Jual Milagros disini
Loading...

Majalah Masyarakat ASEAN

Catatan Asep Haryono

Ada beberapa exemplar Majalah datang di meja Redaksi beberapa hari yang lalu. Salah satu majalah tersebut bernama Majalah Masyarakat ASEAN.  Sampul depan (Cover) Majalah tersebut bergambar Presiden Republik Indonesia JOKOWI dengan warna belakangnya berwarna gelap atau hitam.  Majalah "Majalah ASEAN".  Ini menarik perhatian saya untuk sekedar membolak balik isi Majalah tersebut untuk saya coba bagikan di sini.  Ini bukan Review loh. Hheiheie.

Majalah ini Edisi ke 6 / Desember 2014 merupakan Majalah yang diproduksi oleh bagian Media Publikasi Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementrian Luar Negeri Republik Indonesia.  Nama Majalah ini duga sudah berubaha dari nama aselinya yakni "Bulletin Komunitas ASEAN".    Ada dua logo di halaman sampul depannya. Sebelah kiri Logo Kementrian Luar Negeri, dan disebelah kanannya logo ASEAN.

Yang menjadi coverage (Liputan) utama dalam edisi Majalah tersebut membahas tuntas Kiprah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) saat menghadiri rangkaian Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Myanmar.    Yang sering saya liat dan baca kalau ada pertemuan para Menteri atau Pemimpin Negara di Dunia baik kalangan ASEAN , G8 , maupun setingkat PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) selalu ada foto bersama.  Foto bareng saling berjabat tangan dan bergandengan tangan.  Klise memang.

Di halaman17 nya ada kupasan profil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia.  Apa ada yang sudah tau namanya? Jika belum, baiklah nama sang Menteri Luar Negeri Republik Indonesia di kahinet JOKOWI ini bernama Retno L.P.Marsudi.   Nah beliau inilah Wanita Pertama yang menjabat sebagai Menteri Luar Negeri di Indonesia.  Atau dengan kata lain beliau adalah Menteri Luar Negeri perempuan pertama di negeri ini..

Majalah ASEAN
Liputan Khusus tentang Profl Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia. Cukup menarik dan sangat inspiratif bagi kemajuan Wanita Indonesia. Foto Asep Haryono
Majalah ASEAN
Liputan Khusus KTT ASEAN bagi Presiden JOKOWI menjadi headline majalah ini pada edisi Bulan Desember 2014. Foto Asep Haryono

Ini  terasa cukup membosankan bagi mereka yang kurang menyukai artikel atau tulisan mengenai Politik Luar Negeri kita.  Saya aja kurang betah baca yang gituan.  Namanya juga selera kan. yang namanya Selera memang tidak dapat diperdebatkan.   Kalau saya sih senengnya sama travel note (Laporan Perjalanan) alias cerita jalan jalan.  Bagi saya pribadi artikel atau liputan itu selalu menarik perhatian saya.  Makanya kalau ada artikel atau tulisan soal jalan jalan (termasuk wisata kulinernya-red) selalu saya tunggu tunggu.


Nah dalam Edisi majalah tersebut ada juga artikel Wisatanya. Horee.  Misalnya di Halaman 61, Singapura dengan beberapa spot Wisata Belanja nya sangat mengesankan.  Salah satu alasannya karena saya belum pernah satu kali pun menjejakkan kaki di negara Singa itu.   Dalam artikel ini disebutkan beberapa titik titik strategis Surga Belanja di Singapura : China Square Central Flea , Mustafa Centre, Sungai Road Thieves Market , Bugis Junction , Lucky Plaza , dan China Town..   Belum pernah ke Singapura? Sama. Saya juga belum. Kalau gitu kita senasib. Tossss

Beberapa artikel lain yang tidak kalah menariknya di sini adalah Laporan Khusus yang berjudul "mampukah ASEAN menjaga Fondasi Bangunan Keamanan Kawasan?"., "Positif Negatif Makin Terbuka nya Wisata ASEAN" , "Indonesia Prakarsai Kerangka Keamanan Regional Dalam Forum KTT Asia Timur" , "Profil Perdagangan Vietnam dengan Negara ASEAN".|

Lalu ada juga tulisan berjudul  "Mengenal Lebih Jauh ASEAN-China Centre" , "Peluang Pasar ASEAN Bagi Perfilman Indonesia", "Indonesia Melangkah Cepat Menghadapi MEA" serta liputan menarik lainnya. Cukup bagus buat menambah wawasan dan perbendaharaan pengetahuan kita tentang ASEAN.  Ini memang Majalah lama Edisi bulan Desember 2014.  (Asep Haryono).


9 comments:

  1. Wah ada informasi tentang belanja juga toh, keren heee

    ReplyDelete
  2. weeeeeeee .... ada bapak presiden dsini ,,,, merapat dulu ah ,,, :D
    sambil nunggu teh anget dri kg asep ..hehe

    ReplyDelete
  3. kebetulan saya jauh dari kota jadi tidak bisa membaca koran yang gres/baru. susah juga yah kang.

    ReplyDelete
  4. Cover majalahnya bapak presiden RI ya kang...

    ReplyDelete
  5. pak jokowi keren deh nempel di majalah masyarakat asean..

    ReplyDelete
  6. wah, bagus majalahnya mas. Pasti dapat memperluas wawasan pembacanya tentang politik luar negeri Indonesia...

    ReplyDelete
  7. gambarnya diganti yang semok semlohay pak
    pasti ga bakalan bosenin biarpun panjang lebar :D

    ReplyDelete
  8. Pokoknya ASEAN harus maju.. Ngga boleh kalah sama Eropa.. :D

    ReplyDelete
  9. aku malah belum pernah baca majalah itu kang :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog