Jual Milagros disini
Loading...

Bandar Udara Internasional Supadio

Catatan Asep Haryono


Untuk bisa mencapai kota Pontianak, Ibukota propinsi Kalimantan Barat , bagi yang menggunakan moda Angkutan udara tentunya akan landing (mendarat) di Banda UDara Internasional Supadio.   Mengapa di sebut internasional?  Padahal secara fisik sekilas mungkin Bandara ini tidak terlalu besar namun jangkauannya memang sudah Go International gitulah kira kira bahasa kerennya, Hehehe.

Karena kota Pontianak kini sudah lama membuka rute penerbangan langsung dari Kota Pontianak menuju Kuching dan Johor Baru di Malaysia.   Dan yang terbaru adalah dibukanya rute Penerbangan Air Asia secara langsung dari kota Pontianak menuju Kuala Lumpur.  Menurut informasi dari berbagai sumber menyebutkan bahwa Pesawat yang digunakan untuk rute PNK-KL adalah jenis Air Bus A320 dan terbang perdana pada tanggal 27 Maret 2015 mendatang.

Harga promosi untuk rute baru sekaligus terbang perdana PNK- KL adalah sekitar Rp.400.000,- (Empat Ratus Ribuan) rupiah.   Hanya saja harga ini konon untuk sekali jalan saja,. Walau cuma sekali jalan juga sudah lumayan menghemat bukan.   Saya sendiri belum pernah menjajal rute langsung dari PNK (Pontianak) langsung menuju Kei El (baca KL atau Kuala Lumpur-red) ini.   Saya terbangnya dari Bandara Soekarno Hatta.

Kini dengan dibukanya rute Penerbangan Langsung dari PNK-KL dengan maskapai Air Asia ini bisa sukses untuk penerbangan perdananya nanti yang dijadualkan pada tanggal 27 Maret 2015 mendatang ini.  Semoga saja akan semakin banyak juga warga Kuala Lumpur (Malaysia) untuk datang berkunjung ke Pontianak.  Karena biasanya pada masa masa tertentu seperti IMLEK banyak warga asing terutama dari Malaysia datang ke Pontianak.  Saya pun kini sudah bisa langsung dari Pontianak, dan tidak harus lewat SOETTA Jakarta seperti sebelumnya.

Nah kembali ke Bandara Supadio ini ya.  Bandar Udara International Supadio memiliki kode dari IATA ini secara geografis memang terletak di kawasan Kabupaten Kubu Raya. Sangat dekat dengan Komplek Duta Bandara tempat tinggal saya sekeluarga sekarang ini. Luas Bandar Udara Supadio dalam situs resmi, Supadio Air Port , nya menyebut 528 ha,  dan sejak tahun 1980 berganti nama menjadi Bandar Udara Supadio..  



Bandar Udara Internasional Supadio
Bandar Udara Internasional Supadio
Bandar Udara Internasional Supadio
Bandar Udara Internasional Supadio
Bandar Udara Internasional Supadio
Bandar Udara Internasional Supadio


Dari dulu saya memang sudah mengharapkan kota Pontianak ini dilalui oleh rute penerbangan Air Asia.  Bahkan saya sudah pernah mengirim email secara langsung kepada Air Asia wilayah Indonesia namunt tidak ada tanggapan.  Begitupula dengan cuitan di Twitter langsung ke Bos Air Asia, Datok Tony Fernandes, juga tidak ada tangapan.  Justru malah email saya dipenuhi oleh "jualan" nya Air Asia termasuk tawaran Paket Liburan, Harga Promo tiket hingga kerja sama share info berhadiah BIG POINT.


Nah maskapai mana saja yang ke Pontianak?Maspakapai penerbangan mana saja yang menuju kota Pontiana.   Mulai dari Maskapai Penerbangan Nomor 1 Garuda Indonesia ada yang ke Pontianak bahkan setiap hari.   Maskapai Sriwjiya Nam Air ,  Lion Air ,  KalStarExpress Air juga ada.  Bahkan Batavia Air yang sudah ditutup oleh Pemerintah itu juga setiap hari ada rute langsung ke Pontianak. Biasanya sih dari SOETTA Jakarta. 


Dengan adanya rute Pontianak - Kuala Lumpur secara langsung ini tentu disambut gembira,  Mudah mudahan jalur ini "gemuk" dalam arti kata bisa mendongkrak arus kunjungan Wisatawan berkunjung ke kota Pontianak dan mungkin juga untuk sebaliknya.  

Semoga kelak akan ada tujuan penerbangan langsung lainnya dari kota Pontianak ke negara negara kawasan Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Singapore, dan lainnya.   Tidak perlu jauh jauh. Yang dekat dekat saja dahulu. Hehehe.  Khusus dua kota yang saya sebut terakhir itu merupakan impian saya suatu hari nanti.  Insya Allah  (Asep Haryono).


13 comments:

  1. wuih keren sob bandara nya, ane sih belum pernah naik pesawat hahaha jadul banget ane yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga tahun depan pernah naik pesawat

      Delete
  2. Bandaranya mirip KNIA, Kang :D

    ReplyDelete
  3. Bandara baru ini mas?

    ReplyDelete
  4. wah, murah ya tiket PKN-KL, kalo sebelum kasus airasia KNIA-KL cuma 200rban sekarang sudah 700rban sekali jalan, jadi nambah anggaran kalo ke KL..

    ReplyDelete
  5. aku belum pernah landing di bandara supadio kang, ntr kalo ada uang berlebih lebihan dan pengen travelling sekaligus kopdar ama kang asep berarti aku bisa ada di bandara ini ya...amiien insyaallah dapat rezeki nomplok bisa menang lomba blog ke pontianak :)

    ReplyDelete
  6. aiih pengen deh ke bandara supadio.. smoga kapan2 bisa ke pontianak :D

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah jadi kemajuan, dengan cara ini potensi wisata akan cepat menghasilkan sesuatu bagi masyarakat setempat. Mudah-mudahan kualitasnya bisa dijaga. Aamiin.

    Datang juga pak ada ebook terbaru dari saya.

    ReplyDelete
  8. Keren bandaranya pak. Ditempatku masih bandara perintis

    ReplyDelete
  9. jalur makassar kuala lumpur malah ditutup pak jadi nggak bisa ke KL harus melalui jalur yang jauh

    ReplyDelete
  10. bandara nya keren bos, sudah ada rute ke kualalumpur

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog