Jual Milagros disini
Loading...

Mengantuk Pada Tempatnya

Catatan Asep Haryono

Mengantuk adalah hal yang wajar saja. Namanya juga manusia.  Tubuh yang bekerja seharian misalnya jika tidak dibarengi dengan konsumsi gizi yang baik dan istirahat yang cukup tidak saja berakibat tidak baik bagi kesehatan juga berdampak pada kinerja kita sehari hari. Tubuh yang letih karena dipaksa bekerja seharian harus dibarengi istirahat yang cukup. 

Bagaimana dengan pola tidur yang kurang?  Penulis sendiri pernah beberapa kali merasa kantuk yang sangat dalam beberapa kegiatan sehari hari baik di kantor maupun di rumah.  Untuk di kantor misalnya, jika semalam tidurnya kurang, misalnya mulai istirahat (tidur-red) pada pukul 03.00 WIB misalnya, sudah bisa dipastikan akan mengantuk di kantor.  Bagaimana dengan kebiasaan nap alias Tidur siang dalam Bahasa Indonesia?    Seringkah Sahabat Blogger tidur pada siang hari?

Penulis sendiri jarang Tidur Siang. Dari beberapa referensi yang pernah dibaca banyak menyebutkan beberapa dampak yang kurang baik jika tubuh manusia kurang istirahat atau kurang tidur.  Apakah kurang tidur siang bisa menimbulkan bahaya? Ya bisa dan bahkan berpotensi menimbulkan kecelakaan baik kecelakaan kerja maupun kecelakaan di tempat lain.

rasa kantuk yang tak terhingga
MENGANTUK :  Penulis tidak sengaja menonton acara ini beberapa minggu yang lalu. Ada orang yang sedang mengantuk saat sidang Vonis Atut tertangkap oleh Cameraman Televisi Swasta.  Gambar dari  TV
kantuk
SAMA :  Penulis tadinya berpikir dia sedang berpikir. Namun dalam scene lain menunjukkan yang bersangkutan memang sedang ngantuk berat.  Gambar dari TV


Banyaknya kecelakaan lalu lintas di Jalan Raya sering menuding  kantuk atau rasa mengantuk saat berkendaraan sebagai biang keladinya.   Banyak kecelakaan lalu lintas di jalan raya , menurut beberapa laporan, menyebutkan karena sang "sopir mengantuk".  Ini merupakan salah satu contoh real betapa mengerikan bahaya yang ditimbulkan oleh rasa mengantuk ini.   Mengantuk saat berkendaraan sangat berbahaya bagi keselamatan diri sendiri  maupun keselamatan bagi orang lain.

Jika badan sudah lelah sangat dan mulai timbil eh timbul rasa mengantuk, segeralah menepi. Berhentilah di tempat yang aman, dan jauh dari intaian kejahatan. Istirahatlah sejenak atau tidur secukupnya. Jangan berkendaraan dengan kondisi mata mengantuk karena sangat berbahaya dan berpotensi mengalami kecelakaan.  Begitu juga jika bekerja di tempat berisiko tinggi. Kecelakaan Kerja bisa saja terjadi,  Mari pertipis peluang terjadinya kecelakaan karena sebab mengantuk.

Mengantuk di tempat kerja juga kurang baik. Walaupun tidak ada larangan tertulis "dilarang tidur" di tempat kerja namun dampak kurang baik adalah integritas, kondite, dan kinerja pegawai mendapat kesan yang kurang baik di mata bos.  Mengantuk saat bekerja juga memberikan kesan bahwa Sahabat Blogger tidak memperhatikan budaya , ETika dan etos kerja Perusahaan.   Mantan Presiden SBY juga sering menegur para peserta sidang yang kedapatan tengah mengantuk saat mendengarkan penjelasannya. 

  • Hindari mengantuk saat berkendaraan di jalan raya.   Jangan mengantuk saat mengendarai mobil , motor, traktor , truk , bus Umum , Kereta Api, dan lain sebagainya.
  • Berhentilah dahulu. Pull over man.  Menepi dahulu. Turun dari kendaraan anda. Istirahat sejenak di tempat yang aman dari potensi kejahatan.  Tidurlah sejenak.  Setelah Fresh alias segar, barulah kembali melanjutkan perjalanan. Semoga sampai tujuan dengan Selamat.
  • Istirahatlah yang cukup.  
Nah Bagaimana caranya agar tidak sampai jatuh mengantuk di tempat tugas, Mengantuk saat berkendaraan atau mengantuk yang tidak pada tempatnya ini? (Asep Haryono).


34 comments:

  1. mengantuk memang harus pada tempatnya...kalau nggak, bisa jadi bulan2 awak media...ada berita menarik gratiss.. hhhh

    patroli malam mas... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Zeer El-Watsy : Hheiheihei Iya selamat selamat sudah mendatangi ini. KEbetulan saya juga sedang nonton Youtube acara "DUNIA LAIN" xixixixixixixixixixiie hueeeeeeeeeeeee

      Delete
    2. wah, gagal koment pertama lagi hikhikhikk...

      Delete
    3. Ketinggalan beberapa detik saja saya gak bisa pertamax.. gara gara saya ngantuk nih Pak Asep hhhhhh.. coba kalau gak ngantuk mh bisa dapat gelas gkgkkgkgk

      Delete
    4. awas ngantuk, patroli sambil ngopi

      Delete
    5. @Eka Ikhsanudin : Hahaha gagal nih yee

      @Saud Karrysta : Hahaha Gelas nih yeee

      @Wong Crewchild : Yukkkkkkk

      Delete
    6. saya denger ada yg bilang kopi disini? bagi donk...

      Delete
  2. alhamdulillah tidak sia2, dapat pertamac... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @ Muhammad Zeer El-Watsy : heiheihei selamat selamat PERTAMAX berhasil direnggut dengan indahnya hiheiheihiee

      Delete
    2. Bagi dua ya Pak Mas Muhammad Pertomax nya?

      Delete
    3. Silahkan Pertamaxnya di bagi dua. Separuh separuh ya. Yang adil Hihihihi

      Delete
  3. susah memang mengatasi rasa ngantuk Pak, apalagi kalau lagi banyak kerjaan dan di kejar2 deadline xixixi... kalo saya misalnya udah terserang rasa ngantuk, langsung ke kamar mandi cuci muka, terus buat kopi deh ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Eka Ikhsanudin : Iya kata orang KOPI bisa membuat orang tahan nda tidur ya Hmmm. Apa iya ya

      Delete
  4. wah,,,, sudah dibayar banyak,,, masih ngantuk pula ,,,hehehe

    ReplyDelete
  5. Selamat pagi ya Pak Asep. Walahh kaya nya malam nya begadang sampai pagi tuh Pak Asep. jadi deh hari sidangnya ngantuk gak ketulungan hahhahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Saud Karrysta : Beliau pasti lelah. Semua orang begitu. Jadi tidak apa, Tidak ada masalah. Mengantuk karena kelelahan. Kita semua begitu

      Delete
  6. Jangankan di mata bos, di mata kita saja .. konditenya jadi gimnaaa gitu ya ... ngantuk koq pas sedang menjalankan tugas .... *aih untungnya saya bukan orang yang profesinya kayak bapa itu ya .... maluuuu kalo sampe dibicarakan begini hehehe*

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mugniar : Wah wah masa iya sih. Mengantuk kan hal yang wajar. Asal tidak membahayakan keselamatan orang lain, menurut pendapat saya sih bole bole saja mengantuk. Kalau mengantuk saat sedang membawa mobil misalnya itu membahayakan,. Patut dilarang. Mengantuk saat bertugas boleh boleh saja dalam hal tertentu tentunya

      Delete
  7. mestinya bawa kasur kemana-mana, minimal bantal :)

    ReplyDelete
  8. Sedang berfikir atau ngantuk nih mas Asep? Jangan-jangan bapak ini sedang memikirkan nasib mbak atut...hehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awak : Beliau pasti lelah. Tidak apa Uda Awak. Semua dari kita begitu. Kalau kita merasa lelah sekali kita pasti juga mengantuk. Tidak apa Uda Awak. Its okay.

      Delete
  9. waduh...ini contoh sangat tidak profesional bagi para pengadil negeri kita. Padahal pertaruhannya adalah Hak menjalani orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Bung Penho : Mungkin beliau sedang lelah. Tidak mengapa. Cuma yang menarik adalah Kejelian dari Cameraman Televisi Swasta nya yang menangkap momen ini

      Delete
  10. sya kdang jga salah tempat untuk tdur krna ngntuk,, jadi bahan ejekan tmen..
    smoga bsa ngantuk pada tempatnya

    ReplyDelete
  11. Waduhhh itu yang masuk tipi sampe ngantuk kayak gitu sihh keterlaluan yaa...makanya tidur cepet kalo tau mau sidang...hehehe

    ReplyDelete
  12. hahaha ngakak asli itu bisa ketangkep gitu lagi ngantuk ..wkwks

    ReplyDelete
  13. hehe.. dia itu, antara berfikir sama ngantuk :D

    ReplyDelete
  14. Kok malah tiduran sih pak hakim nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ardismea : Mungkin beliau sedang mengantuk berat. Saya sebenarnya agak kuatir posting artikel ini. Mudah mudahan tidak dituntut SOalnya saya dapat gambar di atas juga dri TV. Kameraman TV yang mengcapture bapak tadi. Huaaaaaaa

      Delete
  15. kalau ngantuk sudah menyerang, tak peduli tempat pasti akan tertidur juga akhirnya :D
    saya sering seperti ini di kelas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ope Site : Iya sama juga. Saya malah kadang kalau mengantuk sering dilirik dari bos. Bos saya diam saja tapi saya nya yang tidak enak

      Delete
  16. itu ada-ada aja fotonya wkwk.
    tapi aku juga suka ketiduran sih kalo lagi jam pelajaran :D

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog