Jual Milagros disini
Loading...

Orak Arik Porak Poranda

Untuk urusan dapur mungkin penulis masih dianggap "newbie" alias "anak bawang". Soalnya aseli dari sejak jaman Kuliah di era 90 an (era jadoel-red) sangat jarang bersentuhan dengan yang namanya penggorengan, cobek apalagi masak memasak. Taunya cuma pulang kuliah langsung ngacir ke rumah makan untuk makan siang atau makan malam.  Masak juga sih namun yang gape (mahir) ya hanya masak Mie Instant merek tertentu yang menjadi makanan "andalan" nyaris setiap hari.

Keinginan untuk masak memasak sendiri sebenarnya sudah lama ada.  Namun karena waktu itu belum ada sarana dan prasarana (jaman kuliah-red) jadi ya gitu tadi "ritual" nya.  Bolak Balik dari rumah makan yang satu sampai ke rumah makan yang lainnya.  Memasak Mie Instant yang satu ke Mie Instant yang lainnya. Dari Mie ke Mie, dan dari Rumah Makan ke Rumah Makan. Gitu deh kira kira ceritanya.   

Biar lambat asal tidak terlalu lambat gitu deh.  Akhirnya passion untuk mulai menggemari masak memasak akhirnya datang juga masa masa "indah"nya. Bermula dari iseng iseng mencoba Menu Resep Masakan yang ada di buku resep yang boleh beli di Toko Buku Gramedia Pontianak.   Resep Pertama yang diuji coba di Dapur penulis kalau nda salah ingat sih saat praktek membuat Omelet Mie.  Orang bilang sih lebih mirip Pizza dari Bahan Mie.  Ini spesial banged momentnya.

Kalau dari segi cita rasa mungkin amburadul. HIheihee  Yang spesial adalah saat Penulis Uji Coba Resep Membuat Omelet Mie itu tepat di Hari Ultah Istri Tercinta tanggal 23 Oktober 2012 saat itu.  Memang bertepatan dengan Ultah Kota Pontianak dengan tanggal yang sama.   Lalu kemudian praktek Uji Coba dari Buku Resep Masakan lagi. Kali ini adalah membuat Pizza Daging Asap.    Wah bisa membuat Pizza Daging Asap rupanya ya?  Ya tinggal praktek dari Buku Resep aja. HIheiheiheiheiheie

coba dari resep
MENU : Inilah Orak Arik Telur yang merupakan hasil mempraktekkan dari Buku Resep.  Walau hasilnya galau tapi senang juga setidaknya sudah mencoba membuatnya.  Foto Asep Haryono

Ini masih berlanjut sampai sekarang.  Tentu saja tidak setiap hari, atau setiap minggu masak masak Uji Coba Resep dari Buku Resep tentunya.  Sesempatnya aja. Karena yang namanya ber experiment di dapur juga butuh persiapan ini itu.  Mulai dari membeli bahan bahan dasarnya, hingga kepada "asesories": masak memasak lainnya yang disesuaikan dengan Jenis menu dari Buku Resep yang mau diuji cobakan.  Kalau yang terlalu rumit bahan bahan dasarnya biasanya penulis malas.   Misalnya Keju Mozarella.  (Mangap eh maaf kalau saya salah menuliskannya. Mohon dikoreksi jika salah-red).

Keju jenis ini agak susah dicari di tempat terdekat, jadi kudu (harus) mlipir ke Mall.  Juga Teh Origano , Jintan , Minyak Zaitun dan lain sebagainya.  Bagi yang sudah terbiasa memasak dan shopping (berbelanja) tentu akan sangat mudah hunting (berburu) bahan bahan "ajaib" seperti yang sudah saya sebut tadi   Nah bagi yang awam seperti penulis ini untuk berburu bahan bahan seperti itu bisa bikim Mumet (pinjam istilahnya mas Rawins-red).   Nah itu dia romantika bereksperiment di dapur sepanjang pengalaman penulis aja sih.

Uji Coba Resep terbaru adalah membuat Orak Arik telur sebagai sarapan praktis pagi hari.  Omelet memang ada berbagai macam dan jenisnya.  Bisa search di Google dengan keyword Orak Arik  pasti akan keluar puluhan bahkan ratusan resep masakan sudah tersedia di sana.  Tinggal praktekkan saja.  Nah kebetulan resep Omelet Telur sudah ada dalam salah satu Buku Resep yang ada di perpustakaan di rumah.  Dalam buku Resep "Menu Sehat Untuk Balita" yang ditulis oleh Dra. Rusilanti, MSi , Penerbitnya dari Kawan Pustaka, Tebal 28 halaman,  ISBN
9797571122.  Nah sahabat blogger bisa mencari sendiri buku tersebut.

Jangan ditanya soal cita rasanya ya.  Soalnya kalau bagi lidah penulis sendiri sih uenak aja. Nggak tau kalau diicip icip sama lidah orang lain Heihieiehie.   Tapi benar, sudah berhasil diuji coba oleh Penulis tuh Menu Orak Arik Telur. Sayang sekali  bahan utamanya berupa daging sapi yang sudah digiling tidak tersedia, dan tidak ada penggantinya.   Mungkin nda sempat ngacir ke pasar beli,  Ya anggap aja "pre memory" seperti Upacara 17 Agustusan.   Jadi hasilnya sudah bisa ditebak Porak Poranda sesuai dengan judulnya Orak Arik Porak Poranda.  (Asep Haryono)

 

34 comments:

  1. kok aneh ya orak ariknya...kalau di tempat saya ndak kayak gitu orak ariknya...beda bingit...izin patroli...malam minggu banyak yang gituan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillaah dapat nomer sitok... :D

      Delete
    2. Alhamdulilah saya gagal Pertamax nih hheee :D

      Delete
    3. saya dapat orak-ariknya :D

      Delete
    4. pantes namanya orak arik porak poranda pak :D

      Delete
    5. saya pertamax
      #cuek

      Delete
  2. boleh donk sya icip-icip banyak ,,,, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nanti sabar ya Mas Fiu, icipinya setelah saya, oke kan? Saya sudah pesan dari kemarin ya Kan Pak Asep..?

      Delete
  3. Selamat Pagi Pak Asep. pas pagi langsung disuguhi masakan ala Pontianak kaya apa rasanya yah..? boleh pesen satu porsi Pak Asep..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beneran boleh? saya juga kalo gitu

      Delete
  4. Saya belum pernah lihat wujud asli orak-arik Mas. Menurut saya orak-ariknya Mas Asep itu udah bener dari segi tampilan, orak-arik itukan sama kayak amburadul/acak-acakan gitu yaa? Jadi cocok banget kalau semrawut platingnya. Hihi.... piz Mas Asep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahah iya ini orak arik paling berantakan yang pernah saya buat. Hancur lebur tidak karu karuan Rasanya juga menyedihkan Hahhahahahaa

      Delete
  5. hohoho unik juga pemberian nama masakannya.
    orak arik porak poranda.
    kirim 1 porsi ke sini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya ini sama porak porandanya sama PIZZA yang juga pernah saya buat. Hidup porak poranda

      Delete
  6. Wah memang benar2 enak gan nih makanan orak arik selain itu juga ini makanan pedas banget gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener bener, Bisa dikasih pedas sesuai selera

      Delete
  7. kalau saya sih sukanya oreg tempe pak, trs di masaknya pake kecap plus pete yg diiris2 kecil... wuih,.... mantap pokonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhahaah keren keren. Hiehiehe. Bole bole ditunggu postingannya. PETE boleh juga tuh

      Delete
    2. saya nunggu dikasih aja

      Delete
  8. kalau lidah saya suka yang agak pedas alias banyak cabe alias boros cabenya mas Asep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener bener. Khasnya ya. Saya suka Rendang juga loh. Yang pedasnya sembriwing Hiheiheieihiehiehiehiheie

      Delete
  9. mudah sekali nih,,,aku juga pernah nyoba,,,hasilnya enaknya minta ampun,,alias gosong,,,hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hiahia iya kah? Wahahah Heiiehie. Gosong nih yee Hiehiehiehieiee

      Delete
  10. Orak arik ada macam-macam lho pak asep. ada orak-arik ori, alias cuma telor doang yang digoreng acak gitu, ada orak-arik yg campur daging kyk pak asep bkin, ada orak-arik sayur...nah yg terakhir ini yang paling suka... kapan2 deh sy bkin postinganya.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahah iya banyak macamnya orak arik. Tapi yang saya buat ini orak arik spesial pake kornet kalau nda salah,. Cuma bahan dagingnya nda sempat beli.wahahahah

      Ujung ujungnya udah mirip ORI aja Hiehiheiheiee. Iya ditunggu ya Orak Arik Sayurnya. Soalnya saya suka makan Hiheiheiee

      Delete
  11. Eank tuh kalo di makan sore-sore nasi anget air teh anget + kerupuk widiiiiih mantep dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheieh iya kah Heiheie. Wahaha jadi lapar dah heiheiheiheiheiee

      Delete
    2. Eank itu bahasa apa Mbak?

      Delete
  12. kalo saya jadi lapar begini gara2 baca postingan, siapa yang mau tanggung jawab coba?

    ReplyDelete
  13. Hebat, saya bisanya mie instan dan telor rebus. :D
    (PS: foto boleh juga tuh, 'Asep Jeksien: ful eksien !! ' )

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog