Jual Milagros disini
Loading...

Betapa Nikmatnya Bersyukur

Catatan Asep Haryono

Seringkali saat orang diberikan kesusahan dan kesengsaraan dalam hidupnya, pasti membuatnya menjadi ingat dan dekat kepada Allah SWT.  Banyak orang yang lulus dengan predikat sangat memuaskan karena berhasil melampaui cobaan kesulitan dan kekurangan.  Mereka memohon kepada Allah SWT berdoa agar dihilangkan segala kesulitan dan kesusahan dalam hidipnya. 

Nyaris tiada hari tanpa alunan doa dipanjatkan kepada Yang Maha Esa agar segera dibukakan kemudahan dan dan diberikan kekuatan dalam menghadapi bebagai kesulitan. Namun begitu kesusahan dan kesulitan hidupnya diangkat Allah SWT, dan hidup senang dan berkecukupan rezeki, apakah mereka akan sama dekat dengan Allah SWT saat mereka di timpa kesusahan?  Mudah mudahan ya.  Semua kita semua menjadi hamba Allah SWT yang Pandai Bersyukur.


Bersyukur adalah kata yang sederhana. Hanya 1 kata saja. Bersyukur.  Namun bisakah kita menafsirkan kata "bersyukur" ini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari hari?  Melihat kesukesan yang diperoleh orang lain sering menjadi bahan gunjingan di antara sela sela makan siang.  Orang bisa traveling ke China misalnya, sudah banyak orang bergosip ria.  Darimanakah sumber dana nya mereka bisa jalan jalan ke China? Hasil korupsi kah? Pake uang sendiri kah? Atau pake uang kantor?  Wow please.  Berpikirlah positive terhadap keberhasilan dan kesuksesan orang lain

sleeping
TERLELAP : Seorang pekerja yang terlelap di atas sebuah mobil bak terbuka. Tidur dengan lelapnya.  Foto ini berhasil diambl dari jarak cukup jauh dari sisi atas.  Foto Asep Haryono
santai
  Foto Asep Haryono

Nah perhatikan 2 (dua) buah foto yang berhasil Penulis unggah di atas.   Tampak seorang pekerja yang kedapatan sedang terlelap di atas kendaraan bak terbuka.  Foto ini diambil pada tanggal 22 Nopember 2014 yang lalu.   Rasanya nikmat betul istirahat orang tersebut.  Ingin rasanya bisa tidur karena memang badan perlu istirahat, namun jarang jarang bisa tidur sepulas seperti dalam foto itu.

Melihat keberhasilan dan kesuksesan orang lain memang diperlukan sebagai pendorong dan motivasi untuk segera bangkit dan bekerja keras mewujudkan mimpi mimpi indah kita.  Bukan sebaliknya meniadi bahan gunjingan dan pembicaraan gosip di sela sela makan siang.  Sesekali cobalah melihat ke bawah.  Masih banyak orang yang untuk makan sehari hari saja susahnya bukan main.  Mengapa kita yang sudah diberikan banyak rezeki oleh Allah SWT masih juga tidak mau (segera) bersyukur?

Rezeki tidak selalu identik dengan benda atau kebendaan seperti harta kekayaan, uang melimpah, jalan jalan ke luar negeri, rumah yang bagus , emas berlian , dan masih banyak lagi kebendaan duniawi lainnya. Rezeko bisa berbentuk lain seperti kesehatanBanyak orang yang harus membayar biaya operasi yang sangat mahal hanya untuk bisa hidup sehat.  Mengapa kita yang sudah diberikan kesehatan fisik namun masih juga tidak mau bersyukur sudah diberikan kencatikan dari Allah SWT.  Mari kita renungkan. (Asep Haryono)

26 comments:

  1. Seorg pkerj yg trllp di mbil itu kbh nikmat dri pda tdur di kasur mewah tpi bnyk utang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat Atas KEPERTAMAXan nya mas Afghan FIu. Hi8ehiehiheel Selamat Memulai hari Senin ya. Semangadfsssss. I love Monday HIHiehiheiehieiehiehiheiheie. Ngopi ngopi

      Delete
    2. pertamax ya kang asep kalo aku dapat yg itu :)

      Delete
  2. Akhir-akhir ini jarang sekali saya tidur enak seperti bapa-bapa yang ada di foto artikel ini, karena banyaknya aktivitas dan setelah bangun di pagi hari badan terasa remuk bgt rasanya pengen di pijit hmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ai Wida : Iya bener bangeds. Saya aja sampai kepengen bangeds bisa tidur selelap itu. Rasanya damai banged dunia kalau begitu, Wah wah untuk urusan Pijit hahahah heiieiehiee. Uuhuiiiiiiiii

      Delete
    2. Haii, Wida!

      *dadah-dadah

      Delete
  3. Lama gak mampir ke sini ... sekalinya mampir langsung disuguhi tulisan inspiratif gini

    Thanks ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Astri Damayanti :Alhamdulillah. Semoga bermanfaat buat kita semuanya. Amin ya Rabbal Alamin

      Delete
  4. Bersyukur aku masih bisa ngapelin kang Asep. Artinya otakku masih bekerja dengan baik dan quota internet ku gak fakir-fakir amat. Bersyukur. Iya kan, kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rudy Arra : Ahayyyyyyyyyy hieiee iya makasih mas Rudy Arra. Sudah berkunjung di mari. heiheihiee. Kemana aja nih mas Rudy Arra. Kangen kita semuanya di sini hiehiheiheiee

      Muaaaaaaaaah Wahahahahhaa

      Delete
    2. Ups muncrattt kemana mana

      Delete
    3. baskom mana baskom... :D

      Delete
  5. iya bersyukur itu perlu :)

    ReplyDelete
  6. Kecapean jd sampe mules gituh ya kang

    ReplyDelete
  7. memang bersyukur itu penting dan wajib hukumnya sebagai tanda terima kasih kepada Sang Maha Pencipta. selanjutnya bersyukurlah karena telah disadarkan untuk bersyukur. terima kasih bang atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  8. memang bersyukur itu penting dan wajib hukumnya sebagai tanda terima kasih kepada Sang Maha Pencipta. selanjutnya bersyukurlah karena telah disadarkan untuk bersyukur. terima kasih bang atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  9. orang yg kurang brsyukur sedikit demi sedikit akan dikurangi nikmatNya :)

    ReplyDelete
  10. nah itu lah hikmah nya kalo kita bersyukur pasti hidup tenang dan senang pastinya :)

    ReplyDelete
  11. Bersyukur itu simpel sebenarnya ya, Kang.. :D

    ReplyDelete
  12. Endingnya keren mas :)

    ReplyDelete
  13. Baca artikel ini hati rasanya adem, kalo kata KH. Zainuddin MZ syukuri apa yang ada dan jangan mengharapkan yang tidak ada, yang ada lah harapan kita...lebih baik makan singkong tapi beneran daripada makan roti tapi cuma mimpi :)

    ReplyDelete
  14. meskipun mencapai kesuksesan duniawi yang tinggi rasanya tidak akan terasa nikmat jika tidak bersyukur ya mas..

    ReplyDelete
  15. Coba kita yang tidur seperti itu ya mas. Jangankan di tempat terbuka dan apa adanya, di kasur yang empuk pun kita belum tentu dapat tidur terlelap seperti pekerja itu...Iya, ini hikmah terbaik buat kita untuk selalu bersyukur...

    ReplyDelete
  16. Dengan bersyukur dan menerima apa yang telah di berikan kepada kita, tentu itu akan membuat kita lebih mengenal dan memaknai artidari kehidupan ini ya Pak

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog