Jual Milagros disini
Loading...

Sponsor Warung Warung

Catatan Asep Haryono

Beberapa hari yang lalu saat masuk ngantor seperti biasanya (Ciee orang kantur ) penulis masuk lewat halaman depan atau pintu gerbang  Walau secara fisik memang tidak ada plang seperti ada Razia kendaraan atau semacam checkpoint pemeriksaan kendaraan yang masuk ala di film film perang Hollywood.    Masuk ya masuk aja gitu deh.

Namun padangan mata Penulis tertumbuk pada sebuah plang papan  (bilboard atau semacam papan spanduk-red) yang "nangkring" di atas sebuah warung makan.  Letaknya memang disebelah Gedung Graha Pena.   Rumah Makannya relatif "baru" karena memang baru keliatan penghuni barunya.  Lokasi Warung itu dulunya diisi oleh pedagang lama, kini sudah diisi oleh pedagang yang baru.  Spanduk tersebut ada "pesan sponsor" nya. Hiehiheiheiheie.

Adalah rumah makan "Mak Neng" namanya  Papan board yang dipasang di atas kedainya jelas tertulis nama Perusahaan  tempat Penulis bekerja,  Dari sini sudah jelas maksudnya bahwa Perusahaan mungkin dari departemen Marketing dan Iklan mulai gemar "memburu" para pengusaha Kaki lima,  rumah makan dan pedagang warung di sekitar Graha Pena sebagai "basis" untuk memasarkan Brand Image perusahaan agar lebih dikenal oleh masyarakat sekitar.  


Apakah warung warung yang sudah mendapatkan "sponsor" Papan Board iklan ini juga akan dimintakan "kesediaannya" untuk juga menjualkan atau memasarkan koran kita?  Tentu tidak ada asap kalau tidak ada api    Secara teori tidak ada "makan siang gratis'.  Tentu ada feedback atau Umpa Balik nya terhadap Perushaan.  Salah satunya adalah mereka "wajib" menerima nama Perusahaan ikut "mejeng" di samping nama Warung Makan yang bersangkutan.

Warung Rumah Makan Mak Neng
PLANG SPONSOR :  Jelas ada nama Perusahaan "menempel" dengan nama warungnya.  Di sini jelas ada kerja sama tertentu yang sudah terjalin antara Perusahaan dengan Warung ini.  Foto Asep Haryono

Ini bukan hal yang baru bagi Marketing strategy.   Beberapa perusahaan penyedia Telepon Selular baik Pra Bayar atau Pasca Bayar sudah lebh dahulu melaksanakan teknik ini. Coba lihat di sekeliling lingkungan kita masing masing. 

Banyak toko toko M Kios dan atau Toko Ponsel atau Selular yang Papan nama Perusahaannya dipasang "logo" perusahaan Sponsor.  Beberapa penjual M Kios atau Toko Ponsel banyak yang menerima Reward dari perusahaan Sponsor dalam bentuk hadiah hadiah untuk periode tertentu atas pemasangan Plang Toko yang mencantumkan logo Sponsor. (Asep Haryono).


60 comments:

  1. Salam Malam Pak Asep simak dan baca dulu artikelnya nanti komen belakangan ya. salam ceria selalu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh tak di sangka kiranya saya dapat Pertamax lagi Mkasih ya Pak Asep atas sponsor iklan warung nya

      Delete
    2. @Saud Karrysta : Met pagi juga hiehiehe Semalam nda bukak PC sama sekali. Ngantuk bangeds. Hiehiheie Yuk seruput kupi

      @Wong Crewchild : Iya hiheihieee

      Delete
    3. Hahahaha Pertamax selamat selamat
      Hiheiheiee. Gpp

      Delete
    4. pasukan boleh bubar jalan belum Kang?

      Delete
    5. ehehe bole boleeeeeeeee

      Delete
    6. POKOKNYA SAYA PERTAMAX!!!
      TITIK

      Delete
    7. Enak saja Mas Zach ini main sruduk aja Pertamax nya? Kan saya sudah resmi di dedikasihkan ke saya Pertamaxnya ya Kan Pak Asep? wew akh hkhkhk

      Delete
  2. Kalau Group Band/Dut saya turut pajang Sponsor di warung warung di Kota Pontianak gimana Pak bisa gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kok mas, asal duitnya juga pas

      Delete
    2. @Saud Karrysta : Hahahah bisa bisa

      @Ocha Rhoshandha Ykt : Tullllllll. Ocha dah pinter bisnis nih hihihihi

      Delete
    3. pokoknya makan dulu, baru bayar

      Delete
    4. Betul. Bis bayar boleh pesen lagi
      Lali eh lalu bayar lagi

      Delete
    5. kan dibayarin sama Kang Saud

      Delete
    6. Hahahah iya bener juga ya

      Delete
    7. Kalau Iklan/banner saya bisa di pajang disini jangan kata Mas Zach suruh bayarin makan Pak Asepnya juga saya kasih amplop deh. sekalian Mbak Ocha saya borong eeeh traktir eeeh enggak ding hkhkh

      Delete
    8. di pasang di Blog saya juga boleh Pak Saud :D ...

      Delete
  3. Gimana kalau kita nitip iklan promosi blog disana pak :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo, aku ikutan dah numpang promosi

      Delete
    2. @Rullah : Hahahaha good idea

      @Ocga Rhoshanda Ykt : Hiehiehie yukkkkkk

      Delete
    3. saya numpang mejeng sama motor harley yang roda tiga boleh nggak? saya genjot dulu

      Delete
    4. Bole bole. Sekalian bawa Klepon 1piring
      yang rasa sate ayam ya

      Delete
    5. ini klepon apa dadar gulung?

      Delete
    6. Kue koci sapa yang mau nih saya bawakan Buat Bapak Asep asli Khas SUBANG-JABAR

      Delete
  4. sering lihat model sponsor sperti ini, saling menguntungkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener. Sudah banyak memang. Beberapa ponsel malah sudah lama dipasangin spanduk seperti ini. Kerja sama saling menguntungkan tentu

      Delete
    2. saya juga sponsor lho. sponsor kelahiran anak2 saya

      Delete
    3. mas zah> bukan sponsor, tapi tersangka

      Delete
  5. yah Kang, pokoknya cara apapun asal membuat dapur ngebul kan keren-keren aja ya Kang? saya juga sebenarnya pengen pake kaos yang ada merek iklan yang banyak, terus pemilik produk bayar ke saya, keren nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaah ide yang brilian
      Bole juga ditiru nih hiehiehieee

      Delete
  6. saya pertamax lagiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. pertamax dari hongkong.. :D

      Delete
    2. Hahahah nanti beneran ada pertamax dari Hong kong

      Delete
  7. intinya saling menguntungkan..kalu g salah istilah biologinya simbiosis mutualisme...iya g sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. HIheiehie iya bener bangeds

      Delete
    2. ternyata saya pinter bingit ya..selamt deh but saya

      Delete
  8. sebenarnya cuma untuk menghindari pajak reklame ya pak ? banyak akal dan celah....heheheeee...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya kali hiehiehiee

      Delete
    2. ketawanya masih ada Kang?

      Delete
  9. bisnis seperti ini memang menjanjikan yakang
    pasti warungnya rame nih hingga perusahaan itu mau memasang banner

    ReplyDelete
  10. Salam sore Pak Asep. Semoga sepnsor di warung warungnya sukses ya Pak.. Kasih ongkos tuh Pak Mas Yanto diatas gak berani kaya nya bilang langsung ke Pak Asepnya tuh hkkhkhkh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehh sore juga mas Saud nan ganteng. Heihiehieieie. Hahahah iya kah

      Delete
    2. kang saud langsung tersipu dong

      Delete
  11. Kolaborasi cerdas antara dua pihak dalam strategi pemasaran produk ya mas Asep....mantab mas Asep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kang asep memang cerdas.
      makanya jadi guru kita.
      ayo jangan main2 sama Kang Asep kalo nggak pengin disetrap

      Delete
  12. sama dong, di sini bahkan banyak warung sate kaki 5 (yang adanya ba'da magrib) yang punya papan nama dari kain (hiyaaa apa itu namanya) dan ada sponsor kreditan motornya. bikin saya mupeng kredit motor lagi, tapi takut hilang lagi #galau

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog