Jual Milagros disini
Loading...

Nikmatnya Segelas Air Tahu

Catatan Asep Haryono

Setiap kali mengantar anak ke sekolah, Penulis biasa memberi "bekal" tambahan buat Abbie yang kini duduk di bangku kelas 1 SD di daerah kawasan Paris.   Eit Bukan Paris yang ada di negara Perancis ya.  Paris di Pontianak merupakan kepanjangan dari Jalan Parit Haji Husin.  Nah jika Sahabat Blogger berkunjung ke Pontianak , Ibukota propinsi Kalimantan Barat, niascaya akan dibawa ke sini.

Nah karena lokasi sekolah anak saya di kawasan PARIS,  ada banyak pertokoan, rumah makan, kedai kedai, cafe dan juga Toko Kue berderet deret di sisi kanan dan Kiri kawasan PARIS tersebut.  Salah satu kedai Kue yang menjadi salah satu langganan Abbie, anak saya, adalah Toko Kue AFIFA.   Penulis pernah membuat tulisan singkat tentang Profil Toko Kue AFIFAH ini dan diposting pada tanggal 4 Oktober 2012 yang lalu.  Bagi yang penasaran bisa langsung membaca artikelnya di sini. .

Nah di sisi sebelah kiri atau kanan dari toko kue "Afifah" ini ada penjual air tahu.  Hayoo siapa di sini yang pernah mencoba minuman Air Tahu? Apa ada yang tau apa itu air tahu?  Mungkin kalau Kembang Tahu sudah ada yang pernah mencobanya?  Informasi lengkapnya bisa dicari dari Mbah Gugel (baca : Google) ya dengan kata kunci "air tahu" dan atau "kembang tahu". So eh jadi Penulis tidak perlu mengulasnya lagi di sini.  Nah baik Air Tahu atau Kembang Tahu di kedai ini hargnya murah.  1 porsi hanya goceng alias Rp.5.000,- (Lima Ribu Rupiah) per gelas air tahu atau per mangkok Kembang Tahu


Air Tahu
AIR TAHU : Ada banyak penjual Air Tahu di Pontianak. Salah satunya di samping Kantin AFIFAH di Jalan Parit Haji Husin 2 Pontianak ini.   Enak, murah meriah. Foto Asep Haryono
NIKMAT :  Seorang pelanggan cilik sedang menikmati segelas Air Tahu di pagi hari.   Anak ini hampir setiap pagi berkunjung di sini untuk menikmati Segelas Air Tahu.   Abbie, anak saya. Hihihi.  Foto Asep Haryono

Dari bentuk fisiknya memang berwarna Putih khusus untuk segelas Air Tahu. Jadi jika segelas Air Tahu dipajang di atas meja makan, sekilas orang yang melihatnya akan mengira itu adalah Segelas Air Susu. Baik susu Bubuk atau Susu Full Cream.  Susu pada umumnya berwarna Putih bersih.  Ada juga warna SUSU yang tidak aseli Putih,  namun berwarna lain.  Jelas aja kalau ditambah dengan sesendok teh Kopi bubuk jadilah susu yang aselinya berwarna putih menjadi tidak putih lagi.  Jadi Kopi Susu.

Nah cita rasa Air Tahu yang sering Penulis coba di tempat tersebut cukup enak, manis dan hangat.  Di sajikan dengan hangat sama kakak penjualnya.  Kadang Air Tahu ini lebih terasa nikmat jika disajikan dalam keadaan panas atau hangat.  Tapi lagi lagi ini kan menyangkut soal SELERA bukan. Selera orang memang berlainan. Ada yang suka disajikan hangat ada juga yang dingin dengan menambahkan es di dalamnya. Kalau Penulis sendiri suka yang hangat karena pada dasarnya Penulis suka kehangatan.  Nah loh.

Rasa segelas Air Tahu ini bertambah sedap karena dicampur dengan Susu kental merek tertentu. Jadi cita rasanya semakin sedap dan cukup manis.  Bagaimana dengan kembang tahu nya?  Mungkin di episod tulisan yang akan datang Insya Allah akan disampaikan mengenai Kembang Tahu nya.  Nah untuk segelas Air Tahu seharga 5000 rupiah ini cukup mengenyangkan.  Satu porsinya menggunakan Gelas dengan ukuran cukup besar. Jadi jika anak saya yang berusia 6 tahun ini diminta menghabiskan satu gelas Air Tahu dijamin tidak akan habis. Nah saya lah yang bertanggung jawab "meneruskan" nya alias "ngabisin" nya.  (Asep Haryono)
.

30 comments:

  1. Ijin baca artikelnya Pak Asep. sebelum baca komentar dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Saud Karrysta : HIheiheie iya silahkan silahkan Heiheheiheei Komentar langsung lanjuttt

      Delete
    2. heyyy...yg bertengger di top koment syapa ya Kang,..? kayak kennal..tp di mana ya..?..

      Delete
    3. @Alduno Syah : Berdasarkan stats nya peringkat tertinggi terbanyak adalah @Saud Karrysta yang dikemudian dibayang bayangi oleh @Aldino Syah hahahaa. Beda tipis. Setipis silett

      Delete
  2. Maaf Bapak Sobat semua Pertamaxnya saya amankan dulu
    Saya baru tau nih Pak Asep kalau air tahu bisa menjadi sesuatu yang Nikmat ya. di tempat saya belum ada tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh saya pesan Segelas air tahu yang nikmat itu Pak Asep..? jadi penasaran deh ?

      Delete
    2. @Saud Karrysta : Heihiehie Silahkan. Selamat menikmati PERTAMAX nya. Segelas air tahu siap dikirimkan Pake sambel nda

      Delete
    3. petromaks di bawa lagi deh sama Kang Saud..!, padahal nda lama lagi nyari kodoknya..!:(

      Delete
  3. Jadi kepengin coba minum air tahu setelah membaca dan melihat eksperesi Abbie menikmati Air Tahu...hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awak : Hehiheiheie iya kah ihehieie Memang nikmat di minum di pagi hari. Segar dan Hangat gitu heiheihehihee. Makasih sudah mampir Uda

      Delete
  4. Blom pernah nyobain kang, namanya aja baru denger saya mah, jadi penasaran euy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marnes Kliker : Iya kah hiehiheiheiheiee

      Delete
  5. Aku lumayan sukak air tahu, cumak uda jarang minum soalnya ngga ada yang jualan sih. Heheh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Beby Rischka : Wah masa iya sih. Hmmm cari dimana ya kalau ngga ada

      Delete
  6. Wah ternyata air tahu enak,,baru denger kali ini saya,, soalnya gak ada didaerah saya

    ReplyDelete
  7. ternyata air tahu juga bisa dijadikan minuman ya... hehe.. disinimah nggk ada mas yg jualan seperti itu... kreatif pontianak

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Sharing: Oh ya kah. Jaman saya kecil dulu malah susu Kedelai yang ngetren ya

      Delete
  8. nyaris lewat lagi innih infonya Kang..!, tp..skrg nda bakalan lewat lagi semua postingan Kang Asep..sy sdh pasangi penyadap..jadi gak bisa kemana2 lagi..:):)..eiii..wadduh maap nih Kang.. diluar kontek judul inih..!

    hampir lupa nikmatnya air tahu inih Kang..sdh memang lama nda pernah mencicipinya..katanya kalau org kurus kalau diminum tengah air tahu inih bakalan cepat gemuk..kayak ituh Kang..!

    Ban kempes dipompa..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aldino Syah : Wah sampai dipasang penyadap juga. Hiehiehiehie Sudah kaya James BOnd donk hiheiheiee. Gak papa. DI sini komen aja, OOT juga masih diterima. Karena pemilik blog www simplyasep com ini juga sudah lama OOT nya.

      Kalau mau gemuk ya perbanyak Ngemil di malam hari, Porsi makan sedikit dilebihkan. *Abaikan

      Delete
  9. ini dia yang enak dan segar. air tahu juga bisa membantu dalam mencegah sakit jantung atau jantung berdebar mas. namun untuk anak, tidak ada salahnya kalau sekali-sekali juga dikasih kembang tahu. karena ini untuk perbaikan sel pertumbuhan juga. ok terimakasih atas pencerahannya. salam sahabat blogger dan mahesa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mbah Dinan : Iya bener sekali. Anak saya suka dengan Kembang Tahu. Namun karena 1 porsi terasa cukup banyak, jadilah kami berdua yang menghabiskannya. Murah meriah juga. Salam kembali dari saya sekeluarga

      Delete
  10. pasti susunya seperti susu kedelai,,enak baget,,kang bagi poo kang,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex'z Someo : Hiehieh iya mbak yu. Emang rasanya sudah mirip banged sama rasa SUSU. Iya mari mari

      Delete
  11. Lama gak berkunjung ke sini, pas kesini langsung disuguhi air tahu :D
    Air tahu itu sama dengan susu kedelai kali ya mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Astri Damayanti :Lebih nyaman SUSU KEDELAI . Soalnya jelas SUSU. Sedangkan air tahu hanya warnanya aja yang PUTIH seperti susu Dan rasa air tahu jelas bukan rasa SUSU. Hanya agak mirip rasa SUSU karena sering dicampur dengan susu kental

      Delete
  12. Gimana itu rasanya air tahu, yang aku tahu air warn aputih kaya gitu hanya susu hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ai Wida : Rasanya ya seperti susu gitu. Karena sudah ada campuran dari susu kental merek tertentu. Ya sedep gitu mba

      Delete
  13. Numpang lewat ya gan :)

    http://idr-poker.blogspot.com/

    http://beritaolahraga108.blogspot.com/

    http://lihatberitaakurat.blogspot.com/

    http://liatberitabola.blogspot.com/

    http://beritaolahraga1081.blogspot.com/

    http://infobolakakiterbaru.blogspot.com/

    http://beritasportsterpercaya.blogspot.com/

    http://seputarberitabola108.blogspot.com/

    http://beritaterbaruseputarolahraga.blogspot.com/

    http://agen-bola-sbobet-jagad303.blogspot.com/

    ReplyDelete
  14. boleh di coba mas, kalau ada kesempatan ke Pontianak kayaknya enak sekali. pasti cita rasanya beda kalau asli sana.
    apalagi di tambah suasana sana.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog