Jual Milagros disini
Loading...

Masjid Babussalam Berqurban

Catatan Asep Haryono

Seperti pada tradisi tahun tahu sebelumnya, masjid Babussalam Komplek Duta Bandara Supadio Jalan Ahmad Yani II di Pontianak (Kalimantan Barat) juga melaksanakan pemotongan Hewan Qurban.  Pada tahun ini dari pihak Masjid Babussalam menyembelih 5 (lima) ekor Sapi dam 5 (lima) ekor Kambing.  Tentu hewan seutuhnya donk bukan cuma ekornya saja. HIehiehiheiee. 

Sebelum dilaksanakan pemotongan Hewan Qurban terlebih dahulu diselenggaakan Sholat Iedul Adha dengan Khatib mearngkap Imamnya.  Warga Komplek melaksanakan Sholat Ied mengikuti Pemerintah yakni pada tanggal 5 Oktober 2014 atau bertepatan 10 Dzulhijjah 1435 Hijriah
Begitu selesai pelaksanaan Shalat Iedul Adha, pada jam 09.00 WIB tepat, mulailah proses penyembeihan Hewan Qurban.

"Bagi  para penyumbang hewan Qurban, kami minta menjadi saksi dan kehadiranya ditunggu pada saat dilakukannya pemotongan Hewan Qurban"  kata Pak Rudi, salah satu pengurus Inti Masjid Babussalam Duta Bandara ini
.   Penulis sendiri dibutuhkan tenaganya di bagian packing daging daging untuk dimasukkan ke dalam kantong kantong plastik warna hitam.  Tidak bersentuhan secara langsung dengan pisau maupun terkena percikan darah hewan Qurban.



Hewan Qurban
POTONG : Para warga dibantu Tim klhusus "pembunuh" hewan Qurban bahu membahu menyembelih hewan Qurban.  Foto Asep Haryono
Daging qurban dimasukkan ke dalam kantong plastik
BUNGKUS  : Daging daging yang sudah dipotong potong kemudian dimasukkan kedalam kantong kantong plastik warna hitam.  Berat rata rata tiap bungkus daging setengah kilogram daging Sapi  Foto Asep Haryono
algojo potong sapi
ALGOJO  : Pak Abdullah berkopiah putih dengan "team pembunuh" nya yang menjadi algojo atau eksekuter Hewan Qurban di masjid Babussalam kali ini.  Foto Asep Haryono


Yang menjadi Algojo alias petugas potongnya adalah Bapak Abdullah beserta 3 (tiga) orang "killing squad" nya yang ternyata masih ada hubungan kekerabatan (family).Begitu selesai pelaksanaan Shalat Iedul Adha, paad jam 09.00 WIB tepat, mulailah proses penyembeihan Hewan Qurban.  "Bagi  para penyumbang hewan Qurban, kami minta menjadi saksi dan kehadiranya ditunggu pada saat dilakukannya pemotongan Hewan Qurban"  kata Pak Rudi, salah satu pengurus Inti Masjid Babussalam Duta Bandara ini

Dalam pengamatan Penulis, dari sekitar 400 (empat ratus) kantong daging yang sudah disiapkan itu sebagian besarnya terdiri dari daging Sapi.  Sedangkan sisanya sebagian kecil adalah daging Kambing.  Ketika hal ini dikonfirmasikan kepada salah seorang Panitia Pemotongan Qurban di dapat jawabaan yang menjelaskan semuanya.

"Untuk warga Komplek sendiri merupakan prioritas utama, dan semuanya Daging Sapi, tidak ada yang daging Kambing" tegas pak Jambul (bukan nama sebenarnya-red). 
.Pendistribusian daging Qurban kali ini tidak lagi berpusat di masjid sebagaimana pola pembagian Qurban pada umumnya, melainkan diantar langsung ke rumah rumah Warga Komplek terlebih dahulu. (Asep Haryono)..

25 comments:

  1. Selamat Hari Raya Idul Adah Pak Asep. Bersyukur ya Pak
    Masjid Bussalam bisa Qurban tahun ini, semoga tahun
    Berikutnya masih bisa Qurban lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf Mang Mang Bapak/Ibu Mas Mbak saya
      Ambil Pertamaxnya sambil Bawa dagingnya :)

      Delete
    2. @Saud Karrysta : heiheiheie. Wahhahahaa. Hieiehiee. Bole bole silahkan diambil PERTAMAX nya. Dagingnya boleh boleh dbawa sekalin ya. Jangan lupa sodakoh hiehiehe

      Delete
    3. Duhh ya cckckck Pak Asep baik banget tuh kan,,?
      Siap Pak,, kalau masih ada dagingnya saya ambil
      Insya Allah Pak sodakoh lancar terkendali hhh :D

      Delete
  2. kalau di tempat mertua saya nyembelih tujuh ekor sapi..kambing nya juga banyak...bukan cuma ekornya. seutuhnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Zaairul Haq : hahahahah iya bukan hanya EKOR nya saja. Whahahaha. Tapi ekor siapa hayuuuu

      Delete
    2. Pak Mas Muhammad nyembelih Sapi apa
      Nyembelih ekor sapi yah..? hahhaha .maaf
      ya Pak Asep saya numpang tertawa disini hhh

      Delete
  3. "Tentu hewan seutuhnya donk bukan cuma ekornya saja."
    sempet becanda juga :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Nathalia Diana Pitaloka : Wah heiheie saya kira tadi ada mba Diah Pitaloka yang artis itu hiehiehiee. Iya mba itu cuma candaan aja hiheihe. Makasih sudah hadir hari ini

      Delete
  4. Motongnya sih cepet ... packingnya yang lama ya mas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heihee iya kah mba Astri? Hiehie Untung aja tenaga yang diturunkan dan dilibatkan dalam operasi packing daging qurban ini cukup banyak. Jadi semacam Joint Operation gitu deh. HIehiehe. Kelar cepet

      Delete
  5. Kalo saya malah gak berani dekat2 kalo hewan qurbannya sedang di"bunuh". Saya suka dekat2ya kalau sudah jadi gulai atau sate.. Hehe salam kenal dari Magelang mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Achmad Mutohar : Wahahaha oya ya/ Sama donk. Saya malah duluan kalau ada acara makan makannya. Heihiehiehe. Iya salam kembali dari Pontianak ya

      Delete
  6. Alhamdulillah kang asep tahun ini berqurban semoga keberkahan selalu bersama
    mesjid Babusalam

    ReplyDelete
  7. hiks,,aku gak tega lihat hewan yg disembelih,,kalo udah lihat begituan aku ogah makan dagingnya,,jadi kasihan kang,,,gak tega aja pokoknya,,,bikin nangis,,,

    ReplyDelete
  8. selamat hari raya idul adha yaaa ..

    ReplyDelete
  9. wah mantab nih kang, di tempat saya gak ada yang Kurban sapi, semuanya kambing ..

    ReplyDelete
  10. waw gedhe banget sapinya

    ReplyDelete
  11. kebagian berapa kilo k.asep? selamat hari raya idul adha.

    ReplyDelete
  12. Selamat malam Pak Asep. sambil nyantey minum kopi
    Lihat Pak Asep yang lagi sibul jadi panitia Qurban coba
    Pak sepenggal alungin dagingnya hahahhah :D

    ReplyDelete
  13. sekarang dagingnya masih ada nggak kang?

    ReplyDelete
  14. aku cuma korban perasaan
    pak asep mau gak aku bagi..?

    ReplyDelete
  15. kmrn aku kebagian 1/2 kg daging kurban.. 1/4 kg dibikin gule, 1/4 kg dibikin sate.. alhamdulillah.. :)

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah 5 ekor sapi dan 5 ekor kambing, banyak banget deh... :)

    ReplyDelete
  17. Kang Asep, tuh tawaran Kang Rawins menarik

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog