Jual Milagros disini
Loading...

6 Hal Yang Perlu Diketahui Dalam Setiap Lomba Blog

Catatan Asep Haryono
Beberapa kali mengikuti lomba blog yang sudah pernah saya ikuti ternyata banyak menyimpan cerita lain yang masih carut marut.  Cerita lain dari sisi yang berbeda dari sebuah kompetisi atau lomba Blog. 

Ada 6 (Enam) Hal  lain yang menurut hemat saya patut diberi perhatian ekstra oleh para calon peserta lomba Blog agar tidak kecewa dikemudian hari.    Berikut  6 (Enam) hal lain dari Lomba Blog itu adalah sebagai berikut :  

  1. Jumlah Minimal atau Maksimal Artikel
    Berdasarkan pengalaman yang saya alami saat mengikuti beberapa kontes atau lomba Blog, beberapa diantaranya mewajibkan para calon peserta untuk membuat postingan (artikel atau tulisan) dengan minimal jumlah kata tertentu.  Ada yang mensyaratkan minimal 500 (Lima Ratus) , 1000 (Seribu), hingga lebih dari itu.
    Contoh Kasus : Pastikan jumlah kata yang anda tulis dalam lomba blog itu sesuai dengan ketentuan Juri Lomba.   Saya pernah memprotes pemenang Lomba Blog INTEL yang diselenggarakan di kota Pontianak 2013 yang sempat kontroversial.  Sang Juara I pertama ternyata artikelnya melebihi batas maksimal yang dibuat Dewan Juri, tapi tetap lolos sebagai Juara I dan tidak didiskualifikasi.   Jurinya tidak konsisten kah?   Simak Kasus selengkapnya dalam artikel saya waktu itu berjudul "Juara Yang Tidak Juara"  yang bisa dibaca kapan saja.  Ini kasus yang menarik
  2. Terlalu banyak Syarat Share
    Jika pihak penyelenggara Lomba Blog mensyaratkan calon Peserta untuk memposting artikel atau Tulisan yang dilombakan melalui Sosial Media Facebook, Twtter dengan hastaq dan tagar tertentu, dan Instragram sebaiknya diikuti saja.  Namanya juga Dewan Juri.  
    Jadi calon Peserta harus tunduk dan patuh pada ketentuan Dewan Juri.Dalam pandangan saya, syarat posting dan berbagi (Share) di sosial media juga banyak merepotkan para peserta lomba.  Banyak dari mereka yang tidak punya dan atau belum memiki account Instagram, Twitter atau Facebook.  Apalagi jika waktu deadline penutupan sudah dekat pasti membuat calon peserta tergagap gagap
    Pernah suatu ketika ada Lomba Blog yang mensyaratkan share postingan lewat IG atau Instagram.  Nah teman saya ini tidak punya akun IG langsung deh dia SKS (Sistim Kebut Semalam) belajar dasar dasar IG dan langsung bikin akun di Instagram hanya karena memenuhi persyaratan dari panitia penyelenggara.  Lepas Lomba usai, kebetulan dia tidak menang.  Akun IG nya melayang layang bebas alias sudah tidak diurusnya lagi.    
    Syarat pemasangan Banner Lomba pada umumnya wajib dipatuhi.    Hal ini bisa jadi akan kontraproduktif dengan calon peserta yang sudah lebih dahulu memasang Ads (iklan) Google Adsense.   Kan nyaris banyak pemilik Blog sudah pasang Ads (Iklan) di blognya.  Apakah pemasangan banner Lomba ini akan berpotensi menimbulkan kerugian bagi para pesertanya yang sudah pasang banners Adsense?   misalnya akan kena kick (tendang) alias di Banned?  Ini bisa membuat kuatir calon pesertanya
  3. Juri Jangan Tunggal
    Dari berbagai lomba Blog yang saya ikuti mulai dari Lomba Desain Blog Kubu Raya , Lomba Blog Mimpi Properti dan beberapa lainnya terdapat Juri yang lebih dari satu.  Juri lomba seharusnya tidak boleh tunggal atau satu orang.    Seperti pada Lomba Blog Mimpi Properti yang baru baru ini diselenggarakan itu jurinya ada 3 (tiga)
    Hal ini akan dipertanyakan oleh para peserta lomba lainnya karena dianggap subyektif jika hanya Juri Tunggal.   Salah satu contoh kasus adalah Lomba Blog Intel yang diselenggarakan di Pontianak. Jurinya bias.  Sebagai penyelenggara di daerah yang dipercaya oleh INTEL Pusat Jurinya hanya satu alias tunggal.   Selengkap kasus nya ada di sini.
  4. Hadiah Uang Tetap Idola
    Siapa di sini yang tidak doyan duit. Hiehiehe. Saya aja masih demen sama yang namanya duit (uang, arto , money, fulus beserta keluarga dan saudaranya-red).  Uang adalah salah satu jenis Hadiah Lomba Blog yang paling diminati selain hadiah berbentuk Jasa (tiket penerbangan), dan berbentuk kebendaan (Gadget, Laptop,dll).  Dengan uang itulah kita bisa menentukan sendiri hadiah yang cocok untuk diri kita sendiri.  Saya rasa banyak yang sepakat dalam hal ini.  Money Is No 1 (Uang adalah nomor satu).
    Kadang juga Level Lomba Blog bisa menentukan jumlah nominalnya.  Untuk juara I Lomba Blog tingkat propinsi misalnya kisarannya bisa 5 juta rupiah.  Beda jika Lomba Blognya diselenggarakan oleh perusahaan besar seperti PLN, Kementrian , BUMN atau NGO yang kisarannya bisa mencapai antara 10 sampai 50 Juta Rupiah.  Seperti yang baru baru ini diselengarakan Lomba Blog "ideku untuk PLN" itu hadiahnya uang tunai (Cash) Rp.10.000.000,- (Sepuluh Juta Rupiah).   Suatu jumlah yang sangat besar untuk ukuran saya.
    Khusus untuk jenis Hadiah Uang ini, ada sedikit catatan tambahan dari saya.  Pernah suatu ketika ada sebuah Lomba (Lomba biasa bukan lomba blog) ada hadiahnya Tiket UMRAH.  Secara kebetulan pemenang utamanya kebetulan non Muslim. 
    Maka secara otomatis Hadiah Tiket Umrah tentu tidak berlaku bagi pemenang Non Muslim.  Hadiah tidak dapat dipindahkan tetapi bisa diuangkan.  Alhasil sang Pemenang yang non Muslim ini berhak hadiahnya yang sudah dikonversikan ke dalam bentuk uang Tunai.   Dari kasus inilah sebaiknya juga Pihak Penyelenggara lomba Blog harus memuat Syarat dan ketentuan Lomba yang sejelas jelasnya agar peserta tidak kecewa jika menang namun tidak bisa claim hadiahnya karena sebab tertentu.  Bisa diuangkan tidak hadiahnya?  Itu perlu dicatat
  5.  Jenis Hadiah Tiket Pesawat
    Seperti yang saya alami baru baru ini, Tiket Hadiah Lomba Blog Garuda Indonesia Balikpapan yang susah payah saya rebut nyatanya Hilang (Hangus) begitu saja.  Alasannya memang mendadak.  Sudah disusun rencana untuk menggunakan Voucher Hadiah Tiket tersebut namun kendala mendadak datang.  
    Penyelenggara Lomba, Garuda Indonesia Balikpapan, kukuh bahwa Hadiah tidak bisa dipindah tanggal, tidak bisa diuangkan dan tidak bisa dihadiahkan ke orang lain. Sudah hangus ya hangus.   Sebaiknya jangan begitu lah.   Para peserta kan tidak tau kalau (akhirnya) peraturannya jadi begitu.  Kasus Hangusnya Tiket Voucher Hadiah saya  dalam Lomba Blog Garuda Indonesia kemarin itu sebenarnya masih bisa dihindari.
    Penyelenggara Lomba Blog Garuda Indonesia Balikpapan seharusnya mencantumkan Hal Hal teknis mengenai Hadiah Tiket (Voucher) pesawatnya.   Harus ada hitam putihnya bahwa Hadiah Voucher tiket
    tidak bisa dipindah tanggal, tidak bisa diuangkan dan tidak bisa dihadiahkan ke orang lain. 
    Harus dicantumkan hitam putih dalam bentuk poin poin Syarat dan ketentuan Lomba.    Jika tidak dicantumkan dalam syarat dan ketentuannya,  para peserta Lomba bisa menggugat.   Peraturan Lomba syarat dan ketentuannya harus disepakati oleh para Peserta dan Juri. Sedangkan hasil final assestment (penilaian) lomba tentu Hak Preogatif Dewan JURI. 
  6. Piagam atau Sertifikat
    Nah khusus untuk poin 6 (Enam) ini bagi saya yang memang punya usaha sampingan membuka jasa pembuatan website atau blog, selembar sertifikat Juara Lomba Blog menjadi sangat penting. Walau cuma selembar kertas, namun memberi nilai yang luar biasa.  Selembar piagam penghargaan atau Sertifikat Juara Lomba Blog bisa menaikkan prestise, dan kredibilitas nya sebagai penjual jasa pembuatan blog atau website.  
    Kadang saya malah berpikir selain hadiah materi (uang, benda) yang penting sebagai hadiah Juara Lomba Blog,  selembar sertifikat atau Piagam nya termasuk yang saya buru.  Semakin banyak Piagam dan Sertifikat Kompetisi Blog yang saya menangi, semakin membuat "mahal" di mata para calon klien saya.  Artinya jam terbang sudah tinggi, dan berpengalaman.  
    Dibuktikan dengan Piagam dan sertifikat Juara Blognya. Hal ini akan menambah keyakinan calon klien bahwa orang yang dimintai jasa buat blog atau website adalah orang yang berpengalaman.   *lebay juga ya.  Uhuuyyy
    Nah persoalan muncul saat Penyelenggara Lomba Blog tidak memberikan Piagam atau Sertifikat para Juara Lombanya.   Dari mana mereka percaya kalau saya atau anda pernah Juara Lomba Blog? Tentu salah satu alat buktinya adalah Piagam atau sertifikat tentunya.  Masih syukur kalau dapat Piala atau Trophy.   Masih Lumayan. Karena pasti ada keterangannya di Piala atau Trophy itu.
 
Momen saat Penulis (tengah) ketika bertanding dalam lomba Desain Blog Pemkab Kubu Raya Tahun 2012 kemarin.  Foto Asep Haryono
KENANGAN :  Momen saat Penulis (tengah) ketika bertanding dalam lomba Desain Blog Pemkab Kubu Raya Tahun 2012 kemarin.  Dalam lomba Blog ini Alhamdulilah Saya Juara I.  Foto Asep Haryono
 

Dalam level apakah lomba Blog yang saya maksud di sini.  Saya membatasi ruang lingkup Lomba Blog skala Nasional, Provinsi atau individu yang menyelenggarakan Lomba Blog dengan mengacu pada standar lomba Blog yang sudah baku dan profesional. L.omba Blog dan atau kompetisi Blog ala blogger yang biasa disebut GA (giveaway) yang diselenggarakan oleh individu bisa saja menerapkan standard ini bisa juga tidak.


Catatan lainnya adalah soal Waktu Pengumuman Pemenang Lomba Blog.  Seringkali para peserta yang sudah ikutan lomba Blog kecewa karena tanggal pengumuman yang sudah dipublish ternyata meleset dari yang sudah direncanakan.   Sebagai contoh jika waktu pengumuman pemenangnya tanggal 1 Januari 2015, maka harus konsisten diumumkan pada tanggal tersebut.  Penundaan pengumuman pemenang  pertanda Panitia penyelenggara Lomba Blog kinerjanya buruk.   Kasihan pesertanya yang pasti akan nanya nanya terus kapan diumumkan.
 
Masih ada hal lainnnya yang menurut saya juga layak diberikan perhatian ekstra bagi para calon pesertanya yakni Pajak Hadiah , Ongkos Kirim Hadiah Pemenang, dan Customer Service yang mudah dihubungi dan  cooperative, 3 (tiga) hal ini Insya Allah akan saya sampaikan dalam tulisan yang akan datang,  Insya Allah.   Jangan sampai misalnya anda dapat hadiah Uang tunai Lomba Blog 3 juta, diterimanya 2,8 juta rupiah.  Kena potong untuk ongkos kirim plakat atau sertifikat ke pemenang.  Jangan begitu. 

Jika hadiah uang tunai pemenang Lomba Blog akan dipotong karena Pajak Hadiah, administrasi atau untuk ongkos kirim plakat ke pemenang ya harus diberi tahu terlebih dahulu dalam Syarat dan ketentuan Lombanya.   Jadi peserta tidak kecewa hadiah uang tunainya dipotong karena alasan alasan yang sudah saya sebutkan di atas tadi.  Jangan main potong begitu saja.  Saya kira ini hal wajar.


Sebagai Penutup saya sampaikan beberapa tips praktis Kiat Sukses Menang Lomba Desain Blog yang bisa dibaca di sini,  Semoga Bermanfaat.  Terima Kasih sudah meluangkan waktunya membaca artikel yang sederhana ini   Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh.  (Asep Haryono).

37 comments:

  1. Sy menang lomba di blog mash bsa dihtung ...hehehe
    klo tipa spya bsa menang lomba di blog gmn kg ? Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. IHeiehie. HIehieie Seperti Biasanya PERTAMAX berhasil direnggut dengan manis oleh Mas Fiu. HIehiehiheie. Jam jam gene saya biasa Nuntu Video Youtube Masih Dunia Lain. Seruhhhhhhhhhh Heihiehiehiehiheiee

      Delete
    2. supaya menang lomba?
      ya ikutan lomba dong.
      kalo nggak ikutan ya susah buat menang.

      Delete
    3. hahahha, mas zach sy strap nih ,,,, :P

      Delete
    4. siip saya setuju dengan mas zach ... Saya gak pernah menang lomba blogg ... karena saya gak pernah ikutan lomba blogg hehehe

      Delete
  2. wah, ini panduan yang penting sebelum mengikuti lomba blog... Saya jarang ngikuti lomba mas, Asep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awak : Hiehiehie gak papa Uda Awak. Ini hanya share aja. Berbagi pengalaman. Siapa tau ada yang bermanfaat. Berbagi ilmu dan kebaikan bagi sesama heihiehehehiehiehiee

      Delete
    2. saya belum pernah dong
      hebat nggak?

      Delete
  3. wah ini pengetahuan baru buat saya kang, secara saya mah belum pernah ikutan lomba blog baik kontes seo maupun review blog/produk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marnes Kliker : Heihiehe gakpapa Mas Marnes Kliker. Sekedar berbagi pengalaman saja Siapa tau ada yang bermanfaat heihehiehiee

      Delete
    2. kalian berdua suka berbagi terus ya?

      Delete
  4. hadiah uang memang lebih nikmat, bisa diapain aja sekehendak hati, lha kalo tiket, misal nggak ada waktu bebergian juga repot, atau hadiah ditraktir, misal sudah kenyang gimana.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. silakan lho kalo kalian mau iuran buat traktir saya

      Delete
  5. Saya juga pernah dapat bingkisan hadiah tulisan terpilih gitu dalam lomba blog, eh tapi sampai sekarang nggak nyampe-nyampe. Juga gak ada yang bisa dihubungi buat kepastian. Ya mungkin aja ongkos kirim ke Ketapang terlalu mahal Hahaha.


    *malah curhat*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kekirimnya ke Australia mungkin

      Delete
    2. @Ismie Nurbarina : Wahahaha ya ah? HEhe kok bisa nda sampai ya. Apa alamatnya tujuan kiriman tidak lengkap kali ya? Apa sudah konfirmasi kepada panitia lomna kalau hadiah belum tiba di mba>

      @Zach Flazz : Wahahahah Heihiehehiee

      Delete
  6. Kayaknya kalau mau belajar ikutan lomba seperti itu, harus belajar dulu sama mas asep deh hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. cie ciee Kang Asep

      Delete
    2. @Ai WIda : Ah ya kah? duh duh saya jadi malu deh. HIheiheiheiheie Yang penting sama sama belajar kan ya

      @Zach Flazz : HIheiheie Hahhahahaa

      Delete
  7. Kayaknya keren itu pak diberi Sertifikat, kalau perlu semua yang ikut dikasih sertifikat haaa. Tapi dengan ketentuan yang menang sertifikatnya ada tulisan Juaranya, sedangkan yg ikut "Telah berpartisipasi" :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sertipikat dari daun lontar dong, keren

      Delete
    2. @Nasirullah Sitam : HIHeihei iya Walau cuma selembar PIAGAM atau serifikat sangat berarti juga. Bisa menakkan pamor si penerima Serifikat atau Piagam. Atau bisa juga bermanfaat menjadi semacam Kenang Kenangan

      @Zach Flazz : Hiheihiehiehiehiehiehiehe

      Delete
  8. saya sering ikut lomba, tapi jarang menang hihi
    makasih infonya Mas, sangat mencerahkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ninik Setyarini : Oh Ya eiheiehieeh. Sekali sekali ikut lomba ya Siapa tau menang hiehiehiehiee. Terima kasih sudah mampir. Semoga tulisan yang sederhana ini bisa memberikan kebaikan untuk sesamanya hiheiheheiheiee

      Delete
  9. mas asep sepertinya sudah pengalaman dalam adu lomba, bahkan hal-hal kecil perlu diperhitungkan sebelumnya,agar tidak seperti kejadian kemarin yang menyesakan hehe.. sukses ya untuk lomba selanjutnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @santika fadilah : Heheie Walau Pengalamannya cuma sedikit tidak apa deh. Yang penting biar sedikit, tapi bisa berbuat banyak untuk sesama. Membagikan pengalaman yang di alami, semoga bisa memberikan support, inspirasi, dan informasi bagi sesama Semoga membawa keberkahan, kemuliaan dan manfaat buat sesama

      Delete
  10. urmm..tak pernah lagi mengikuti pertandingan serupa ini.. tidak mahir.. cukup setakat biasa2 aja.. sukses selalu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nurul Hidayah : Oh really? Hmm. Okay Thanks for dropping by. I really appreciate it.

      Delete
  11. Saya belum pernah ikutan lomba mas,, hehhe pasti gag akan menang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aplikasi Showrom : Hahahhaa. Iya kah. Hiehehie Tidak Ikut Lomba BLOG sudah dipastikan tidak akan menang Wahahahahha heiheihehie. Terima kasih sudah mampir. Salam kami sekeluarga di Pontianak. Kalimantan Barat

      Delete
  12. Mantab nih tipsnya ... saya gak pernah menang lomba blog mas, karena itu syarat yang dilombakan suka banyak ituh ininya, pasang ini pasang itu ... sedangkan saya khan pasang iklan adsense hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mang Yono : Wahahahaha iya. Banyak memang, dan pada umumnya harus Pasang Banner segala macem. Terima Kasih sudah mengingatkan.

      Delete
  13. ingin skali ikut lomba2 blog...tpi blum sempet....setiap dpt berita ada lomba gituan sudah siap2 and minat tp akhirny g jadi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Zeer El-Watsy : Wahahah Oh ya. Sudah siap siap ikutan ya padahal. Hmm. Sama saya juga. Namun kadang kalau tema LOMBA BLOG nya sangat saya tidak kuasai, saya tidak akan memaksa ikutan. Saya tidak mau menjadi Penggembira sebuah lomba Blog. Penggembira cuma hanya buang waktu dan tenaga

      Contohnya Lomba Blog Jembatan Suramadu, dan Dream Impian ke Jepang. Dua hal TEMA Lomba itu sangat saya tidak kuasai. Saya tidak mau memaksa IKUTAN kalau saya benar benar tidak tau sama sekali TEMA nya

      Delete
  14. saya gak pernah ikut lomba kang, hehe.. sediih.
    dulu pernah ikut GA tapi gak lolos jadi peserta soalnya di ketentuan saya salah... tulisan sampean jadi mengingatkan saya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIHiehie iya kah. Wah mangap eh maaf sudah mengingatkan sesuatu

      Delete
  15. kalau lomba blog jarang ikut gan, soalnya kurang dalam menulis. Tapi kalau kontes seo pernah ikut, walaupun hanya sekedar ikut ikutan, he he.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog