Jual Milagros disini
Loading...

Pengalaman Pertama Dapat Guest Post

Catatan Asep Haryono

Liburan di kota Jogjakarta tanggal 17 - 19 Februari 2015 kemarin selain memberikan penhalaman yang baru berlibur bersama istri tercinta di kota kelahirannya, juga bisa belanja belanji dan tentu saja menikmati Kuliner khas yang ada di kawasan Wisata Malioboro dan sekitarnya.   Saat itu kami menginap di Penginapan Murah Meriah yang ada di Kawasan Jalan Sosrowidjayan.

Di tengah liburan tersebut, saya tetap Ngeblog dan memantau perkembangan informasi baik melalui Android yang memang mobile kemana saja saya pergi selama liburan di kota tersebut , juga dengan perangkat Laptop yang sudah saya persiapkan sejak keberangkatan dari kota Pontianak.  Untuk akses Internetnya tentu saja saya menggunakan fasilitas Hotspot dan atau WIFI yang memang disediakan gratis bagi tamu tamu yang menginap..

Namun tiba tiba di suatu sore, saat saya santai menikmati kuliner di kawasan Malioboro  saya iseng iseng mencek inbox email saya dan mendapati satu email yang datang dari orang yang tidak saya kenal sama sekali, dan dia mengaku mewaklili sebuah perusahaan Advertising (Iklan) yang ada di kota Jakarta.   Isi emailnya pada intinya menawarkan kerja sama guest post pada blog kesayangan saya ini.    Maksudnya apa itu Tawaran Guest Post?   Penasaran ya. 

Laptop pribadi milik Asep Haryono
Pengalaman Pertama Dapat Guest Post saya peroleh dari Laptop mini kesayangan saya ini yang Insya Allah akann selalu dibawa kemana mana.  Foto Asep Haryono

Untuk definisi batasan, cakupan dan syarat sebuah kerja sama Guest Post silahkan para sahabat blogger untuk searching di google.  Namun dalam kesempatan ini saya memberikan penafsiran sendiri bahwa Guest Post yang saya maksudkan di isni adalah Kerja Sama pemuatan sebuah artikel yang memang sudah disiapkan oleh pihak pemasang Iklan atau advertiser,    Naskah sudah ada jadi cuma numpang "dipajang" di blog kita.   Gitu kira kira pemahaman sederhananya.

Nah mas mas yang mengaku dari perusahaan Advertising ini mengatakan dalam emailnya bahwa alamat Blog saya , www.simplyase.com , diperoleh saat dia mengetikan kata kunci (keyword) tertentu hingga dia mendapatkan alamat blog ini.   Selanjutnya dia menawarkan kerja sama agar artikel dia yang bertema Travel itu ternyata cocok dengan tema blog saya yang juga mengangkat tema Travel atau Laporan perjalanan Wisata.    Lalu apa manfaatnya buat saya dari tawaran guest post ini?

Dalam emailnya juga dia memberi tahukan kepada saya score DA (domain Authority), PA (Page Authority) dan juga informasi Page Rank blog saya.   Dari stattistik yang dia berikan terhadap "kinerja" Blog saya dia menawarkan harga Rp.400.000,- (Empat Ratus Ribu Rupiah) atas artikel 300 kata yang dia punya untuk minta "dipajang" di blog kesayanggan saya.    Apa ada syarat lainnya dari dia?   ada.   Simak di bawah ini :
  1. Naskah dari dia sudah jadi.  Saya diminta edit sendiri dengan menggunakan Bahasa yang biasa saya gunakan dalam blog saya.   Jadi naskah dari advertiser yang memang sudah jadi, hanya diedit sedikit disesuaikan dengan gaya bahasa saya sendiri di blog.   Wow mudah kok.
  2. Naskah GuestPost yang sudah saya edit sesuai dengan Gaya Bahasa saya sendiri,  ditambah tautan ke halamana mana saja di dalam blog saya (Internal link) maksimal ada 2 (dua) buah.  Wah syarat ini juga mudah.
  3. Waktu Pemgerjaan maksimal 3 (Tiga) hari kerja.
  4. JIka sudah dipublish di halaman Blog saya, saya diminta mengirimkan tautan atau URL landing page tulisan saya tadi ke email sang pemberi GuestPost
  5. Setelah Naskah dicek oleh sang advertiser, maka Honor akan ditransfer ke Rekening saya minimal 1 jam setelah artikel tersebut dibaca secara online oleh advertiser.

Jika saya setuju tawaran ini saya diminta membalas email dia.  Mas mas dari advertiser itu juga minta Nomor Rekening Bank saya.  Ahaa ada apa ini pake Nomor Rekening saya segala.  Mata saya sudah ijo berpenda pendar membayangkan duit.  Telinga saya lebar,  

Ahaa tentu saja saya langsung katakan "yes" alias saya terima tawaran itu.    Saya pun membalas email mas mas dari Advertiser di Jakarta itu dan menyatakan setuju dengan tawarannya sekaligus mencantumkan Nomor Rekening Bank saya.  Ahaay.  Lalu apa yang terjadi selanjutnya? 


Data statistik blog saya berdasarkan situs SEOWEATHER dot kom yang saya cek beberapa menit yang lalu  Score ini naik turun setiap waktu
Data statistik blog saya berdasarkan situs SEOWEATHER dot kom yang saya cek beberapa menit yang lalu  Score ini naik turun setiap waktu

Setalah deal dengan harga, saya langsung mendapat email yang berisi "TUGAS" berupa naskah yang sudah jadi berupa artikel dia yang memang terdiri atas sekitar 300 -500 kata.   Naskah sudah jadi memang.   Saya langsung edit Gaya bahasa dia dengan Gaya Bahasa yang biasa saya gunakan seharihari saat NgeBlog. 

Ahayyy.  Setalah jadi, saya langsung Publish di Blog saya.   Kemudian URL artikel tersebut saya sampaikan kepada mas mas yang dari Advertensi di Jakarta itu melalui Email.   Saya hanya perlu beberapa menit untuk edit naskah itu sesuai dengan gaya bahasa saya.   


Setelah dia cek beberapa menit kemudian saya mendapat emual balasan dari dia bahwa naskahnya sudah dia liat online di blog saya dan  Uang 400 ribu yang dijanjikannya sudah ditransfer ke Nomor rekening Banksaya saya saat itu juga   Saya diminta cek sendiri transfernya, sudah masuk belum.  Saya awalnya agak kurang percaya.   Saya perlu membuktikannya sendiri. 

Kemudian  saya cek di aplikasi Online Banking saya via Android , Alhamdulillah uang nya sudah masuk, sebesar 400 ribu rupiah ke rekening Bank saya.  Sungguh sebuah Pengalaman Pertama Dapat Guest Post yang berkesan.     Bagi saya pengalaman seperti ini sungguh menyenangkan.  Alhamdulillah  
Jadi semangat nulis deh kalau dapat "job" kaya ini terusAmin.  (Asep Haryono).

18 comments:

  1. Wah keren itu pak, semoga bisa juga seperti itu :-)

    ReplyDelete
  2. Selamat Mas Asep.... Alhamdulillah rejeki nggak bakal nyasar ke mana.

    ReplyDelete
  3. kalo rejeki emang gak kemana....
    kapan saya dapat gituan ya.

    ReplyDelete
  4. waah mantep mas mudah2han aku bisa dapat juga ah :D

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah rezeki anak shaleh :D

    ReplyDelete
  6. Selamat mas mudah mudahan kecipratan rezekinya

    ReplyDelete
  7. Widihhh.. Langsung dpt 400 rb.. Kereenn euy

    ReplyDelete
  8. alhamdulillah dapat rezeki mas.
    semangat ngeblognya :e

    ReplyDelete
  9. nah sekarang traktirannya mas asep :D
    selamat ya mas, lumayan kan 400rebu..

    ReplyDelete
  10. alhamdulilah dapet rezeki mas

    ReplyDelete
  11. emang rejeki gak keliru

    ReplyDelete
  12. Alhamudililah blog mas asep bisa jadi media promosi... selain mendapat uang, blognya bisa lebih terkenal... saya langsung cek email ah, siapa tau juga dapet tawaran seperti mas asep... :D

    ReplyDelete
  13. Anda sangat pantas mendapatkannya...dan akan dapat yg lebih dari itu dimasa-masa mendatang. Semoga saja..Amin. Saya masih inget betul seperti apa blog ini 5 tahun lalu. Masih lugu dan saya kira penulisnya seorang guru waktu itu. Ternyata seorang jurnalis tho?!...ya pantas bobot tulisannya bermutu. Ok...makin sukses aja!!

    ReplyDelete
  14. Alhamdulillah mas, memang blognya keren banget.

    ReplyDelete
  15. Wah enak ya mas... hobi bila kita tekuni kadang memang bisa menghasilkan rejeki yang tidak di duga-duga ^^
    Saya seumur-umur ngeblog belum pernah mendapatkan yang namanya Guest post. pendapatan utama saya saat ini dari ngeblog ya hanya dari iklan PPC saja mas.

    ReplyDelete
  16. lumayan euy, 400rbu tanpa bikin artikel sendiri

    ReplyDelete
  17. guest post ya, saya bilangnya job tempel, saya kadang ngedit sedikit klo ada kata2 yg kurang sesuai

    ReplyDelete
  18. Keren Mas. Saya jadi semangat membaca posting ini.
    Salam kenal saya dari Belitung.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog