Jual Milagros disini
Loading...

Nikmatnya Sajian Zuppa Soup

Catatan Asep Haryono

Sewaktu penulis sekeluarga menghadiri acara Ngunduh Mantu salah seorang rekan kerja Penulis hari Ahad tanggal 3 Nopember 2014 kemarin itu, ada salah satu menu Kuliner yang disajikan di acara itu yang cukup enak, hangat dan nikmat,.   Namanya Zuppa Soup.   Jika searching di Google dengan kata kunci (keyword) "Zuppa Soup" maka akan keluar semua informasinya baik dalam bentuk image (gambar) maupun aneka resep resep cara membuatnya. Mudah sekali bukan.

Sekilas bentuknya unik juga,.   Secara fisik terlihat cangkir atau gelas berbahan porselen (Mangap eh maaf kalau salah tulis-red) dengan "tutupan" sebuah Roti Bakar nya.  Apakah itu benr benar roti tawar yang sudah dipanggang dan diletakkan di atas gelas?  Yah semacam Pastry gitu deh.  Bagi yang kurang paham arti Pastry kira kira maknanya adalah Kue Panggang. 

Dalam Wikipedia Indonesia menyebutkan Pastry ini adalah Kue Panggang yang dibuat dengan berbahan dasar tepung terigu , gula , baking powder  , susu dan lain sebagainya. . Nah saat Penulis melihat sajian Zuppa Soup yang sudah berjejer rapi di atas meja lengkap dengan petugas nya yang manis manis itu, Penulis langsung mencoba satu porsi saja.   Soalnya tidak tau apakah (Zuppa Soup) ini akan sangat mengenyangkan seperti menyantap Nasi atau sekedar cemilan saja.  Itu yang belum tau saat itu


Sajian nikmat dinikmati di meja
HANGAT : Zuppa Soup ini harus di saji dalam keadaan panas atau hangat karena jauh lebih nikmat disantapnya. Lebih enak lagi kalau Gratis alias tidak perlu beli.  Hihii.  Foto Asep Haryono
Sedapp
ZUPPA SOUP  : Terdiri atas 1 lembar Roti panggang di atasnya menutupi cungkup Cangkir gelasnya yang sudah berisi SOUP jagung yang nikmat.  Boleh pake saos Sambal atau pedas.  Foto Asep Haryono

Bagaimana dengan cita rasanya?   Bagi Sahabat Blogger yang sudah mencoba Kuliner Zuppa Soup ini tentu akan sangat familia dengan cita rasanya.  Namun bagi Penulis saat itu memang belum tau rasanay sampai akhirnya bisa icip icip.   Rasanya yang utama adalah Soup nya itu sendiri.  Khas Soup Jagung dengan kuah yang agak kental.  Ada isi Dagingnya juga sensasi rasa jamur dan bawang bombanya.  Namun yang terasa banged adalah Kuah Kaldunya. 

Soup Jagung kental nak nikmat bertabur isi cacahan daging ayam, makaroni ini ada di bagian cangkir belingnya.  Jadi Roti Pastry ada di atasnya, dan kuah Soup nya ada di cangkir gelasnya. Nah unik bukan. Jadi para pelanggan dan penikmat Zuppa Soup bisa langsung menyeruput Soup nya dengan dicocol cocol Roti Pastrynya.  Atau cara makannya bisa dmulai dengan mengupis kecil Roty Pastry nya lalu dicelup celupkan ke dalam Soupnya.  Lalu disusul dengan seruput Soupnya dengan memakai Sendok. Biar rapi dan tidak belepotan di bibir. Hiehiehiiehieie.


Di Pontianak , Ibukota propinsi Kalimantan Barat , juga banyak yang menjual Menu Kuliner Zuppa Soup ini.  Salah satunya yang berhasil penulis hubungi adalah Pizza Star Hots yang berlokasi di Jalan Sultan Abdurrahman (Depan Masjid Jihad) dan di Jalan Prof. Dr.Hamka, Gang Padi 9 Nomor 1, Pontianak.  Mereka melayani pemesanan Zuppa Soup partai kecil maupun besar.  Khusus untuk acara Ulang Tahun mereka mematok harga Rp.15.000,-/Per Cup Zuppa Soup.

"Untuk pemesanan di rumah, kami harus menyiapkan Zuppa Soup ini langsung di rumah pelanggan atau pemesan karena Zuppa Soup ini harus disajikan hangat agar nikmat" kata salah seorang Staff Pizza Star Hots yang berhasil dihubungi via telepon.   Mereka menyarankan Zuppa Soup ini juga bisa disajikan sendiri, dan mereka yang membawa ke rumah pelanggan dan pelanggan bisa menghangatkan atau memanasi dahulu Zuppa Soup sebelum disajikan. " Untuk paket Sambel Saus dan Cabenya sudah kami sertakan juga" katanya mengakhiri pembicaraan telepon tadi.

Dulu tetangga depan rumah baru pulang dari Negeri Kincir Angin, Belanda, dan kami dibawakan Coup A Soup.   Mangap eh maaf kalau saya salah tulis - Mohon dikoreksi ya.   Nah dalam 1 pack kemasan Coup A Soup itu ada beberapa bungkus Sachet Soup.  Tinggal diseduh aja pake Air Panas sudah wis plek jadi deh Soup praktis.  Ada rasa Asparagus, khas gitu deh.  Nah rasanya sangat mirip dengan Kuah Kaldu pada Kuliner Zuppa Soup ini.  Kental berwarna putih dengan sensasi rasa Kaldu Ayam, Jamur dan ada irisan Daging Ayamnya juga.  Huaaaaaaaa jadi laparrr (Asep Haryono)..

41 comments:

  1. Ijin duduk disini Pak Asep sambil nikmatin zuppa soup ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh duduk tapi bayar apalagi ngicipin ini Zuppa soup

      Delete
    2. donlod dulu, diprint, baru dinikmati zuppa soup

      Delete
  2. Asyik nih Sajian zuppa soup nya saya nikmatin Pertamaxnya juga saya di kasih Pak Asep.. makasih ya Pak Asep? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Saud Karrysta : Ahahaha Mas Saud ini sudah 3 kali PERTAMAX di blog saya. Dan mencatat sebagai TOP Komentator ururan pertama saat ini. Congratulations. Selamat selamat Hiheiheiheiee

      Delete
  3. Zuppa Soup makanan apa lagi ini Kang kalau makanan berkuah saya sih taunya Jangan loncom sama remukan Karak dah mirip ini Zuppa soup mungkin kali ya? wha hai ha

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mus Djono : iya bisa jadi. Kalau di Pontianak mirip dengan ROTI CANE> Roti pastery yang dicampur dengan kuah daging. Cuma kalau ROTI CANE kuah dagingnya berwarna kekuningan

      Zuppa Soup berkuah SOUP yang berwarna putih, kental, dan ada cacahan daginghnya, macaroninya. Sedep bangedss. Di saji hangat ueanak tnenan

      Delete
  4. waah Bandung dingin, pas kalau menikmati zuppa soup ini..
    makasih mas,, saya jadi kepikiran untuk membuat zuppa soup :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @gulunganpita : wah unik namanya ya Gulungan Pita. HEiheiheihiehiee. Nah nah ada resepnya banyak tuh di Google. Resep cara buat Zuppa Soup. Mulai dari membuat roti panggangnya (Pastry), sampai SOUP nya itu sendiri.

      Selamat buat PERSIB BANDUNG ya
      Salam buat para BOBOTOH di sana
      Gini gini saya masih blasteran darah Pasundan. Ayah saya (almarhum) aseli urang Sunda

      Selamat PERSIP JUARA

      Delete
  5. Unik memang. Ada roti di atasnya. Menambah kenyang ya, Pak. Isinya bermacam pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Idah Ceris : Iya bener. Hiehiehe. Enak bangeds. Soalnya ada SOUP nya. Soupnya kental, dan gurijhh. Enak bangeds. Hihihihihihi. Makasih sudah mampir ya mba. Isnya Allah saya kunjung balik

      Delete
  6. Per cup zuppa soupnya lima belas ribu ya. Selama ini belum pernah tahu harganya, sebab tahunya pas selalu gratis di resepsi pernikahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Akhmad Muhaimin Azzet : Ahaaaa jadi suka dan pernah icip icip juga ya. Hiehiehiehihee

      Delete
  7. Kalau lagi mendung makan ini enak pak heeee, :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Rullah : Iya bener bangeds. Soup Jagung nan kentalnya itu bikin ketagihan. Uhuiii. Seru dan hangat disantap selagi musim Hujan gene

      Delete
  8. maaaaahhhhh,,,itu enak banget,,,siang2 dikasih gambar makanan,,,,gagal terus deh dietku,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex'z Someo : HIehiehie iya mba Bahkan untuk sore hari apalgi malam malam, wah mengundang kehangatan bangeds. Heiheihehiee Seru seger Dan Insya Allah menyehatkan

      Delete
  9. saya mah namanya aja baru denger kang, apalagi nyicipin, kayaknya enak banget ya, coba dikirim bareng 3 gerobak mah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marnes Kliker : Huaaaaaaaa banyak sekali. HIheiheieie, Iya segera dikirimkan (Gambarnya)

      Delete
  10. kanyaknya mantab banget nih mas kuenya. bikin saya penasaran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budi Smart : Kue panggang di atasnya, Pastry. Rasanya hambar atau tawar. Disobek kecil kecil lalju dicelupkan ke dalam Soupnya. Huaaaaaaaaa Sadaaap. Mertua lewat tak Perdluli

      Delete
  11. aku kirain tadi bentuknya kaya apa kang > hehe .. eh pas liat gambarnya bgtu toh. tp itu kalo cuma rotinya aja dimakan tanpa soupnya enak ga kang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Iin Indriani : Roti yang di atas cangkir Soup itu Pastry. Sejenis roti panggang dengan tanpa rasa. Alias hambar atau tawar aja .

      Delete
  12. Mau dong zuppa soup-nya ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh juga dikirim ke Purwokerto kang Asep ... :)

      Delete
    2. @Mas Nazar : Iya bole bole mas Nazar, Hiehiehiehiehiehihee

      @MakinTau COm : Wawww di Purwkokerto ya.Hiehiheiheihe bole boleeeee

      Delete
    3. purwokerto juga udah punya sendiri. namanya grontol

      Delete
  13. di komplek sebelah harga'y 13 rb/cup,wahhh hujan2 gini baca zuppa soup,ngiler sayyahh.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aira Abdullah : Iya sajian ini disantap sore hari atau di waktu hujan waah seru bangedss. IDealnya sudah makan, Ini buat cemilan memang mengasyikkan. Namun jangan sampai kenyang

      Delete
  14. Wah, kayaknya enak mas Asep...Saya baru kali ini dengan yang namanya sup Zuppa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awak : HIehiehiehiehe Iya kah? Hiheiheie. Asyiikk deh. Di Google juga ada reseonya

      Delete
  15. males ahh, Kang Asep pamer doang. huhh

    ReplyDelete
  16. huwaaaa... ini favoritkuuuh.. mau dooonk..
    biasanya klo ke t4 kondangan aku slalu nyari zuppa soup.. hihii

    ReplyDelete
  17. baru bisa ngebayangin rasanya zuppa soup..hmmm

    ReplyDelete
  18. wah kelihatannya maknyus banget ya pak zuppa zup ini, jadi penasaran saya :D

    ReplyDelete
  19. selamat malam Mas... hm saya baru pertama kali mendengar nama zuppa soup ini Mas... kalau saya lihat dari gambarnya sepertinya zuppa soup ini enak ya Mas...

    ReplyDelete
  20. pernah coba makan makanan ini, memang rasanya mantap sekali mas..

    ReplyDelete
  21. Keliatannya enak ya, Kang :D

    ReplyDelete
  22. wah jadi ngences ini, mana belum makan siang lagi.....

    ReplyDelete
  23. Mau cari Tray Makanan untuk makanan yang berkuah ataupun berminyak?
    Dijamin anti ngompol dan bocor. Selengkapnya dapat Anda baca di sini.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog