Jual Milagros disini
Loading...

Pin Merah Putih Pada Pengumuman Menteri Kabinet

Catatan Asep Haryono

Ada yang menarik perhatian penulis saat menyaksikan Pengumuman Para Menteri Kabinet Kerja Presiden Jokowi di Istana Negara yang sudah diumumkan sore hari tanggal 26 Oktober 2014.  Pengumuman yang sedianya, berdasarkan gosip yang beredar , akan dilakukan pada pukul 16.00 WIB menjadi agak molor lebih dari setengah jam.  Beberapa nama yang diumumkan sebagai Menteri oleh Presiden Jokowi memang ada yang sesuai dengan perkiraan penulis   Beberapa nama lain yang menurut perhitungan penulis muncul sebagai menteri ternyata tidak (terpilih).

Beberapa nama yang penulis dengar sangat santer beritanya di Pontianak, ibukota Propinsi Kalimantan Barat , adalah Bapak Profesor Thamrin (Rektor Universitas Tanjungpura), dan Bapak Cornelis (Gubernur Kalimantan Barat).   Bukan rahasia umum di sini bahwa Pontianak pada khususnya, merupakan "basis" salah satu partai terkuat pengusung sekaligus "kendaraan" Politik sang Presiden.   Yuk kembali ke topik semula dari tulisan pendek ini. 

Salah satu yang menarik perhatian penulis saat menyaksikan Penguman para Menteri Kabinet Prseiden Jokowi tersebut adalah penggunaan PIN merah putih di kerah baju atau kemeja Putih yang dikenakan oleh para Calon Menterinya.  PIN merupakan salah satu jenis Merchandise yang berbentuk menyerupai bendera atau lambang Negara.   Ada banyak PIN yang penulis miliki saat ini antara lain Pin dari Australia, Amerika Serikat, Korea Selatan , Brunai Darussalam dan Thailand.

Pin Merah Putih
PIN MERAH PUTIH :  Ada pin Merah Putih di kemeja Ibu Rini Soemarno yang didaulat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN).  Gambar dari MetroTv News

Salah satu menteri yang penulis liat dari situs resmi MetroTv News adalah Rini Soemarno yang ditunjuk Presiden Jokowi Sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk masa bakti 2014-2019 yang akan datang.   Posisi beliau menggantikan Bapak Dahlan Iskan yang menjabat Menteri BUMN di Kabinetnya Presidennya SBY.   PIN Merah Putih yang dikenakan Ibu Rini Soemarno tersebut cukup sederhana namun memberikan kesan yang mendalam bagi penulis.

Alasannya karena Penulis pernah memiliki Pin Merah Putih beberapa tahun yang lalu.  Itu juga hasil hunting (berburu) di toko toko emperan di pinggir jalan di kawasan Pertokoan Kathulistiwa Plaza di kawasan jalan Tanjungpura Pontianak.   Pin Merah Putih ini sangat jarang dikenakan oleh para pejabat bahkan di lingkungan terkecil RT RW sekalipun.   

Harapan penulis tentunya pemakaian PIN Merah Putih ini bukan sekedar "gagah gagahan" bahwa kita dari negara Indonesia sesuai dengan bentuk PIN nya yang berlambang Bendera Nasional Indonesia, tetapi merupakan refleksi kecil namun bermakna besar sebagai manifestasi dari rasa bangga dan kebanggaan sebagai warga negara Indonesia (Asep Haryono)

18 comments:

  1. waaaaaaaa ,,,, coba klo sy yg make PIN itu ,,, bisa makin makjleb nih mmmheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. makjleb kayak pake linggis aja.
      pilih tanah yang gembur, bunyinya, blung!

      Delete
    2. @Fiu S : Wahahahah Iya kah Wowww

      @Zach Flazz : Kalau gitu mari Makjeb sama sama :))

      Delete
  2. Menteri BUMN akan diganti ya,,,padahal aku masih suka ama pak DI kalo beliau tetep jadi menteri BUMN,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mbak saya juga masih berharap pak DI yang menjabat :)

      Delete
    2. @Dwiex.z Someo : Oh ya kah?

      @Marnes Kliker : Hmmmm

      Delete
  3. Hasilnya pengumuman kabinet menteri kemaren lumayan banyak mengejutkan sebagian masyarakat dan juga para pengamat politik, terlebih banyak nama-nama yang sebelumnya santer beredar ternyata tidak termasuk dalam kabinet. Kalo saya pribadi tadinya berharap kalo pak DI dan pak CT masuk dalam jajaran kabinet Jokowi-JK :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya berharap wonder woman masuk

      Delete
  4. hai Bu Rini...
    (saya langsung liat langsung beliau pagi ini)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Zach Flazz : Hallo juga. Mewakili aja deh

      Delete
  5. jadi pengen punya pin merah putih.. nyari dmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. @covalimawati : Ada banyak di jual di toko toko Suvenir, Insya Allah ada dimana mana. Biasanya sih satu tempat dengan penjualan seragam anak anak sekolah

      Delete
  6. saya baru 'ngeh' kalo para calon menteri itu memakai pin merah putih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Santi Dewi : Iya sebenarnya sih saya juga nggak ngeh. Cuma kalau diliat sih keliatan. Ini juga nda sengaja nemunya hihihihii

      Delete
  7. eh aku kok merhatiin ya? :D

    selamat kerja bu dan pak menteri \o/

    ReplyDelete
  8. Saya juga dari dulu jaman sekolah sampai sekarang suka memakai logo merah putih Pak xixixi... Sebagai Simbol Saya Cinta Indonesia ... pokoknya Bangga deh kalo udah pake Lambang Merah putih dan Garuda Pancasila...

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. smoga ibu rini bisa menjalakan tugasnya dengan baik ya.. pin merah putih jadi keingat sma pak prabowo... :)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog