Jual Milagros disini
Loading...

Jadi Portal Informasi Wisata Pontianak?

Catatan Asep Haryono

Akhirnya setelah mendalami berbagai format blog minat khusus, penulis mendapatkan inspirasi dari berbagai sumber, website atau blog simplyasep ini mulai mengerucut pada satu bidang yakni Destinasi (Tujuan) Wisata kota Pontianak.   Bagi Sahabat blogger yang belum mengetahui kota Pontianak adalah ibukota Propinsi Kalimantan Barat.  Konsepnya memang terinspirasi dari portal kota DKI Jakarta pada khususnya, dan beberapa portal berita wisata kota kota lainnya di Indonesia sebagai bahan perbandingan.

Yang mungkin menjadi bahan pertanyaan dari Sahabat blogger semua adalah mengapa baru sekarang website atau blog penulis mulai "mengarah" kepada satu bidang khusus saja?  Apakah format blog "gado gado" sudah mulai ditinggalkan alias sudah tidak dapat dipakai lagi?.  

Baiklah penulis akan mencoba menjawab kedua pertanyaan imajiner tersebut  Jawaban atas pertanyaan yang pertama "Mengapa baru sekarang?" karena pertimbangan teknis semata, misalnya saja jumlah traffic pengunjug yang sudah mulai menunjukkan angka yang relatif stabil setiap harinya.  Dapat dilihat dari dashboard masing masing, akan terlihat stats dari website atau blog sahabat masing masing.
Seorang bapak sedang mengayunkan sepedanya
MENARIK SEPEDA :  Foto ini diambil saat penulis masih memegang Kamera Kodak Z812 IS yang kini sudah tidak ada lagi.  Fotografi wisata atau humanity menjadi fave penulis sejak dulu.  Foto Asep Haryono

Pertanyaan yang kedua adalah "Apakah format blog Gado Gado sudah akan ditinggalkan atau tidak dipakai lagi?".   Jawaban sederhananya tentu saja tidak.  Pada prinsipnya website atau blog ini tetap berformat "gado gado" alias dengan mengetengahkan materi yang berlainan setiap harinya  terutama pada artikel Opini, Laporan Perjalanan, dan Wisata Kuliner yang relatif sudah biasa penulis lakukan.   

Walaupun fitur fitur atau menu menu dalam website atau blog ini adalah informasi tujuan wisata kota Pontianak, namun tetaplah dalam koridor pandangan atau dari sudut pandang seorang Blogger Pontianak yang sudah menetap di kota ini sejak tahun 1990 hingga sekarang.

Gaya tulisan dalam website atau portal Wisata di sini adalah gaya bertutur sesuai yang penulis alami saat mengujungi spot atau titik titik wisata tersebut. 

Beberapa materi lainnya akan merupakan sumbangan pemikiran dan atau kiriman dari pihak lain yang penulis mintakan kesediaannya untuk mengisi website ini.    Beberapa pihak swasta atau sponsor juga akan dilibatkan baik sebagai media partner dan atau sebagai klien yang mempecayakan data produknya untuk ditampilkan dalam halaman ini.  Tentu saja sesuai dengan kesepakatan kedua belah pihak.  

Jadi pada prinsipnyya, blog/website ini bukan pure (murni) website atau portal Tourism yang bergaya kaku atau serius. Jadi boleh boleh saja penulis sebagai administrator website atau blog ini menggunakan Bahasa sederhana, dengan sesekali diselingi dengan Bahasa Gaul walau tidak harus Alay.   Karena dalam pandangan dan prespektif Penulis bahwa Penggunaan Bahasa Alay diserahkan kepada masing masing Penulis Blog (Blogger).  

Mau dipakai atau tidak (bahasa Alay) menjadi hak masing masing blogger.    Jadi walau blog ini sudah menjadi Portal Wisata (Tourism) kota Pontianak, tetaplah substansinya adalah blog biasa.  

Hal ini dimungkinkan karena data data dan informasi Pariwisata (tourism) bersifat statis, tetap dan jarang berubah dalam waktu cepat.  Beda dengan tulisan khas blogger, tulisan atau postingan blogger yang relatif baru setiap harinya dengan tema yang berbeda beda sesuai dengan harapan dan keinginan sang admin atau penulis blog.

Hal ini dirasa perlu untuk menjaga agar website atau blog ini sustainable alias dapat berkelenjutan , mempunyai true color (Jati Diri), dan menjaga tetap up-to-date dengan konten yang berkhas nya yakni Ngeblog secara berkala.   


Mengapa penulis menyebut pengisian konten yang bersifat Ngeblog secara berkala?  Karena tidak ada jaminan untuk menulis konten blog setiap hari.   Menulis adalah hal yang menyenangkan bagi siapa saja  yang menyukainya, nah penulis termasuk salah satu dari ribuan bahkan jutaan orang yang menyukai dunia tulis menulis ala Jurnalisme Warga atau Citizen Journalism. (Asep Haryono)..

36 comments:

  1. mantap mang, dengan mengerucutnya website ini jadi portal informasi wisata khususnya Pontianak, maka secar langsung akang adalah rakyat yang mencintai Pontianak, dimana langit dijungjung, disitulah bumi dipijak....makjleb kang.
    tambah sukses yea

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tumben komen mang Lembu adem ayem gini. Biasanya ngeledek terus. Wkwkwkwkw. Saya mah diledek model apa saja nyantei mang

      Delete
    2. nanti kalo balik ke bekasi, ya bekasi yang dijunjung.
      nah kalo pindah ke awan?

      Delete
    3. langit yang dijunjung mas hehehe...

      Delete
    4. saya setuju sekali akang mas

      Delete
    5. @zach flazz : Wahahahah Jauhnya sampai ke Awan Awan Hehiheheiheie

      @Marnes Kliker : Iya langit nya sudah tinggi waaaaaaaaa

      @Yono Karyono : Setuju juga

      Delete
    6. Sebelum komen elu makan apa ya mas ... tumben jadi bijaksana ..... atau jangan-jangan habis kemasukan jin desa Cilembu kali ya ..... :D

      Delete
  2. wahh keren kang, smoga bisa lebih bermanfaat karena menyampaikan tentang wisata setempat. saya juga kan gak gagap kalau mau ke pontianak, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Wisata Bali : Iya saya coba. Namun yang perlu digaris bawahi semua konten yang ada dalam portal ini ditulis dari kacata seorang blogger atau traveler. Lebih kepada format laporan perjalanan daripada informasi kaku atau formal suatu obyek wisata.

      Dengan cara seperti inilah diharapkan para pembaca atau pengunjung website ini bisa "hanyut" dan merasa "dilibatkan:" dalam tulisan

      Delete
    2. pontianak mah gampang. naik aja pesawat tujuan pontianak, pasti sampe

      Delete
    3. Terus kalau sudah sampai ke pontianak nunggu siapa mas zach . Nunggu dijemput ya

      Delete
    4. @zachflazz : Hiehiehe iya bener benerrrr

      @Yono Karyono : Iya nanti ditungguin dah wahahhahahaaha

      Delete
  3. Wah, berarti akan ada banyak cerita tentang Pontianak disini. Asik donk. Kalau bukan kita, siapa lagi yang akan memulai untuk mempromosikan kekayaan wisata di seluruh pelosok negeri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Armae : Iya mba, Hiehiheie Rencana saya sih begiti eh begitu. Soalnya info mengenai kota Pontianak masih kurang penulisnya. Semoga sumbangsih yang tidak ada artinya bisa bermanfaat

      Delete
  4. hahahhaha..ada bahasa alay,,,bahasa alay itu spt keless,,bingit..gitu ya kang,,,btw kamera kodaknya kmn kang???

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex;z Someo : Hiehiehiee Wahahaha Bingit masih ada rupanya. Wahahahaha. Iya Kodak Z812 IS saya sudah dijual wahahahaa. *Mengharukan

      Delete
  5. apapun bidang yg akan diulas kang asep, saya hanya minta 1 hal saja.. yaitu ulasannya harus tetap tajam setajam silet....

    #sruput kopi

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cak Budy : Hahahah SIlet nih yeeee

      Delete
  6. Peninjauan Konsepnya memang bagus Kang Asep..!,..seperti kata mas Budi di atas harus tetap setajam silet..

    Jadi lebih seru inih..Kang..ada tambahan..utamanya itu informasi wisata..kalaupun kita tdk ke tempat wista yg dimaksud..informasinya bisa kt dpatkan di sini..!

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aldino Sya : Heiheihe kalau sudah membahas urusan SILET, di komunitas KPK sudah banyak dedengkotnya. Urusan Setipis silet mah, saya masih MURID aja Heihiehiehiehe

      Iya harapan saya sih begitu,. Soalnya informasi tentang kota Pontianak agak jarang , dan saya coba untuk mengisi kekosongan itu. Namun yang perlu di catat jangan sampai para pengunjung jadi BOSAN disuguhi info wisata terus.

      Oleh karena itu FOKUS utana website atau BLOG ini tetaplah Postingan biasa ala Blogger

      Delete
  7. terus berkaya kang
    tak dorong dari sini pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Thanjawa Arif. Semoga dikabulkan oleh ALLAH SWT

      Delete
  8. selamat kang, semoga menjadi niche blog yang traffic-nya makin meningkat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah wah saya agak sedikit bingung dengan Niche. Saya pikir harus belajar lagi deh soal SEO sedikit demi sedikit sama kawan kawan semuanya. Mohon saya dibantu ya. Saya masih awam banged soal SEO segala macem. Taunya nulis doangan

      Delete
  9. Jadi topik pembahasannya lebih terarah seputar informasi wisata ya kang, mantep deh semakin banyak informasi wisata yang bisa saya baca dari blog ini nantinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Marnes Kliker : Saya harap sih seperti itu. Satu hal yang perlu dicatat di sini bahwa informasi wisata kota Pontianak disajikan dalam gaya penulisan Blogger. Dalam gaya bertutur atau bercerita seperti laporan perjalanan oleh seorang Blogger atau Traveller.

      Saya harap para pembaca blog ini merasa "hanyut" atau merasa :"dilibatkan" juga. Bukan informasi Wisata yang bersifat KAKU, dan FORMAL dengan bahasa yang membosankan seperti layaknya memabca sebuah BROSUR

      Delete
  10. Wah, berarti berarti blog simplyasep.com ini akan ada banyak cerita tentang Pontianak wisata - wisata pontianak ya kang. Asik nih, biar saya nanti kalau mau berkunjung ke Pontianak gak bingung lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Inilah keinginan saya sejak lama. Namun yang perlu digaris bawahi di sini informasi Wisata kota Pontianak semuanya dituturkan dari sisi blogger. Dari sisi Traveler. Bukan informasi KAKU, dan FORMAL seperti layaknya membaca BROSUR WISATA. Saya tidak mau seperti itu

      Maunya saya sih semua yang disajikan dalam Portal Wisata kota Pontianak ini saya sendiri yang turun langsung mengalaminya, mengambil datanya, dan mempublikasikannya di sini. Layaknya Jurnalisme Warga atau Citizen Journalism.

      Materi UTAMA tetaplah Postingan biasa. Postingan saya sebagai Blogger

      Delete
    2. pegaden diliput yang kedua nanti setelah pontianak

      Delete
    3. Maunya sih hihiheihie

      Delete
  11. wah keren juga ya dari blog pribadi kini berubah menjadi portal wisata :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya tidak juga. Secara substansi ini memang blog pribadi,. Berisi tulisan atau postingan biasa saja. Nah postingan biasa aja atau ngepost adalah SAJIAN yang utama.

      Menu menu atau link WISATA sebagai pelengkap saja, dan tidak berubah datanya. Sekali di input misalnya untuk Info Hotel Merak A. Ya sekali di input infonya ya sudah. Diam aja sampai di situ. Nah ini yang saya maksudkan

      Postingan tetap lah hal yang rutin saja.

      Delete
    2. ahh kang asep suka begitu kalo dipuji deh

      Delete
  12. Belum banyak lho mas yang tahu wisata pontianak ... ada banyak sih wisata yang bisa dijadikan bahan tulisan .. bisa kuliner, sejarah dll

    ReplyDelete
  13. terima kasih atas artikel anda yang menarik dan bermanfaat ini. semoga memberikan manfaat bagi pembacanya. saya memiliki artikel sejenis yang bisa anda kunjungi di sini EXPLORE INDONESIA

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog