Jual Milagros disini
Loading...

Ketika Sambungan Listrik Diputus PLN

Catatan Asep Haryono


Tadi malam penulis beserta anak anak hidup dalam kegelapan. Kegelapan di sini adalah mkana yang sebenarnya alias tidak ada penerangan listrik sama sekali karena diputus oleh Perusahaan Listrik Negarqa (PLN) kaena menunggak tagihan listrik selama 3 (tiga) bulan.   Namun Alhamdulillah semua tagihan rekening Listrik tersebut sudah dilunasi dengan gegap gempita dan listrik kembali menyala seperti sedia kala.

Dalam tulisan penulis kali ini adalah cerita ringan saja bagaimana rasanya hidup tanpa pasokan listrik sama sekali saat terjadinya pemutusan kemarin.   Semoga cerita ini memberikan inspirasi dan juga peringatan (warning) terutam untuk diri penulis sendiri untuk tertib dan rutin dalam membayar tagiha listrik PLN.   Bagaimana rasanya saat terjadi pemadaman karena sambungan Listrik di putus oleh PLN kemarin itu?. Berikut ini adalah Suka Dukanya saat terjadi pemutusan Listrik oleh PLN.

Pertama : Sudah pasti tidak ada aktifitas listrik.  Nyaris di seluruh aktifitas kita memerlukan pasokan Listrik mulai dari menyetel TV, Radio, Laptop (biasa disebut dengan sebutan gaul Lappie atau Lepi-red), mencas Gajet (HP, BB, Android, Ipad dll), Mesin Cuci, apa saja yang memerlukan pasokan energi listrik.   Saat terjadi pemadaman listrik, atau saat padam listrik semua barang barang tersebut lumpuh total.   Bisa dibayangkan jika tidak ada listrik sama sekali.  Hidup pasti terasa tidak menyenangkan.   Rumah pasti gerah berkeringat karena Kipas tidak berfungsi tidak ada listrik.  

Dari sini kita bisa merasakan bagaimana penderitaan warga GAZA saat listrik tidak ada karena satu satunya pembangkit listrik GAZA sudah diluluh lantakkan oleh Zionis tidak punya otak , hati dan perasaan - ISRAEL. 

Lok bisa lari dari urusan PLN sampai ke GAZA? Jelas ini disengaja dihubung hubungkan.  Namun dari pengalaman penulis kemarin malam yang gelap gulita karena Listrik diputus PLN, penulis bisa memastikan hidup tanpa listrik sungguh tidak menyenangkan.  Nah begitupula dengan penderitaan saudara saudara kita Warga GAZA yang hidup tanpa listrik berbulan bulan sungguh suatu bencana yang menakutkan.  Penulis saja sehari semalam tanpa listrik sudah tidak karu karuan, nah warga GAZA itu hidup tanpa listrik berbulan bulan. Bisa dibayangkan, betapa menderitanya Warga Gaza



stud PLN
DIPUTUS :  Inilah posisi stud Listik yang dicopot petugas PLN sebagai tanda bahwa anda harus segera melunasi tagian listik.  Foto Asep Haryono

Slip tagihan
SURAT PANGGILAN :  Inilah surat panggilan dilengkapi dengan nominal total tagihan listrik yang harus segera dilunasi oleh Pelanggan.  Foto Asep Haryono


Ini dukanya?  Lalu apa ada sukanya?  Dari penggalan paragraf di atas disebut "suka duka" nya saat terjadi pemadaman listrik.   Kedua : Penulis rasa tidak ada SUKA nya.   Apa ada SUKA nya saat pasokan listrik di rumah tidak dipasok oleh PLN?  Hanya orang yang sehat saja yang mengatakan TIDAK MENYENANGKAN jika tidak ada pasokan listrik. 

Jika ada yang mengatakan sangat senang jika listrik PADAM atau DIPUTUS, mungkin hanya dia yang tau mengapa bisa begitu gembira saat tidak ada pasokan listrik.  Pengalaman penulis semoga bisa memberikan pengalaman yang berharga bahwa membayar tagihan listrik PLN tepat pada waktunya adalah tepat.  Menunda itu tidak baik.  Bayarlah tagihan listrik tepat waktu. Hematlah dalam menggunakan listrik.  Hemat Listrik. Hemat Biaya

Jika kewajiban pelanggan PLN sudah membayar tepat pada waktunya, kini kembali kepada pihak PLN sendiri untuk tidak melakukan Pemadaman Bergilir, atau pemadaman yang tidak terjadual.   Sesuai dengan protap nya, jika akan melakukan pemadaman listrik, kabari terlebih dahulu kepada masyarakat. Sosialisasikan jika akan dilakukan pemadaman listrik agar masyarakat bisa bersiap siap. Jangan sering PADAM mendadak seperti yang dikeluhkan oleh masyarakat Pontianak akhir akhir ini.   

Bulan Ramadhan kemarin ini penulis mencatat terjadi pemadakan listrik tidak jelas sebanyak 3 (tiga) kali khusus untuk wilayah Kubu Raya dan sekitarnya tempat "habitat" Penulis beserta keluarga.  PLN jangan cuma berani "galak" kepada pelanggan yang telat bayar tagihan listrik.  PLN juga harus bisa memastikan pasokan listrik stabil dan tidak padam mendadak kepada masyarakat. (Asep Haryono)..

35 comments:

  1. Alhamdulillah sudah lunas ya Pak....
    enggak bisa bayangin kalau aku yang mengalami kayak gitu 0_o

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sari widiarti : Alhamdulillah sudah :)))

      Delete
  2. Kalau ditempat ane hamoir tiap hari listrik nya padam mas ckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah wah harus segera lapor tuh. Soalnya pemadaman listrik tidak jelas gitu jelas merugikan. Kasihan warga yang bayar listrik pada waktunya jadi rugi. Pokoknya harus kabari dulu nih PLN kalau mau adakan pemadaman,. Agar warga siap siap menghadapinya

      Delete
  3. kalau listrik padem yang paling ga enaknya tu g bisa ngeblog kalau batre lepi lowbat ya kang :)
    Alhamdulillah kalau sudah lunas *langsung priksa tagihan listrik sendiri

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jery Yanuarlan : Iya hiehiheihee. Silahkan di cek sendiri tagihanna. Hiehiheiheihehieiee

      Delete
  4. Dulu pernah saya mengalami kejadian seperti ini, tapi bukan diputus oleh PLN, diputus sama tetangga, karena saya nebeng tetangga dan lupa bayar sebulan, tanpa ba-bi-bu langsung diputus

    Sukanya ada juga kang, bisa tidur lebih awal, kunci pintu dan cipika cipiku hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mang Yono : Wahahahaha> Hihihih. wahahahah Hiehiehiehee. Ada ada aja. Memang kalau gelap gelapan gitu bisa jadi istirahat lebih awal ya,. Sebenere sudah saya mau cantumkan sih SUKA nya kalau mati listrik, Tapi kalau kebaca PLN nanti malah sering dikasih MATI LISTRIK. Hahahaha. Jadi nda saya cantumkan SUKA nya mati listrik

      Delete
  5. turut prihatin atas diputus listriknya oleh PLN, tak kirain diputusin sama pacarnya...hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Tuvli Hadi : Wahahahahahaa

      Delete
  6. waaa,,nggak kebayang ya kalo mati listrik,,nggak bisa ngapa-ngapain itu kang,,,nggak bisa ngeblog juga ya pastinya,,,tadi malem,,rumah juga mati listrik,,,gelap gulita kang,,, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex'z Someo : Hahahah iya kah? Wah kok semakin sering aja terjadi padam listrik sama PLN ya. Hihihihi

      Delete
  7. tadi pagi aja listrik di kampung saya juga padam, pdhl nggak ada pemberitahuan sedang perbaikan atau apa.. juga tidak sedang kondisi hujan..

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Budy Shinichi : Nah itu dia yang sering dialami oleh warga Pontianak. Dan mungkin juga daerah lainnya di Kalimantan Barat,. PLN tiba tiba padam, tanpa ada pemberitahuan sebelumnya

      Delete
  8. kaya alam dan energi tapi miskin pengetahuan dan rohani hohoho

    ReplyDelete
  9. Wah, mas Asep bisa juga gelagapan karena listrik dipadamkan alias diputus jaringan PLN-nya ya?

    Bukankah tahun 70-an kita udah biasa gelap-gelapan, pake lampu teplok dan belum ada PLN mas...? Hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Uda Awak : Iya bener juga ya,. Gelap gelapan asyik juga ya Hieieiheiee

      Delete
  10. inget..kasus mati lampu ini ..malah bikin sy sempet bersyukur dan ada perasaan iba juga
    pas dulu lagi berniat mau potong rambut .. malem sekitar habis isya..ke tkng pangkas rambut..

    ketika sy nunggu .. ada orang yg sedang di cukur karena datang nya lebih dulu..plek tiba2 listrik PlN mati.. Nah loh.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Purnomo : Heheheh bisa aja hiihi

      Delete
  11. lah kalo disini udah dilunasi tagihannya plus ga pernah nunggak.. eh ttp aja sering ada pemadaman.. pernah sampe 2 hari loh ga nyala listriknya

    ReplyDelete
  12. Memeng sistem kerja PLN masih saja tidak IMBANG ... mau menang sendiri ... :(

    ReplyDelete
  13. untung di tempat saya jarang Mati Listrik pak hehehee.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EKA IKHSANUDIN : Oh ya kah syukur lah

      Delete
  14. nah, saya termasuk yang suka galak kalau urusan listrik. Abis gak pernah nunggak, tapi listrik sering byar pet. Mangkel banget :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Keke Naima : Whahaah ini teladan. Disukai setiap orang,. Disiplin dalam membayar tagihan atau tunggakan dari PLN. Salut buat Ibu Hiheiheihiee. Salam dari Pontianak

      Delete
  15. kalau listrik mati memang bikin jengkel yah mas mau ngapain juga terganggu belum lagi gelap gulita bikin jenuh dan membosankan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anthonie Eka : Iya bener bener menyengsarakan kalau listrik nya nggak ada. Nggak bisa ngapa ngapain. Udah rasanya hidup di Hutan Hihihihihi

      Delete
  16. Di tempat saya malah lebih sering lampu mati, Kang Asep. Terutama saat musim panas seperti sekarang ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Lutfi Hakim : TEryta yang namanya mati listrik tidak hanya terjadi di dalam negeri aja ya. Di luar negeri juga sering padam lampu juga ya

      Delete
  17. Di sini listrik diserahkan ke swasta mas, jadi nggak ada kata listrik mati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya ya, Hmmm menark juga nih mba

      Delete
  18. di rumah saya sudah pake token kang, listrik bisa putus sendiri jika pulsanya kagak di isi

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog