Jual Milagros disini
Loading...

Publikasi Karyawan Teladan

Catatan Asep Haryono

Beberapa hari yang lalu, saat saya mengantar bundanya cek kesehatan di Spesialis Kandungan di Rumah Sakit Anugrah Bunda Khatulistiwa (ABK), pandangan mata saya tertumbuk pada sebuah foto yang dipajang di ruang tengah (Hall) salah satu umah Sakit elit di kota Pontianak ini.  Foto siapakah gerangan yang dipajang tersebut?

Saya pun mencoba mendekati foto yang dipajang di atas meja Informasi , memandang dari dekat bingkai foto tersebut, dan membaca namanya.   Nama bapak yang dipajang fotonya itu itu tertulis nama Eddy Suwandi, bagian Tata Graha.  Namanya jelas tertera di bagian bawah fotonya.  Yang cukup menyita perhatian saya adalah label di atas fotonya tertulis "Karyawan Terbaik 2014".   Saya langsung paham kemungkinan maksudnya.

Foto Karyawan Teladan 2014
Foto Karyawan Teladan 2014 yang dipajang di ruang utama Rumah Sakit tersebut. MEnarik perhatian pengunjung termasuk saya   Foto Asep Haryono

Bagi saya ini hal yang unik. Dalam pandangan saya yang awam ini, prestasi Karyawan atau Pegawai Perusahaan adalah sebuah kebanggaan bagi perusahaan yang bersangkutan.  Prestasi yang dicapai seorang pegawai atau karyawan selayaknya mendapatkan perhatian yang khusus.   Bentuk apreasiasi pegawai atau karyawan yang berprestasi bisa memperoleh reward atas prestasi yang diraihnya.  

Bentuknya bisa bermacam macam  Tergantung policy (kebijakan) Perusahaan masing masing. Bentuk apreasiasi atau penghargaan atas karyawan/Pegawai Yang berprestasi bisa berbentuk kenaikan pangkat 0tomatis (Biasanya sih ini di instansi tertentu, kemiliteran dan lain sebagainya-red),  Bonus berbentuk cash (Uang Tunai),  Barang Barang (TV, Kulkas atau apalah kebendaan materi-red). 

Minimal, yang paling "parah", selembar Piagam Penghargaan dan ucapan terima kasih.    Wah gak banged kalau cuma mendapat ucapan Terima Kasih saja.   Hari gene cuma Makasih.  Nda la yawww


Nah yang menggelitik rasa keinginantauan saya adalah reward yang seperti apa yang layak diberikan kepada Pegawai/Karyaan yang berprestasi?  Dalam pandangan saya pribadi pemberian reward kepada pegawai/karyawan yang berprestasi adalah hal yang baik, namun terlepas dari itu semua bentuk perhatian yang berkesinambungan lah yang sebenarnya menjadi idaman para pegawainya.  Seperti apa kah itu?

Hal yang remeh saja seperti Pimpinan memberikan ucapan Ulang Tahun buat karyawan yang ber HARI Jadi saat itu.   Ini misalnya saja,  Hanya contoh saja, Tidak harus persis sama seperti ini.   Seorang karyawan bagian cleaning service atau OB (office Boy) misalnya.  Betapa senangnya saat mendapat ucapan ultah dari CEO atau Direktur perusahan tempatnya bekerja.  Sederhana namun dahsyat dampaknya

Memberikan Bonus Akhir Tahun,  memberikan Tunjangan Hari Raya (THR) yang layak, serta jenjang karir yang jelas.    Hal yang terakhir ini juga selalu menjadi dambaan para pegawai atau karyawan.  Siapa sih yang nda kepengen jabatannya naik?  Jenjang karirnya naik?  Konon kata ahli manajemen bilang bahwa salah satu parameter atau ukuran keBonafidan sebuah perusahaan adalah jenjang karir yang jelas bagi pegawainya (Asep Haryono).


71 comments:

  1. Mas asep termasuk karyawan terbaik dan teladan juga ngga iya? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha maunya sih

      Delete
    2. kalo jurusnya cuma itu-itu aja, ya susah

      Delete
    3. Jurus andalan Sudah dipatenkan

      Delete
    4. Jelas. Jurus kesayangan dan andalan sepanjang masa. Jurus Kodok Mati Menahan Nafsu

      Delete
    5. ya dua itu jurusnya

      Delete
  2. Kirain tadi Pak Asep (waktu membaca judulnya) :)

    Kalo di kantor Pak Asep, ada nggak penghargaan seperti ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi mba. Iya ada. Namun sepanjang yang saya dengar sih untuk departemen dan divisi tertentu. Sebagai contoh misalnya bagian marketing, Beberapa karyawan yang berhasil meraih target yang dibebankan manajernya, mereka dapat hadiah Jalan jalan (wisata) ke kota lain atau bahkan ke Luar Negeri. Biasanya sih kalau LN ke Singapura

      Delete
    2. Singapura sama Singaparna nggak beda jauh

      Delete
    3. Bedanya sama Singasari..

      Delete
    4. beda lagi sama Raja singa

      Delete
    5. empu sendok raja mana

      Delete
  3. predikat ini memang perlu diadakan oleh perusahaan agar karyawan kerja maksimal dan berebut meraih gelar.apalagi ada hadiahnya,contoh saja hadiahnya naik jabatan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya harap sih perusahaan konsisten dalam memberikan reward bagi karyawannya. Bukan hanya tahun ini saja namun pada tahun tahun selanjutnya

      Delete
    2. tahun 3000 lebih maksimal nanti hadiahnya

      Delete
    3. Waduuh hadiahnya apa tuh Kang Zach?

      Delete
    4. Yang jela Bukan Hadiah KLEPON

      Delete
    5. tahun 3000 ada klepon?

      Delete
  4. Perhatian atasan kepada karyawannya seperti ucapan ultah itu meski keliatan sederhana saja tapi pengaruhnya sungguh luar biasa ya. Karyawannya pasti merasa senang dan bisa jadi akan lebih semangat kerjanya. Memang, lebih baik lagi kalau prestasi karyawan diberi reward yang sesuai.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mba. Justru reward yang sesuai itu yang masih dalam perdebatan. SOalnya ukurannya banyak. Ukuran kePantasan untuk sebuah reward karyawan yang berprestasi berbeda beda tergantung kebijaksanaan perusahaan

      Delete
    2. reward itu kakaknya edward?

      Delete
  5. Mas asep bukan karyawan terbaik
    Tapi atasan yang sangat baik
    Buktinya anisayu nastutik
    Mau baca artikelmu yang memang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hieier ya ya sip
      Saya nda mampu buat puisi balasan nya
      Selaim ucapan terima kasih

      Delete
    2. sini saya bikinin pusi jawabannya
      sini pada duduk di depan saya.
      #lalu saya lariii

      Delete
    3. Wahhaha sendalnya di bawa

      Delete
    4. Sarungnya ketinggalan..

      Delete
    5. kalau sarung ketinggalan tenang aja
      Kan sudah pake celana

      Delete
  6. aku juga suka tuh kalau melihat ada pajangan foto "Karyawan terbaik"..tentulah si karyawannya bahagia dan yg melihatnya pasti termotivasi.. ;)

    Pun, ucapan selamat ultah dari pimpina ke karyawan, juga siraman rohani yg menyejukkan, meski sekedar ucapan..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah justru hal hal yang remeh dan sepele inilah yang tidak mau atau Enggan untuk melaksanakannya. Jangankan berkorban mengeluarkan dana besar untuk reward kepada karyawan berprestasi, untuk kasih ucapan selamat ultah aja rasanya beraatttt

      Delete
    2. berat kayak nggendong diri sendiri aja

      Delete
    3. Tak gendong kemana-mana....

      Delete
  7. Dulu di kantor sy pernah ada juga, cuma karna nominasi orangnya itu2 juga, buggetnya di gabung buat dana tour karyawan

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jadi nominasi kepala kantornya terus?
      #terlaaaluuu

      Delete
    2. @Mbak Susi : wah ini dia TOUR Karyawan kayaknya masih jauh panggang dari Api. Kami belum pernah tour karyawan secara sekaligus Selalu bagian per bagian dulu

      @Zach Flaz : Wahahahahhahaa

      Delete
    3. yg kayak gini bikin karyawan makin semangat n kompetitif :)

      Delete
    4. karyawan sahabat karyawati

      Delete
  8. kang, saya ngantuk
    masih di kantor padahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah |
      Kalau masih ngantuk juga mendingan setel METAL
      Arrgghhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

      Delete
  9. Benar.. reward untuk karyawan ga perlu gede-gede*tapi saya suka tuh kalo dikasih THR gede..heheh

    Dimulai dari hal yang kecil-kecil aja dulu, disapa dengan ramah saat berpapasan, dijenguk saat sakit,melahirkan atau sekedar menghadiri undangan syukuran yang diadakan karyawan. Loyalitas karyawan akan seirama dengan loyalitas pimpinan, dengan catatan keduanya 1 frekuensi *hassekklahh..hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kadang justru BOS yang kalau berpapasan dengan kita, lalu kita sebagai bawahannya menyapa atau senyum namun tidak berbalas. BOS cuek, acuh tak acuh Bikin pegel hati aja. Nda disapa, nanti dianggap pegawai tak tau etika

      Disapa, tapi bos tidak mendengar, atau tidak mau membalas sapaan atau senyuman kita. Kalau sudah begini serba salah.

      Delete
  10. Bagi karyawan penghargaan itu bikin bangga dan makin cinta pada perusahaan. Coba deh orang yang tersayang kita kasih perhatian, gimana?
    Saya setuju banget ada teladanan kayak begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah. Teirma kasih atas dukungannya. Salam kami semuanya di Pontianak

      Delete
  11. memang perusahaan harus memberikan reward kepada pegawai untuk memotifasi sistem kerjanya, ini sebetulnya keuntungan buat perusahaan ya mas...? semangat..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. btw mas asep blognya sampe saya bookmark supaya ga lupa hehe..

      Delete
    2. Hihihi Alhamdulillah
      Terima Kasih Teh Santika

      Delete
  12. Semoga Pak Asep menjadi blogger teladan di tahun 2015 ini. #eh

    ReplyDelete
  13. Memang itu perlu di setiap perusahaan atau instansi, memberikan penghargaan bagi karyawan yang teladan untuk memotivasi dirinya sendiri dan juga rekan kerja lainnya.

    Ayo Pak Asep jadi karyawan atau bos teladan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heiheihe maunya saya sih jadi Diri Teladan aja ah
      Hiehiehiehiheiee

      Delete
  14. Kita berdoa bareng saja pak asep, semoga jadi publikasi teladan 2015..
    Mastin Good !

    ReplyDelete
  15. model penghargaan karyawan teladan ini idealnya bisa memmacu semangat kerja semua..mudah-mudahan bukan hanya sekedar selembar piagam :)

    ReplyDelete
  16. Keren nih apa karyawan terbaik, jadi bisa sebagai contoh untuk teman-teman yang lainnya.

    ReplyDelete
  17. Kalok ada penghargaan gitu bikin semangat kerja ya, Kang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Beby, Bener bangedsssssssssssss

      Delete
  18. pastinya kang asep juga karyawan teladan, aku yakin :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwie'x Someo : Aminnnnnnnnnnn

      @Zach Flazz : AMinnnnnn

      Delete
  19. Saya kira, piagam atau ucapan terima kasih saja sebagai penghargaan atau reward kepada karyawan/pegawai belumlah cukup, mas Asep. Saya setuju dengan melengkapi semua itu dengan benda berharga, atau bentuk lainnya yang akan meningkatkan kinerja karyawan/pegawai suatu instansi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awsk : Saya pun sepakat. Kalau cuma terima kasih doangan aja jaman sekarang ini? Ah jangan ah

      Delete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog