Jual Milagros disini
Loading...

Kang Asep Tukang Rujak

Catatan Asep Haryono

Ada yang suka Rujak? Rujak buah buahan donk.  Masak Rujak yang lain sih.  Nah menu kuliner yang namanya Rujak ini merupakan salah satu khasnya jajanan pasar Indonesia tercinta yang memang sangat kaya akan beragam kuliner yang penuh cita rasa.  Rujak, penulis kira sudah cukup general kalau tidak mau disebut sebagai "pasaran jajanan yang bisa ditemui nyaris atau hampir ada di setiap kota di Indonesia, bahkan di dunia.

Saat trip ke Kuala Lumpur pada bulan Nopember 2009 yang lalu, dalam flight di pesawat KLM rute Jakarta - Kuala Lumpur waktu itu penulis juga disuguhi menu Rujak dalam sajian meals on board (Menu dalam pesawat-red) nya.  Bali, terutama di daerah pantai Kuta, juga banyak ditemui para penjual rujak.  Pernah suatu ketika saat di Bali sekitar tahun 2005 (momen pertama kali menginjakkan kaki di Bali-red) penulis banyak melihat bule bule ngemil rujak. "Chili is good" kata sepasang bule yang tampak menikmati "kepedasan" nya.

Nah kalau di Pontianak, Rujak cukup kondang terutama bagi para fans Rujakers, alias yang menggemari Rujak.   Hanya sayangnya pandangan penulis di jalan jalan hanyak tampak Rujak Petis saja yang bersliweran di sana sini.  

Benarkah itu rujak Petis yang banyak dijajakan oleh para mamang Rujak bersepeda?  Penulis sendiri kurang paham apa itu Rujak Petis  Namun kalau cuma "icip icip" Petisnya aja pernah sesekali.  Bentuknya soft seperti pasta berwarna gelap atau kehitaman, dan rasanya seperti berasa udang.  Konon kata Petisers (penggemar Petis-red) bilang Tahu kalau disisipi Petis uenak tenan.  Enak bangeds katanya

Pada umumnya Rujak memang terdiri dari beberapa potong buah buahan standar sebagai konten umum sebuah kuliner Rujak.  Misalnta seperti Mentimun, nanas muda, Bangkoang , Pepaya muda, kedondong dan masih banyak lagi.

Rujak juga dgemari pria
SAMA :  Mamang Tukang rujak ini measang plang dagangannya sama persis dengan nama sapaan rutin Penulis sehari hari.  Nyantai aja   Hihii  Foto Asep Haryono
Depan Musium Negeri
DEPAN:  Dalam lingkaran warna merah itulah Mamang Tukang rujak Kang Asep ini sering terlihat.  Jika anda beruntung bisa jumpa langsung sama Kang Asep nya. Bos nya Rujak Group  Foto Asep Haryono

Beberapa hari yang lalu  pagi sekitar jam 10.30 WIB setelah  pulang dan balik lagi ke kantor melewati jalan Ahmad Yani.  Penulis melewati Musium Negeri Kalimantan Barat,  pandangan mata penilis terbetot oleh seorang tukang rujak yang memakai nama "kang Asep". Wah ini pas seperti panggilan nama saya, Kang Asep.   Kok bisa kebetulan gitu ya.  Kebetulan aja atau memang nama Penulis yang pasaran ? Wahahhaa. I dont know.  I am not sure.  You tell me.

>Walau sudah melewati Museum Negeri,  namun penulis putuskan memutar kembali ke Musium Negeri dengan maksud menghampiri si Mamang Rujak karena tertarik dengan plang nama jualan rujaknya sama wisplek sama persis dengan nama saya : Kang Asep.

Maksudnya sih datang cuma mau liat liat saja tuh si mamang Rujak,  karena "tertangkap tangan" memasang nama plang jualan sama persis dengan nama penulis. Whahahahaha.  Tidak apa kok santai saja sama penulis mah.  Dijamin admin simplyasep ini baik hati, suka membantu, dan  rajin menabung (kalau ada maunya-red). lalu icip icip rujak petis dengan harga seporsi plastik kecil Rp.6.000,- (Enam Ribu Rupiah).  (Asep Haryono)

49 comments:

  1. Saya kurang suka rujak, mas Asep. Tapi setelah membaca tulisan mas Asep, jadi kepingin juga deh...hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awak : Wahahahah ternyata tulisan saya kali ini bisa mengundah Gairah makan wahahaha. Mantap Uda Awak. Uhuiiiiiiiii

      Delete
    2. berarti kang asep mah jenis play boy.kwkwk

      Delete
    3. Betul sekali Pak Asep imut sihh huakkkkk :D

      Delete
    4. Ih jadu malu
      *Mlorotin celana

      Delete
  2. Oh ini mas-mas rujak yang di depan Museum ya, Kang? Sering lihat kalo lewat. Hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Ismie Nurbarina : Iya benar bangeds. Bukan Bingit ya. Wahahah Khusus buat saya aja - saya alergi pake kata Bingit yang menurut pendapat saya - kata Bingit terlalu dipaksakan jadi bahasa GAUL. Ini pendapat saya loh. Pendapat orang kan boleh beda.
      |
      Mamang Rujaknya memang ada yang bernama Kang Asep. Sama persis sama dengan nama saya. Kadang yang jual orang lain namun Kedai Rujaknya milik Kang Asep itu

      Delete
    2. sama2 boss,beda jurusan

      Delete
    3. @yanto cungkup : Hiheiheie iya benerrrrrrrr

      Delete
    4. saya kira Admin merangkap Bos Rujak heheeh

      Delete
    5. @Yono Karyono : Heiheihe bole boleh. AMinnnn kalau didoain jadi Bos Rujakersssssssssss

      Delete
  3. Rasa rujak
    pedas tapi enak
    apalagi penjualnya kocak
    nambah lagipun tak nolak

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anisayu Nastutik : Wahaha mantap Mba e. Heiheihiehiehie. Hidup rujak hiehihee

      Delete
    2. Mbak Anisayu pintar dan bijak
      Sampe sampe artikel rujak di buatnya kocak,
      Gak nyadar Pak Administer nya pun terbahak bahak

      Delete
  4. mungkin namanya memang pasaran lah kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahahah benerrrrrrrrrr
      tepat sekali
      Exactly Hihihihi

      Delete
    2. saya mau bilang kayak gitu, persis dah

      Delete
  5. Saya suka sekali dengan Rujak .... Aiih ternyata kang Asep merangkap jadi bos Rujak ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wewengko Subang : Hahahaa iya. AMin ya Robbal Alaminn Hiehiehiee. Didoain jadi Bos Rujakers

      Delete
  6. rujak-rujak manis
    minumannya es
    enak memang manis ples pedes
    hati-hati jangan sampai perut mules

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Thanjawa Arif : Heiheiehi wahahaha Sudah mirip bait bait puisi aja nih hiheiheiheiheihee

      Delete
  7. wah namanya sama ya pak
    saya kira buka usaha baru pak hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dedaunan : Ini merupakan bukti SOLID dan Tidak Terbantahkan bahwa nama saya memang PASARAN. Heihiehiehiee.

      Delete
  8. dulu punya langganan rujak buah, petisnya ya bukan petis sih, tapi dari gula jawa+asem+lombok. Enaaaak banget. Eh sekarang orang gak jual lagi, balik ke kampung XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sari widiarti : Oh ya kah?

      Delete
  9. saya juga suka banget makan rujak.
    apalagi abis itu makan klepon. kayaknya makanan surga banget deh. kalo makanan neraka pedes-pedes nggak ya?

    ReplyDelete
  10. pesen rujaknya bungkus dua ma, kebetulan nih lagi ngidam rujak. hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha Ngidam nih ye
      |Kalau saya ngidam ke mana ya enaknya

      Delete
  11. kalau di Lumajang, ada rujak petis dan rujak buah~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaaaaaaaa jadi pengen deh hiheiheihee

      Delete
  12. Penulis seriusan enggak minta royalti nih? Hahaha

    Petis di Banjarnegara itu manis banget, Kang kAsep. Bumbu ayam gitu. Sambel petis. :)

    Semoga rujaknya laris manis ya, Kang Asep KW. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Idah Ceris : Wahahahah kebetulan aja namanha sama Hiehiheie. Wah baru denger nih ada Rujak bumbu Ayam. Iya mari kita doaka agar mamang Rujak yang namanya Kang Asep ini laris manisss hiehiehiehe Amin Ya Rabb

      Delete
  13. Rujak petisnya keknya itu enak kang asep...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yahuud sambelnya Pedessssss

      Delete
  14. Rujak adalah salah satu makanan favorit saya paaakkk, waduh, jdi ngiler klo denger rujak, apalagi kalo rujaknya pake bengkoang, jambu air dan mangga muda.... ngilerrrr dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whahahah jadi pengen rujakan nih

      Delete
  15. Kirain Kang Asep jualan rujak BAndung dalam rangka ulang tahun kota bandung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehihe iya nih. Bandung Ulang Taun ya Hiehiheie Selamat ya buat kota Bandung. Hiehiheihee Kota Pontianak HUT nya nanti tanggal 23 Oktober

      Delete
  16. Saya kira Pak Asep Haryono berubah status jadi tukang
    Rujak hh eeeh kiranya Tukang Rujaknya namanya Kang Asep
    Saya suka rujak Pak.. bisa saya pesan dua pincuk..? hhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Saud Karrysta : HIehiehe iya bisa samaan gitu namanya ya Ini membuktikan kalau nama saya itu pasaran bangeds iehiheiheiheiee. Oh ya bole bole Mau pesennya lama atau cepet nih ?

      Delete
  17. Kang Asep saya pesan rujaknya juga ya hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh bole bole. Mau pedes atau nda nih
      Kalau beli 100 porsi bonus loh
      Hihihihihi

      Delete
  18. Kalau kang Asep yg punya blog simplyasep ini biikin rujak, mau dunk sy dikasih jatah incip incip juga? Seporsi cukuplaj

    ReplyDelete
  19. Kirain ganti profesi Om, hihihi. Aku sukaaa kalau nggak pedas >,<

    ReplyDelete
  20. Kirain saya beneran mas Asep buka sampingan jadi penjual rujak...hehehhee. Kayaknya enak tuhh rujaknya yaa

    ReplyDelete
  21. aku sukaaaaa,,,rujak buah pake petis,,,eh itu yg jualan namanya sama dgn nama kang asep,,,

    ReplyDelete
  22. rujaknya mantep tuh kang

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog