Jual Milagros disini
Loading...

Kangen Kuliah Lagi

Tag : Opini - Asep Haryono | Kangen Kuliah Lagi - Powered by Blogger
Catatan Asep Haryono

Ketika asyik membuka arsip arsip lama dalam sebuah akun facebook milik salah seorang sahabat lama,  penulis mendapatkan beberapa buah foto jadul saat masih berstatus sebagai MHS alias Mahasiswa di era taon 1992.    Nah taon jadoel ini cukup lama juga kalau dibandingkan dengan anak anak kuliahan di jaman sekarang.  Era taon 1990 an angkatan penulis dahulu memang sungguh jauh berbeda dengan anak kuliah di era taon 200-an sekarang ini.  Jaman dulu fasilitas walau cukup modern dan mendukung perkuliahan namun tidak secanggih anak anak kuliahan di era sekarang.

Sebuah foto hitam putih yang peulis unggah di halaman blog kesayangan penulis ini diambil dari sebuah akun facebook milik salah seroang sahabat lama penulis waktu di kampus dahulu.  Saat itu penulis mengambil jurusan FPBS Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Tanjungpura (UNTAN) Pontianak.   Bagi yang belum tau kota Pontianak adalah ibukota Propinsi Kalimantan Barat.

Saya dan teman teman
JAMAN KULIAH :   Foto kenangan saat masih kuliah di era taon 1992 yang lalu.  Dari kiri ke kanan Penulis (dalam lingkaran), Endang Yusnita, Nasri , Edi , dan Endang Suraji.  Foto dokumen/Istimewa

Ini hanya sebuah foto saja.  Sebuah foto kenangan, di masa silam yang hanya bisa dikenang dalam foto saja.  Beberapa "tokoh" dalam foto di atas sudah berpencar entah di mana.   Salah satu di antara mereka, Misalnya saja dengan Nasri.   Pria berkaca mata yang duduk di depan kami adalah pria kelahiran Padang (Sumatera Barat), tepatnya dari kota Pariaman.  Sebut saja sapaan sehari harinya adalah Ajo Nasri Kumbang.   Karena menurut penuturan beliau keluarganya dari Marga Kumbang.    Penulis waktu itu satu room dengan Nasri.   Walau bertaun taun sekamar kos dengan Nasri tetap saja penulis nda ngerti Bahasa Padang.  Taunya cuma "Lah makan?    ALun...".   Hiheiheiheiheie

Walau penulis bukan berasal dari Padang, namun penulis cukup aktif berbaur dengan Komunitas Padang yang ada di Kalimantan Barat tepatnya di kota Pontianak.  Berbagai kegiatan dan aktifitas warga Padang di Kota Pontianak saya "larut" (gula kali-red) karena diajak oleh rekan saya si Nasri ini.    Mulai dari siaran Bahasa Minang di Radio Kenari 100,55 FM Pontianak dalam acara "Minang Maimbau"  (Maaf kalau salah ketik) hingga dalam gelaran kebudayaan pentas seni , Vocal Group.

Ada kejadian lucu saat ada even Warga Minang di Kalimantan Barat.   Tepatnya di sebuah Gedung di Pontianak,  di mana penulis ikut tampil di panggung dalam sebuah Vocal Group.   Saat itu Vocal Group nya menyanyikan lagu Padang.   Lupa judulnya.  Saat ada refrain nya"Ondee...onde... Larauih  Sanjoooooo"      Sekali lagi mohon maaf kalau salah tulis.  Mohon dikoreksi ya.      Nah  saat kami selesai turun Group Vocal kami dari panggung, kami pun bergegas makan di ruang belakang.   Saat itu lah tiba tiba salah seorang penonton masuk ke ruangan kami makan lalu menyapa ke penulis.  "Kamu pasti bukan orang Padang" tanya tiba tiba.   

Tamu itu tau kalau penulis terdengar kurang "fasih" dalam melantunkan
refrain nya "Ondee...onde... Larauih  Sanjoooooo"   saat di panggung tadi.   Sekali lagi mohon maaf kalau salah tulis.  Mohon dikoreksi ya. Lalu pemulis.."Hehehehe iya" jawab Penulis sekenanya.  Ialah namanya juga masih belajar.  

Ketauan kalau lidah Penulis memang bukan lidahnya orang aseli Padang  Hiehiehie.    Masih banyak lagi kejadian unik dan mengundang geli yang penulis alami saat masih se kamar kos dengan Nasri.   Dari sinilah penulis belajar dari orang lain dengan latar belakang kebudayaan (Culture)  yang berbeda.   Menambah wawasan dan melatih diri untuk lebih bijaksana bergaul bersama masyarakat.  Indahnya INDONESIA,  negeri yang kaya aneka ragam budayanya.  Kangen mau kuloah lagi kelak suatu hari nanti.  Insya Allah.  (Asep Haryono)

23 comments:

  1. Kalau aku kangen masa-masa kuliah ... tapi gak kangen kuliahnya mas :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @astri damayanti : Iya bener juga mba. HIehiehiehiheiee

      Delete
    2. sya kangen wonder woman deh

      Delete
    3. saya kangen bu dosen nya ih

      Delete
  2. ahhhhhhhh,,,,kang asep masih unyu2,,,,cakep bingit,,,,

    ReplyDelete
  3. @Dwiex'z Someo : Alhamdulillah. Segala puji hanya milik Allah SWT

    ReplyDelete
  4. saat kuliah..kumpul dengan teman-teman dengan beragam budaya sungguh pengalaman yang berkesan dan tak terlupakan ya......, semoga impiannya bisa terkabul dech....
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Hariyanto Wijoyo : iya mas Semoga doa dan harapan mas dikabulkan oleh Allah SWT> Amin ya Rabb. Salam dari Pontianak. Kalimantan Barat

      Delete
    2. aaaamiiin....ya Allah

      Delete
  5. Masa-masa kuliah memang menyenangkan :-) yang bikin puyeng pas banyak tugas dari dosen :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kah Hiheiheiheie. Biar gitu tetap aja bikin kangen ingin kembali kuliah lagi hihihihhi. eaaaaaaaaaa malah curcol

      Delete
    2. bagus itu mang masih punya semangat kuliah lagi we atuh...S2, S3....kenapa ngga coba

      Delete
  6. Kuliah enaknya bisa nambah temen baru disamping ilmu..

    ReplyDelete
  7. wah, jadi inget foto waktu kuliah, dimana yah fotonya xixixii,

    ReplyDelete
  8. saya malah pengin reuni TK, Kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe...aya-aya wae mas zach, kalo saya mah malah gak pernah lulus TK mas :D

      Delete
  9. Pak Asep ganteng banget *hoax #becanda Pak Asep

    namanya juga kenangan Pak, pasti satu saat nanti ada aja yang bikin kangen.

    ReplyDelete
  10. Uhuy baru nyadar domain baruuuu.... *oot hihihi

    ReplyDelete
  11. kangen kuliah lagi, ya segera kuliah lagi saja kang hehe...

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog