan. Lagian kalau ditunda bayarnya nanti kalau sudah jatuh tempo bi;a berat bayarnya. Makanya cicil saja. Bayar tiap bulan. Biar tagihannya nda numpuk

      Delete
    2. beda kalau numpuk uang pasti seneng2 ajah

      Delete
  4. Kebetulan saya pemegang uang listrik di lingkungan RT. Telat bayar maksimal tanggal 4. Lebih dari itu ya saya samperin rumahnya. Hahahahahakkkkk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mimi Affandi : Hehiehheihehe masa sih? didatangi satu persatu keder jjuga ya. Apalagi kalau yang nunggaklnya lebih dari satu orang dan tiap orang rumahnya berjauhan. Waaa tekor juga bandar Hhieiheiheiheihiee

      Delete
  5. Kalau saya Alhamdulillah gak pernah telat Pak, klo telat takut kena denda hehehe...
    Dan karena saya bayarnya di tempat Loket pembayaran listrik punya teman, jadi kadang saya blm bayar juga sudah di bayarkan, jadi tinggal mengganti uang nya saja.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Eka Ikhsanudin : Wah beda dengan saya ya. Sepanjang "karir" saya berlangganan listrik dengan PLN ini tidak kurang sudah lebih dari 3 kali listrik di rumah saya di putus sementara. Ini akibat tidak disiplin karena sering menunda nunda bayar listrik Heihiehiehiehiehiee. Wah enak juga ya ditalangin gitu. Hiehiehiehiheee

      Delete
    2. coba gunakan jurus kodok biar nggak kena denda

      Delete
  6. Klo dikampungku biasanya kolektif kang, ada orang yg jual jasa menyetorkan tagihan listrik.. Tapi yg pke pulsa tinggal byr di swalayan yg memerima jasa byr listrik aja. Jadi gak usah antri

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hanibi Abna : Nah itu juga ide yang bagus,. Beberapa warga atau komplek tertentu sering mengadakan pembayaran secara kolektif. Tidak hanya listrik saja tetapi juga bayar tagihan telkomsel atau lainnya

      Delete
    2. tapi saya nyari2 listrik yg gratis koq nggak ada sih kang?
      gimana coba?

      Delete
  7. aku pake token jadi mau nggak mau..sebelum waktunya harus isi biar bisa menikmati listrik kang hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang listrik bisa dinikmati ya?
      nggak nyetrum gitu?

      Delete
    2. ditempatku listrik juga bisa dinikmati sam, nggak nyetrum :)

      Delete
  8. membayar listrik merupakan salah satu kewajiban kita sendiri dan salah satu pembuktian menjadi warga negara yang baik yakang.
    maka sudah sepantasnya bila kita mesti bayar tepat waktu, sekali tempo telat dikit nggak papa deh :D

    ReplyDelete
  9. saya biasa pake token kang, jadi nggak pernah ke pln langsung :)
    tipsnya berguna bagi yang masih konvensional bayar listrik

    ReplyDelete
  10. Insyaallah diusahakan tepat waktu, mas. Mungkin hal ini akan memperlancar operasional rutin PLN...

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog