Jual Milagros disini
Loading...

Catatan Dari Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015

Khatulistiwa Gemstone Exhibition 201
23-28 Maret 2015
Halaman Parkir Graha Pena Pontianak Post

Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 memang sudah ditutup secara resmi pada hari Sabtu 28 Maret 2015 kemarin.   Saya senang pada akhirnya bisa menyajikan laporan langsung even yang diberi nama Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini buat sahabat semuanya.   Walaupun media coverage (Liputan Media) nya abal abal dan tidak sebagus standar tulisan wartawan.

Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 atau Pmaeran Batu Cincin , Batu Akik dan Batu Permata yang diklaim yang terbesar yang pernah diselenggarakan di Pontianak sudah berhasil diselenggarakan dengan baik berkat kerja sama yang baik antara Asosiasi Pengrajin Batu Cincin Permata Kalbar , Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, dan tentunya Pontanak Post sebagai organizer nya.   Ada beberapa catatan yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini berkenaan dengan penyelenggaraan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 tersebut.

  1. Waktu pelaksanaan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 yang berlangsung selama 5 (Lima) hari dianggap cukup memadai.  Walaupun dalam pandangan penulis lamanya pameran bisa saja diperpendek mengingat even penyelenggaraan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini dilaksanakan di Graha Pena Pontianak Post yang bisa dianggap "mengganggu" aktifitas normal perusahaan.
  2. Lokasi penyelenggaraan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 yang berada di dalam bangunan Graha Pena Pontianak Post dianggap cukup nyaman dan terkendali  Jauh dari hinggar binggar lalu lintas kendaraan umum dan lalu lalang masyarakat karena berada dalam bangunan yakni dalam hal ini di lapangan parkir di dalam sebuah bangunan. Parkir kendaraan yang sudah disediakan ditempatkan di sisi kiri dan kanan bangunan.   
  3. Dengan harga sewa Stand bagi para peserta Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 yang relatif terjangkau Rp.1.000.000,- (Satu Juta Rupiah) selama ikut pameran.  Dengan harga sewa yang relatif terjangkau ini bisa jadi membuat Panitia Penyelenggara Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 tidak kuatir stand kosong.  Dari total sekitar 31 Stand yang disediakan hanya ada 1 stand yang kosong (Tidak terisi) 
  4. Adanya Kios "dadakan" atau "siluman" yang tidak ada kaitan dengan materi pameran ini patut disayangkan.  Sejatinya semua stand dalam Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini murni batu batuan yang dipamerkan dan dijual saja dan bukan pada materi yang tidak ada kaitan sama sekali dengan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini.   Stand "dadakan" Madu , Sepatu Sandal bahkan Obat obatan mengapa ada di ajang ini?   
  5. Ajang Pameran Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 terbuka untuk umum.  Semua masyarakat Kalbar dan siapa saja dari mana saja silahkan datang berduyun duyun menyaksikan gelaran Pameran ini   FREE alias Gratis.  Tidak ada karcis masuk untuk menyaksikan ini. Dan hal ini menurut hemat saya sangat baik.   Masyarakat datang liat pameran tidak perlu bayar karcis masuk.   Silahkan datang ramai ramai.  Bawa tetangga, kakek, nenek, pacar, bawa siapa saja silahkan silahkan.  
  6. Yang juga membuat salut saya adalah selama pengamatan saya dari hari pertama penyelenggaraan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 hingga ke acara penutupan kebersihan lokasi pameran terjaga dengan baik   Nyaris tidak ada bungkus nasi bungkus , rokok, atau sampah apa pun di lokasi pameran.   Salut akan kedisiplinan para peserta Pameran yang menjaga kebersiahan lokasi standnya.   Ini patut dicontoh.
  7. Panitia penyelenggara Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini cukup profesional dalam pandangan saya.  Even ini diselenggarakan oleh Pontianak Post yag notabene adalah Media Cetak atau surat kabar.  Praktis informasi mengenai even Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini dipubikasikan dalam koran secara besar besaran.  Masyarakat Kalbar yang tidak dapat hadir menyaksikan even Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 secara langsung di Pontianak bisa mengikuti nya dari pemberitaan di koran kita.
  8. Hanya saja khusus untuk para Akikers (Sebutan untuk para fans mania Batu Akik-red) yang berada di luar Kalbar, dan di luar negeri tidak dapat mengaksesnya.  Walaupun demikian saya mengucapkan terima kasih kepada sahabat blogger Pontanak pada khususnya atas peran sertan mereka yang turut menyebar luaskan ajang Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 dalam artikel blognya masing masing.  Sehngga orang luar Kalbar dan mancanegara bisa melihatnya secara Virtual..
Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015
Ini jelas bukan Jenis Batuan.  Ini Madu.  Mengapa ada Kios orang jual Madu di ajang Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 yang konon hanya batu batuan yang dijual Foto Asep Haryono
Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015
Masyarakat masih membanjiri ajang Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 di hari terakhir jelang penutupan pada malam harinya.  Masih ramai para pengunjung yang datang.  Foto Asep Haryono
Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015
Batu Akik disukai oleh siapa saja.  Tak terkecuali Bapak yang satu ini.  Dia adalah Wahyu Ismir, Wartawan Pontianak Post yang tertangkap kamera saya sedang asyik liat liat stand Batu Akik di ajang Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini. Foto Asep Haryono
Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015
Inilah Batu Kecubung yang terbesar yang pernah saya liat.  Batu ini dipajang di salah satu sand peserta Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 inil   Beratnya lebh dari 80 Kilogram. "Harganya 80 juta rupiah" kata pemiliknya.  Batu ini memantulkan warna Ungu saat saya foto dengan lampu kilat.  Foto Asep Haryono

Barangkali hanya bebeberapa catatan sederhana itulah yang bisa saya sampaikan berkenaan dengan penyelenggaraan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015  yang dilaksanakan di Pontianak dari tanggal 23 - 28 Maret 2015 ini.    Sekali lagi saya minta maaf jika dalam penyajian laporan kegiatan Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 dari awal hingga akhir ini masih sangat jauh dari harapan para pembaca blog saya.

Selepas ajang Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini masih ada satu lagi even dengan tema yang nyaris sama yakni Pameran Batu Akik juga.   Namun yang istimewa nya adalah even berikutnya juga diselenggarakan KONTES atau KOMPETISI Batu Akik Se Kalbar.  Bagi saya ini merupakan hal yang baru dan unik ada KONTES Batu Akik juga.  Seperti apa kontesnya nanti ya. 


Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015
Lokasi Pameran Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 yang sudah sepi.  Saksi bisu riuh pikuk ramainya pameran yang berlangsung 5 hari itu.  Foto Asep Haryono

Nama Evennya "Equator Gemstone Kontes dan Expo 2015".   Even ini konon diselenggarakan dalam rangka HUT TNI Angkatan Udara Supadio Kalbar yang ke 69 (Enam Puluh Sembilan) bekerja sama dengan Harian Tribun Pontianak dari tanggal 14 - 17 April 2015 yang akan datang.  

Insya Allah jika tidak ada kendala saya juga akan menyampaikan Live Report nya juga di halaman Blog kesayangan saya ini.  Insya Allah.   Terima Kasih sudah membaca artikel Khatulistiwa Gemstone Exhibition 2015 ini ya.  Sampai Jumpa  (Asep Haryono).

15 comments:

  1. Beres jg acaranya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Sudah kelar semuanya. Penyelenggaraannya sukses. Dari tanggal 23-28 Maret 2015 yang lalu. Terima Kasih sudah mampir ya mas Wahab. Salam dari Pontianak

      Delete
  2. meriah banget gan acara nya, ane boleh ikutan kagak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Insya Allah jika ada kegiatan yang lain lagi boleh saja ikutan HIEhiehiheiheiheiee

      Delete
  3. selamat dan sukses ya Pak, semoga di waktu yg akan datang diadakan lagi event nya .. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Iya Insya Allah jika ada kegiatan lagi Insya Allah akan segera di informasikan juga dalam halaman ini. Terima Kasih sudah mampir ya

      Delete
  4. lagi demam batu dimana-mana, sekarang melambung nilainya

    jaman batu kembali lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehie saya juga bingung sama Nilai sebuah batu Akik ini. Guide atau ukurannya dimana bisa mencapai harga segitu. Beda dengan EMAS yang standardnya jelas.

      Delete
  5. batu akiknya geda banget gitu ya kang asep...kalo dijual laku berapa jt tuh batu...seru banget nih acaranya....sama seperti bazaar kalo disini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Batu yang besar itu sudah tertera di teks di bagian bawahnya,. Sudah jelas tercantum di sana ada harganya tercantum. Ketauan nda baca artikelnya. Hiehiheihee

      Delete
  6. Sudah bereskah acaranya mas? hehe

    ReplyDelete
  7. selamat ya mas....akhirnya selesai juga dan sukses acaranya :)
    memang para penjual makanan itu selalu bisa memanfaatkan peluang yg ada...hampir di setiap expo selalu banyak stand siluman bermunculan

    ReplyDelete
  8. Sayang, masih ada aja pendatang non batu di acara pameran batu.....tapi tak masalah sih yang penting acaranya sukses kan kang asep?

    ReplyDelete
  9. dimana-mana demam batu, ya, Kang :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog