Jual Milagros disini
Loading...

Cara Meyakinkan Calon Konsumen Jasa Blog

Catatan Asep Haryono

Punya usaha Jasa Pembuatan Blog seperti saya?  Nyaris kini semua usaha yang dipromosikan orang di Facebook isinya "jualan" semuanya.  Mulai dari usaha Jasa Katering, Baju Pakaian , Perfum , Obat obatan Herbal , Gadget , Komputer ,Bisnis Pulsa , Tiket Pesawat , apa saja semuanya sudah menggunakan Blog.  Semuanya sudah serba Online. Yang saya sebutkan contoh contoh tadi adalah "jualan" yang bersifat fisik artinya ada Barang atau benda yang jadi komoditasnya.  (Jual Beli-red). 

Namun tidak sedikit juga orang yang tidak memiliki barang atau benda yang jadi komoditasnya.  Mereka tidak punya barang yang diperjual belikan namun bisa "jualan"..  Mereka hanya punya JASA yang bisa ditawarkan.  Mulai dari Jasa Antar Jemput Sekolah,  Jasa Pengurusan Surat Surat , Jasa Konsultasi,  dan banyak lagi JASA lainnya    Termasuk di sini adalah Jasa Pembuatan Blog.  

Dengan berbekal Komputer saja anda bisa meraih penghasilan di rumah.  Foto Asep Haryono
Kini anda pun bisa meraih penghasilan dengan bekerja dari rumah.  Dengan berbekal Komputer saja anda bisa meraih penghasilan di rumah.  Foto Asep Haryono

Kini nyaris setiap orang mampu mendesain dan membuat Blog baik untuk dirinya sendiri dan atau untuk dijadikan "komoditas" yang ditawrkan kepada konsumen,  Mereka lah yang mengklaim dirinya sebagai Jasa Pembuatan Blog.    Di Kota Pontianak sendiri ada banyak sekali Jasa Pembuatan Blog dan tersebar di mana mana,   Kini masyarakat BEBAS MEMILIH jasa Pembuatan Blog mana saja yang disukainya.   Pesan Blog kepada siapa saja boleh   Masyarakat Bebas memilih.


Bagaimana caranya agar "jualan" para Pengusaha Jasa Blog ini dapat banyak Klien atau konsumen yang memakai jasa nya?   Bagaimana caranya agar para pengusaha Jasa Pembuatan Blog ini bisa meyakinkan calon konsumen yang akan menggunakan "jasa" nya    Berikut di bawah ini adalah catatan saya :
  1. Punya Pengalaman Membuat Blog
    Pertama, jelas seorang Pengusaha Jasa Pembuatan Blog sudah memiliki bekal pengalaman yang cukup dalam membuat Blog.  Dari mana kita bisa "jualan" kalau diri kita sendiri tidak mampu melakukannya sendiri    Memang bisa juga jika kita join dengan orang lain namun tingkat kepuasannya berbeda baik dari segi teknis maupun kepentingan lainnya.  Punya Tim yang tangguh itu baik, bisa mengelola sendiri itu yang utama
  2. Punya Sertifikat Ketrampilan/Prestasi Yang relevan
    Banyak yang mampu membuat Blog.  Bagus bagus dan keren.   Namun demikian untuk lebih meyakinkan Calon Konsumen yang akan memakai "jasa" mereka,  para individu atau pengusaha Jasa Pembuatan Blog wajib memiliki surat keterangan kemampuan  atau sertifikat ketrampilan atau sertifikat/Piagam prestasi yang sesuai dengan "jualan" nya.  
    Anda menawarkan Kursus Gitar, setidaknya anda punya Sertifikat Ketrampilan Gitar.   Anda seorang Guru setidaknya punya Akta Mengajar atau Ijazah tertentu yang relevan.  Anda menawarkan Jasa Pembuatan Blog, setidaknya anda punya keterangan ketrampilan membuat Blog dan atau punya sertifikat prestasi/Kejuaraan yang relevan. 
    WAJIB kah semua itu, tentu saja tidak.  Namun direkomendasikan punya agar Calon Konsumen anda lebih percaya bahwa anda memang kredibel dan punya kompetensi yang sesuai dengan "jualan" nya
  3. Promosi Yang Baik
    Punya "jasa" yang bagus didukung dengan surat keterangan ketrampilan atau seritikat kejuaraan yang sesuai masih belum cukup tanpa diimbangi dengan Promosi atau marketing yang baik   Untuk menjadi Bloggerpreneur perlu juga diimbangi dengan teknik promoisi yang dapat meningkatkan "branding" anda di masyarakat.   
    Memasang iklan di surat kabar , mencetak Brosur dan Leaflet , dan promosi melalui Sosial Media yang sekarang ini Booming misalnya melalui Facebook.   Promosi Usaha Melalui Facebook juga sangat menjanjikan  Nyaris semua usaha "jualan" digeber ramai ramai di sana.    Facebook sudah seperti "pasar" sekarang ini     Dari usaha katering, Bisnis Pilsa, Tiket Pesawat, Baju Pakaia, Gadget apa saja semuanya di "jajakan" di facebook.

Namun dari semua teknik Promosi yang saya sebutkan dalam poin ke 3 (tiga) di atas masih beberapa trik lainnya yang mudah murah meriah namun tingkat keberhasilannya yang luar biasa., yakni promosi dari mulut ke mulut (mouth to mouth system) dan "mencetak" agen atau punya "pegawai" yang bertugas "memasarkan" produk Jasa Blog anda secara tidak langsung.   How it works?  (Bagaimana cara kerjanya)?.

Untuk promosi dari Mulut ke Mulut sangat efektif dalam mencapai sasarannya.  Informasi  yang menyebar dari satu orang ke orang lain berbentuk "isu"  lebih cepat menyebar kemana mana.  Banyak laporan yang sampai ke saya bahwa mereka menerima order pesanan Blog karena konsumen yang datang kepadanya karena rekomendasi seseorang.  Nah imi berarti "uang" yang memburu anda.  Uang yang "mencari anda".   Kalau sudah begini tinggal anda yang "menjembut bola".

Yang terakhir adalah "mencetak" orang yang anda fungsikan sebagai "tenaga pemasaran" Jasa Blog anda,  Caranya dengan membuatkannya sebuah Blog FREE alias Gratis kepadanya. Buatlah sebagus yang anda bisa dan Gratiskan saja.    Nah "bayaran" nya adalah  dia "mempromosikan: kepada orang orang bahwa BLOG nya itu anda lah pembuat nya. Dengan demikian orang orang akan mendatangi ada.  Deal bisnis bisa terjadi dari teknik sederhana ini   Selamat mencoba ya.  (Asep Haryono).

11 comments:

  1. Jangankan menawarkan jasa blog, Mas. Blog saya sendiri aja masih berantakan, haha. Tapi terima kasih motivasinya, Mas.. :)

    ReplyDelete
  2. Cara yang bagus, tapi saya belum pernah juara kontes blog kayak kang asep, masih ada sih kesempatan...bikin juga ach

    ReplyDelete
  3. Tipsnya bagus mas, bnar" efektip hehe :D

    ReplyDelete
  4. info yang sangat bermanfaat mas :) terimakasih

    ReplyDelete
  5. harus belajar banyak nih dari kang asep

    ReplyDelete
  6. Serahkan semuanya sama mas asep hehehe

    ReplyDelete
  7. Ooo ada sertifikatnya to? Ngeblognya masih belajaran jd belum bisa meyakinkan siapapun heheee.... Belajarnya disini aja :D

    ReplyDelete
  8. Semangat belajar ngeblog lageee..biar bs begituh..
    Makasih tipsmya yak :)

    ReplyDelete
  9. Saya baru pemula mas, jadi belum bisa ngajarin orang. Malahan saya belajar sama orang hehe

    ReplyDelete
  10. saya bisa mencoba ga ya. hehehe

    ReplyDelete
  11. baru tau ada 3 hal cara untuk meyakinkan calon konsumen jasa blog, ada sertifikatnya pula.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog