Jual Milagros disini
Loading...

Bakso Arema Malang

Catatan Asep Haryono
Cuapek sehabis ajak Tazkia Putri jalan jalan ke Ahmad Yan Mega Mall tadi malam, langsung saja buat artikel pendek saja   Suka Kulineran Bakso Arema Malang?  Mohon mangap eh maaf kalau saya salah tulis ya.  Soalnya dari Gerobak penjualnya ada tulisannya "Bakso Arema Malang".  Apa sahabat blogger ada yang pernah coba langsung bakso Arema Malang di kota Malang?

Apa iya konten atau isi komponen semangkuk Bakso Arema Malang yang saya serig icip icipin ini sama persis dengan penjual Bakso Arema Malang ini di kota asalnya, Malang?.Salah satu alasannya karena saya belum tau apa Bakso Arema Malang itu yang aselinya.   Dalam semangkuk Bakso Arema Malang ini yang saya liat sih ada kompoen Mie putih (So un?), Mie Kuning, Pangsit atau bakwan gorengnya mirip batagor gitu, bulatan baksonya sendiri, dan kuah.  

Benrkah komponen  aseli Bakso Arema Malang yang saya santap beberapa hari itu sama persis dengan Bakso Arema Malang di kota aselinya, Malang?    Nah biar nda pada penasaran, saya unggah dalam halaman di bawah ini 2 (dua) buah fotonya,  All right reserved.  Saya sempat mengambil foto penjual Bakso Arema Malang ini.  Tentu dengan izin yang bersangkutan donk.


Bakso Arema Malang
Mamang Bakso sedang meracik Bakso pesanan saya   Saya minta penjualnya untuk tidak mencampurkan Micin atau MSG di mangkuk bakso pesanan saya.  Foto Asep Haryono
Bakso Arema Malang
Dalam semangkuk Bakso Arema Malang ini ada banya kontennya  Mie Putih, Mie Kuning, Batagor atau Pangst Gorengnya, Bulatan Baksonya sendiri dan kuah   Foto Asep Haryono


Semangkuk atau seporsi Bakso Arema Malang yang saya beli beberapa hari yang lalu ini dibandrol dengan harga Rp.10.000,- (Sepuluh Ribu Rupiah).   Penjualnya (Mamang Bakso nya-red) menawarkan apakah saya  mau pakai Saos Sambal yang sudah disiapkannya  Saya jawab tidak.   Saya mendapat kabar yang belum saya konfirmasi kebenarannya,  Kabar bahwa Saos Sambal di mamang Bakso jalanan seperti ini tidak steril, tidak higienis , atau tidak sehat.    


Saya jadi ingat tayangan Laporan Investigasi dari salah satu TV swasta terkenal di Indonesia.  Dalam tayangan itu ada kecurangan atau Penjual Bakso yang nakal yang membuat Saos Sambal nya dari bahan cabe busuk dan memakai bahan penyedap (MSG) tinggi serta zat pewarna Tekstil   Benar tidaknya saya kurang tau  Yang jelas informasi yang saya dapatkan ya seperti itu.  

Saya lebih suka menggunakan Sambel Botol (Saus Sambal) yang sudah saya ketahui sumbernya.  Bukannya saya tidak percaya Saos Saos Sambal di gerobak Bakso si mamang  Tapi saya selera dengan Saos Sambal Botolan yang saya beli sendiri di minmarket.  Atau yang lebih amannya meracik Sambel sendiri d rumah.   Ini memang sebuah Pilihan.  Bagaimana dengan kalian?  (Asep Haryono).

28 comments:

  1. waah mantap sekali Kang. kalau bakso malang di malang ya sama aja kayak gitu. ada bakso yg bulat, mi putih sama mi kuning, gorengan bulat, gorengan lonjong, siomay, kadang kalau mau lontong juga bisa...hehe
    btw ternyata bakso arema sudah mengalimantan... hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah ini dia ada komponen Lontongnya. Wiiiiiiiiii jadi lapar hieieiehiehihe. iya Bakso di Pontianak ada banyak macamnya. Mulai dari Bakso dengan bekground primordial seperti Bakso malang. Juga ada bakso Lapangan Tembak, Bakso Mercon, Bakso Setan dll.

      Delete
  2. Srtauku sih pangsit mnjadi pembeda Bakso Malang. Jadi kalau ada niat mau beli bakso, udah bwa saos dr rumah ya, Om. Hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya kah?
      Hiehiei tapi memang benar kok. Saya pernah bawa SAOS Sambal merek A*C saat saya ngebakso di warung jalanan atau kuliner jalanan. Begitu semangkuk bakso terhidang di Meja makan, saya langsung buka tas, dan ambil saos sendiri.

      Orang orang yang pada makan semeja dengan saya pada melongo. Wahahah belum pernah kali mereka liat ada pembeli bakso yang bawa sendiri SAOS saMBAL nya

      Delete
  3. Kalo di sini, yang banyak itu bakso Solo, Pak Asep. Yang modern, sudah ada Bakso Lapangan Tembak (Senayan). Kalo bakso ini saya lupa sudah ada belum ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bakso Lapangan Tembak Senayan juga sudah buka cabang di kota Pontianak loh mba. Cuma sayang sekali saya belum sempat mampir . Keliatan belum ada waktu terluang. Hiehiehie. Kalau saya mampir Insya Allah akan dibuat reviewnya

      Delete
  4. Hahh...rasa Bakso Malang ini memang tak se-malang nasibnya.

    *usap air mata bahagia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha Duh duh cup cup. Heihiehei Makasih mas Ruddy Arra sudah menyempatkan hadir hari ini. Saya sedang di kantor ada pekerjaan sedikit. Ngeprint arsip dan surat surat

      Delete
    2. Ah gak usah repot-repot bikin surat buat aku, Kang, aku udah ada yang punya.

      Delete
    3. Wsahahahah iya iya

      Delete
  5. hmmm keren bakso arema ada di pontianak, arema memang ada diman2 ya mas :D jadi pingin nyegat bakso arema di depan rumah saya hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah ternyata Bakso Malang ini sudah memawabah di mana mana dan memberikan rasa sensasional aneka rasa. Mari Berbakso ria

      Delete
  6. ga jauh berbeda dengan penjual bakso keliling disekitar rumah, walaupun namanya bakso malang tapi aku yakin bener kalau dibuatnya ga dimalang, seperti juga nasi padang, bakso malang dikampungku masih murah mas, cuma gope ups.. cuma Rp500.00 per unit hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahaha pake sebutan Per Unit. Sudah kaya di dinas atau kantor perusahaan aja ehiehiehiehe. Murah ya cupa 500 rupiah. Wah kalau segitu harganya bisa Ngebakso terus sayah

      Delete
  7. Bakso Arema Malang di tempat saya dikenal dengan bakso Mbak Mery. Terkenal rame karena memang enak, mas Asep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya waa kedengarannya menarik tuh Uda Awak. Bisa kah dibuat postingan atau artikelnya Saya mau baca

      Delete
  8. bakso arema emang bener2 yahud ya kang asep, pentolnya banyak banget tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahah sebutannya "pentolan" untuk menggantikan "bakso" Hiehiheiheihee

      Delete
  9. Bakso malang variatif mas, di denpasar juga ada bakso arema yang dijual di gerobak. Kalau yang ada siomay, gorengan panjang, gorengan bulat dan pentolan itu namanya bakwan malang. Kalau bakwan malang tidak ada lontongnya tapi bakso arema pakai lontong, itu sepengetahuan saya. Kalau bakso lapangan tembak rasanya juga mantap, saya sangat suka hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah semakin banyak saja penggemar hidangan berkuah seperti Bakso ini. Hiehiehe. Bakso Lapangan Tembak senayan juga sudah ada cabangnya di Pontianak. Saya sendiri belum sempat icip icip

      Delete
  10. Replies
    1. Laperan Diterima
      Siapkan Barisan

      Delete
  11. waah baksonya bikin ngiler nih,,hehehe
    jadi pengen nyobain bakso arema malang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiehieh Ngebakso sore soere
      Syahdu sekali hiehiheiheee

      Delete
  12. kalo saya no komen aja mas,soalnya saya salah satu supporter PERSIB.saya cinta damai saja mas :D

    ReplyDelete
  13. Mantep Kang, apalagi dimakan panas-panas pas hari hujan :D

    ReplyDelete
  14. Berbicara mengenai mie, ijinkan saya berbagi informasi.
    Bagi pemilik restoran ataupun rumah makan yang memiliki menu mie, mungkin akan kesulitan mencari dus makanan yang tepat agar kuah dari mie tersebut tidak tembus.

    Untuk mengatasi hal tersebut, ini saya berikan referensi. Klik di sini.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog