Jual Milagros disini
Loading...

Waspadai SMS Penipuan

Catatan Asep Haryono

Pada hari Selasa, 18 Agustus 2014 pukul 07.18 WIB Waktu Pontianak di Android penulis masuk semua pesan short messages service atau SMS dari nomor  089 6060 78809. Jelas nomor ini tidak penulis kenal, dan tidak ada dalam phone book Android penulis.   Isi pesan SMS nya adalah sebagai berikut :

+6289 6060 78809.
Maaf , mengenai angsurannya sebelum dibayar harap hubungi pimpinan kami, Bpk, JUSUF HERMANTO , 085351745555 karna ada perubaha. Terima Kasih

Sebenarnya penulis sudah tahu kalau ini pasti nomor "tuti" alias Tukang Tipu. Walaupun sudah bisa dipastikan ini nomor berasal dari penipu yang sedang marak belakangan ini dengan menggunakan SMS, penulis coba menghubungi nomor yang dimaksud oleh penipu itu tadi. Pengen mau tau mau di bawa kemana nantinya:

Saat penulis hubungi nomor yang dimaksud oleh si penipu yaitu
085351745555 yang namanya "Jusuf Hermanto" ini mengatakan bahwa angsuran yang dimaksud adalah ADIRA.  Penulis tertawa geli dibuat oleh jawaban bapak tadi.  Kami memang punya angsuran motor tapi bukan dari ADIRA, melainkan BAF.   Ini saja sudah ngaco kuadrat.  Jadi tidak perlu lagi penulis bahas dalam artikel ini hal hal lain yang bisa memastikan nomor tadi adalah penipu.  Satu saja sudah salah, pasti lainnya salah semua.

sms penipuan
SMS TIPU : Ini adalah screenshot pesan singkat SMS yang masuk dalam Android Samsung Galaxy Young milik penulis.  Hati hati SMS penipuan.  Foto Asep Haryono

Si pengirim SMS yang mengaku bernama "Jusuf Hermanto" ini langsung menutup teleponnya.  Sampai tadi pagi jam 07.46 WIB (Rabu, 20 Agustus 2014) penulis coba menghubungi lagi nomor
085351745555 sudah tidak aktif.  Sedangkan si pengirimnya no +6289606078809 masih aktif.   Penulis menghimbau kepada Sahabat Blogger untuk waspada gaya SMS penipuan semacam ini.  Penulis yakin masih banyak SMS SMS penipuan yang beredar di Indonesia dengan gaya yang berbeda beda untuk meyakinkan korban agar terpedaya.  Jangan mudah percaya pada SMS yang tidak dikenal apalagi sampai tertipu

Mungkin kita bisa memastikan bahwa SMS penipuan seperti ini diabaikan begitu saja.  Kita bisa langsung remove (hapus) SMS SMS penipuan seperti ini.  Namun bagaimana dengan kawan kawan kita lainnya yang kurang waspada misalnya, bisa bisa menjadi korban penipuannya.  Cek dan ricek terlebih dahulu. Jangan mengirim uang apa pun. Waspada selalu adalah tindakan yang bijaksana.(Asep Haryono)
.

26 comments:

  1. Saya yang di Yaman saja masih sering mendapat SMS seperti itu, Kang Asep. Apalagi yang di Indonesia. Terima kasih sudah diingaatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Lutfi Hakim : Iya kah mas Muhammad Lutfi Hakim? Wah dipanggil apa nih? Mas Hakim aja? Atau Mas Lutfi ? Hiehiehe. Iya kah di Yaman juga ada banyak beredar SMS Penipuan? SMS dari warga setempat kah? Atau dari orang iseng di Yaman ya

      Delete
    2. Terserah Kang Asep saja, he-he. Saya di sini kan pakai kartu Telkomsel dengan layanan international roaming. Jadi, sms penipuannya tetap dari Indonesia.

      Delete
  2. Bhahaha, itu mah langganan di hape gue, Pak! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. @eksak : Heiheiheie iya kah. Wahahahahhaa

      Delete
    2. Buat berenti mesti ketik anrek ya

      Delete
    3. jangan dibrentiin....ntar ngga ada bahan postingan dong?

      Delete
  3. saya jadi tersentak dengan kalimat terakhir kang asep. kita mungkin bs lgsg tau kalau sms itu penipuan, tp bagaimana dengan saudara/teman2 kita? terimakasih sudah mengingatkan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Psychosocial : Iya sama sama

      Delete
    2. cup...cup...cup...

      Delete
  4. Males kalau nerima sms kayak begini...... hape bunyi ngarep sms dari siapa gituuu... eh kalo ga sms penipuan ya sms operator... kecewaaaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Una : Thanks sudah mampirss. Heihee iya bener sama juga. Apalagi sms cuma isinya iklan. Cape cape ngejar nda tau isi SMS iklan

      Delete
    2. Hihihi padahal kan ngarepnya dapet sms dari yang ditaksir om wakakakak

      Delete
  5. Biasa kang, akal-akalan sang penipu. tapi semua itu tergantung penerima sms tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kasihan juga mereka yang di pelosok misalnya. Ini misalnya. Nda tau itu SMS Penipuan. Bisa terpedaya

      Delete
  6. Kok...masih ada yang suka begituan sih...gak takut sama karma, apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sudah memberikan laporan kepada TELKOMSEL atau GRAPARI Pontianak. Mereka menganjurkan kalau ada SMS SMS penipuan seperti ini ABAIKAN saja

      Delete
  7. Saya juga sering nerima sms kayak gini. Dari minta pulsa hingga transfer uang , para penipu ini juga mulai pintar kadang mereka menyebut no depan no hape kita hingga rasanya begitu benar...

    Kalau saya sih sudah waspada , tapi kalau yang nerima bapak / ibu kadang jadi heboh sendiri :D . Udah dijelasin berkali kali , kadang gak ngerti juga :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Aden Atah : Orang Tua memang tidak mengerti kita. Tidak mau mengerti kita, Orang tua biasanya hanya mau di MENGERTI oleh anak anaknya. Saya pun mengalami hal yang sama. Kewajiban kita, anak anaknya , yang memberi penjelasan kepada kedua orang tua kita dengan bahasa yang mudah dimengerti

      Delete
  8. Mending di cuekin aja lah bang..sayang2in energi buat ngebacanya :)

    Oh ya bang Har.. kalo mau ambil sreen shot gbr sms nya..teken tombol power sama tombol home secara bersamaan..
    :)

    ReplyDelete
  9. ish...ko' Hp nya sama dengan punya saya seh...ih..ngikutin saya ya?

    ReplyDelete
  10. Baru aja dapet sms isinya sama
    Iseng2 googling nomer 085351745555 eh banyak juga ya yg dapet sms kyak gitu

    ReplyDelete
  11. sekarang memang harus lebih berhati-hati yah mas karena penipuan bisa terjadi tanpa kita sadari.

    ReplyDelete
  12. Semoga nggk ada yg tertipu mas

    ReplyDelete
  13. buat orang yang sudah sering berkecimpung di dunia goib ini tentu hal semacam itu sudah tidak dihiraukan lagi ya Pak, namun jika hal itu menimpa orang yang belum pernah mengenal dunia Inet pasti akan langsung percaya, dan mudah untuk di tipu oleh begundal-begundal yang tidak bertanggung jawab

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog