Jual Milagros disini
Loading...

Bakpia Pathok Oleh Oleh Khas Jogja

Catatan Asep Haryono, Jogjakarta

Pulang dari liburan 2 (dua) hari di Jogjakarta 17-19 Februari 2015 yang lalu, sudah terpikir oleh saya untuk membawa sekedar oleh oleh untuk dibawa pulang ke "kampung halaman" di Pontianak, Ibukota propinsi Kalimantan Barat.   Setelah kenyang "obok obok" Kuliner dan aneka supenir di Malioboro termasuk kenyang dalam arti sebenarnya yakni Wisata Kuliner Sego Kucing beserta keluarga dan saudaranya.  Nah saatnya saya hunting (berburu) cemilan Khas Jogjakarta, siapa lagi kalau bukan "Bakpia Pathok 25". Ahaaa

Karena sudah sering ke Jogjakarta, bukan hal silit eh sulit menemukan Pusat Bakpia Pathok ini yakni berlokasi di. AIP II KS Tubun NG I/50 yang merupakan pusat daripada Bakpia Pathok ini.  Saya pulang ke Pontianak hari itu pada tanggal 19 Februari 2015 Penerbangan jam 16.45 dengan menumpang Pesawat Srijijaya Nam Air.   Sebelum ke Bandara , saya sempatkan dulu untuk membeli oleh oleh khas Djogja ini langsung ke pusat Oleh Oleh Bakpianya di KS Tubun.

Sebenarnya ada banyak lokasi yang menjual oleh oleh khas Djogja ini.   Mulai dari kawasan Pasar Pathok , Kembang Jaya (Bukan Pasar Kembang ya - red), Bandara Jaya dan beberapa lokasi penjualan "tidak resmi" Bakpia Pahtok lainnya di Djogja.   Saya memilih langsung ke pusatnya saja di kawasan
AIP II KS Tubun NG I/50

Bakpia Pathok 25 adalah yang paling dicari oleh para Wisatawan dalam dan Luar Negeri.  Untuk varian rasanya ada Keju , Coklat , Nanas , Kacang Hijau dan Durian.  Sedangkan 2 (dua) varian rasa baru adalah Ubi Ungu dan Krispi.  Dua rasa yang saya sebut terakhir ini belum pernah saya icip icip sama sekali.   Untuk harganya saat saya membeli oleh oleh khas Djogja ini masih Rp.35.000,- (Tiga Puluh Lima Ribu Rupiah) per kotak dengan isi 20 (Dua Puluh) buah.    Berikut di bawah ini adalah foto foto nya.  Enjoy.


Dalam Taxi Menuju Bakpia Pathok
Saya menumpang Taxi lokal dari Hotel saya menginap di kawasan Mailoboro menuju Bakpia Pathok 25 di Kawasan AIP II KS Tubun NG1.50.   Foto Asep Haryono
Foto bagian Depan Bakpia Pathok Djogja
Inilah Pusat nya Bakpia Pahtok 25 yang sangat terkenal.  Saya membeli hanya 4 kotak Bakpia saja untuk saya bawa pulang. Saya foto dulu bagian depan Tokonya.   Foto Asep Haryono
Jejeran Bakpia Pathok yang siap dipilih pengunjung
Aneka Bakpia Pathok 25 dengan berbagai Varian Rasa berjejer rapih. Sedap dipandang mata. Menggoda wisatawan untuk segera membelinya.  Aneka rasa tersedia.  Foto Asep Haryono
Aneka Jajanan Pasar yang tersaji lengkap
Selain Bakpia Pathok 25 yang menjadi andalannya, Pusat Bakpia Pathok 25 yang berlokasi di AIP II KS Tubun NG I/50 ini juga menyediakan aneka cemilan Jajanan dan kue kue pasar.   Foto Asep Haryono
Aneka Jajanan Pasar yang tersaji lengkap
Ada 2 varian rasa baru Bakpia Pathok 25 ini yakni Rasa Durian, dan Krispi,  Semua Bakpia Pathok 25 ini dikemas dalam kotak yang berlogo khas Bakpia Pathok 25 Djogja.  Foto Asep Haryono

Saat saya datang di Bakpia Pathok ini, saya langsung menyambar Keranjang Belanja yang sudah tersedia. Sekilas mirip orang yang akan memborong ya.  Pidihil eh padahal cuma membeli 4 (empat) kotak Bakpia Pathok 25 saja yakni Rasa Keju, Coklat,  Kacang Ijo dan Nanas saja.    Saya senang karena rasa Coklat ada dalam jejeran varian rasa Bakpia Pathok ini secara Coklat adalah salah satu cemilan santai yang menuadi kegemaran saya sudah beberapa bulan yang lalu.  

Nota Pembelian Bakpia Pathok
Nota pembelian Bakpia Pathok yang saya beli.  PIA K/C/N 15 ini artinya Bakpia Pathok rasa Keju/Coklat/Nanas.  PIA KC IJO 15 artinya Bakpia Pathok rasa Kacang Ijo. Saya beli Bakpia Pathok ini pada tanggal 19 Februari 2015.  Dokumen Pribadi

Satu tips yang mungkin berguna saat membeli oleh oleh khas Djogja ini adalah mengenai Harga.  Sebab menurut informasi dari Supir Taksi yang membawa saya tadi ada banyak penjual "tidak resmi" Bakpia Pathok 25 di beberapa stand atau toko di sekitar Malioboro yang menjual dengan harga yang tidak sesuai dengan harga dari pusatnya.  Jadi untuk aman nya saya rekomendasikan untuk langsung ke pusat Bakpia Pathok 25 yang berlokasi resmi ini.     (Asep Haryono).


40 comments:

  1. sy mauuuuuuuu donk kg asep bakpianya ,,,, sy mw duduk2 lama2 dsini ah mumpung yg laen blm pada datang ,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahah PERTAMAX kembali direnggut dengan indahnya sama Mas Fiu, Heiheihe,. Iya yang lain yang JOMBLOERS Mungkin sudah siap siapin acara Ngapel atau diapeli hiehiehiee. Silahkan icip icip dulu hiheiheiheiheiheiheiee

      Delete
    2. jleb ,,,,,
      kg asep nyinggung sy nih pasti bilng2 JOMBLOERS ,,,,, hahahaha

      Delete
    3. Heihiehie Xixixixixie
      mangap eh maaf. Tidak tau soalnya mas Fiu
      Hiehiehieieheiee

      Delete
    4. saya dulu juga pernah jomblo.
      tapi jomblo tabah.

      Delete
  2. saya kedua nih dapet setengah pertamax, enak banget ya mas bakpianya?saya juga waktu itu beli bakpia sama brem buat oleh-oleh.tapi brem itu kurang enak,enakan bakpianya :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hendri Hendriyana. Hiehiehe iya bener bangeds ya. Enakan Bakpianya. Mengenyangkan gitu heihiehiehie. Kalau BREM merek SULING GADING itu kesukaan saya juga. Dingin dingin gitu ya rasanya

      Delete
  3. lembut dan menggugah selera ya mas... waktu ke jogja dulu saya juga sempat merasakannya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Janiarto Paradise : Wahahahah ada nama PARADISE di belakangnya Mirip sama nama judul sebuah lagu PARADISE nya COLDPLAY. Oooooooowoooowowowo. Paradise...Paradise Owowowowowowowowooooo

      Delete
    2. perkenalkan saya
      Zach Heaven

      Delete
  4. yang namanya bakpia itu aku ga suka mas asep, ga suka denger doang, sukanya makan langsung. apalagi bakpia terkenal hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkaaa... sama mba :D gak suka kalo cuma liat gambarnya doang ya mba, pengennya langsung nyicipin bakpianya :D

      Delete
  5. Saya bukan orang jogja tapi kalau pas mudik, balik ke jakartanya pasti mampir ke toko oleh oleh dan yang selalu saya beli pasti bakpia dan wingko

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Edi Padmono : Iya sama heiheihe. Saya juga bukan, tapi istri saya memang aseli dari sana. Kalau mudik ke Jogja khusus untuk oleh oleh Bakpia Pathok ini diusahakan beli hiehiehiehiee. Kalau Wingko kadang kadan sih

      Delete
  6. Kalo masih baru, kuenya enakkk. Tapi kalo udah sekitar 2 hari, udah mulai keras mas. Ada tips supaya awet lembutnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah telp sama petugas yang jualnya via interlokal beberapa menit yang lalu langsung ke Bakpia Pathok di Jogja katanya memang hanya tahan 4 hari saja selama di jalan atau dibawa pulang. Wah kalau soal tips supaya awet huaaaaa. Kurang tau hiehiehiheiehe

      Delete
  7. saya juga kalo pas Mudik ke Yogya gak lupa sering bawa oleh2 Bakpia Pathok Pak... :) selain enak, juga sudah terkenal namanya, kadang tetangga sering nanyain hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehiehe iya kah? Katanya sih gitu ya. Pidihil eh padahal yang namanya Oleh Oleh Khas Djogja itu sangat banyak sekali , bentuk dan ragamnya. Mau kuliner cemilan, atau supenir. Mau nya sih memborong aja hiehiheiheiheiee

      Delete
    2. saya nggak dikirimin?
      terlalu

      Delete
  8. bakpia pathok oleh" yang selalu akrab ketika mudik...
    jadi pengen mudik ke jogja, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiheie iya kah? Kota Jogja memang asyik sekali. Rasanya mau berlama lama di sana kemarin itu. Namun harus segera kembali mengingat pekerjaan dan tugas lainnya yang sudah menunggu hiehiheiheiehiehiheee

      Delete
  9. waduuh kang Asep dari jogja bawa bakpia... oleh2 khas jogja pada muanis banget kang, makanya kalo saya ke jogja males beli makanan. mending barang2. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heihiehe iya nih. Oh kurang suka sama yang manis manis ya. Hiehiehie. Saya sebenarnya juga kurang suka yang terlalu manis.

      Kalau manis sekedarnya boleh boleh saja. Kalau supenir atau barang barang dari Jogja kayaknya supenir yang ringan aja deh heihiehiehiee

      Delete
  10. Ada bakpia isinya ketela rambat loh pak :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah pasti mas Kurang teliti membaca artikel ini. SUdah disebut di dalam postingan. Kalimatnya "Sedangkan 2 (dua) varian rasa baru adalah Ubi Ungu dan Krispi. Dua rasa...."

      Ubi Ungu ini sama dengan Ketela Rambat. Saya sudah konfirmasikan hal ini via telepon langsung ke Bakpia Pathok di Jogjakarta No telp 0274- 566122

      :P

      Delete
  11. kang bakpianya bisa dikirim ke surabaya nggak kang?? aku udah kepengen nih...terus kapan kang asep mau main ke surabaya..masak ya ke jogja terus..emang nggak bosan ya kang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex.z Someo : Hiehiehe iya bole bole hiehiheiheie. Kalau dikirim per paket katanya sih hanya tahan 4 hari aja deh hiheihee. Wah kalau ke Surabaya sudah ada rencana tapi ntah kapan rencana itu akan teralisir. HIheiheie. Kalau Bosan nda deh. HIheihiehihee

      Delete
    2. ciee cieee yang ditungguu

      Delete
  12. bakpia pathok memang oleh2 khas, apalagi rasanya sekarang sangat bervariasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ninik Setyarini : Heihieh Iya mba. Sekarang sudah ada rasa varian baru seperti Ketela Rambat atau Ubi Ungu. Ini kata penjelasan petugasnya yang saya hubungi via Telepon tadi pagi

      Delete
    2. apaaa
      Mbak Ninik dan Kang Asep bis nis telepon?

      Delete
  13. ini bukan review produk kan Kang?
    kalo bukan, saya mau cerita soal bakpia dong.

    ReplyDelete
  14. rasanya sekarang macem2 dan terkenal enak

    ReplyDelete
  15. waahh harganya hehe..... saya takjub kang hehe

    ReplyDelete
  16. Ada banyak angkanya ya, Kang.. :D

    ReplyDelete
  17. Anonymous2:16:00 AM

    Yang isi 15 harganya brp ya? Harga untuk durian dan ubi sama dengan lainnya? Tks

    ReplyDelete
  18. sya beli bakpia pathok 39 koq ga enak ya..
    yg enak itu bakpia no brapa?

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog