Jual Milagros disini
Loading...

Hujan , dimanakah kau berada?

Catatan Asep Haryono

Sudah lebih dari 2 (Dua) bulan sebelum Idul Fitiri, kota Pontianak pada khususnya dan kota kota lainnya di seluruh propinsi Kallimantan Barat pada umumnya dilanda musim kemarau yang ditandai dengan sangat minimnya curah hujan yang turun.  Sungguh kontra dengan kondisi di Jakarta yang dilanda kebanjiran.  Dahulu sudah pernah ada usaha dengan membuat Hujan Buatan yang dilakukan oleh instansi terkait yang didukung sepenuhnya oleh Angkatan Udara namun hasilnya belum maksimal.

Kalau sudah membicarakan kurangnya curah hujan sudah pasti akan bersinggungan dengan air.  Tentu saja air bersih yang layak untuk dikonsumsi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.  Bagi warga Pontianak yang prakmatis, krisis air bersih di saat musim kemarau ini bisa dengan mudah diatasi yakni dengan membeli air bersih dalam ukuran yang diinginkannya. Harga per kibik air bersih bervariasi tergantung jarak tempuh pelanggan dari sumber air bersihnya.  Rata rata berkisar antara Rp.200.000 - Rp.300.000,- per 2 kibik air bersih.  Mohon dikoreksi jika salah ya


Ini memang bukan jalan keluar yang baik tentunya.  Bagi yang berpunya kehabisan air bersih tidak akan menjadi masalah karena bisa dengan mudah membeli air bersih. Tapi bagaimana dengan masyarakat yang kurang mampu untuk membeli air bersih?  Bagi sebagian masyarakat harga perkibik air yang disebut di atas tentulah jumlah yang sangat besar.  

Lalu bagaimana solusi nya jika kemarau terus berlanjut dan krisis air semakin parah?.  Sebagian masyarakat terpaksa menggunakan air kolam untuk berbagai keperluan. Jika air kolam nya keruh maka akan dijernihkan dengan menggunakan Tawas atau sejenis bahan kimia pen jernih air.  Air tanah yang menghasilkan air kolam pun barangkali akan terbatas kemampuannya karena terus menerus diambil airnya.  Lalu bagaimana jika air kolampun semakin berkurang, air tanah semakin susah ditemui?. Hujan, dimanakah kau berada?. Senoga Allah SWT segera mencurahkan HujanNYA bagi kami semua. Aminnn  (Asep Haryono)..

34 comments:

  1. Kalau di jambi kawasan kami tinggal malah kerap hujan mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cik Awi : Wah iya kah Jambi? Wah Alhamdulillah

      Delete
  2. iya kang,,tanamanku juga kering di tinggal mudik ke kampung selama seminggu,,,gara2 hujan belum turun,, :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Dwiex'z Someo : Semoga Allah SWT segera menurunkan HujanNYA buat kita semua yang sudah kehabisan air bersih. Amin Ya Rabb

      Delete
  3. Hujannya lagi ditempatku
    silahkan sabar nunggu
    pasti akan jatuh padamu
    air bersih Dari gumpalan awan rindu

    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anisayu Nastutik : HIHhiihihii

      Delete
    2. puisinya manis sekali :)

      Delete
  4. Semoga hujan bisa cepat turun ya pak...
    Mumpung masih suasana Lebaran, saya mau mengucapkan Mohon maaf lahir dan bathin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Santi Dewi : Amiin ya Robbal Alaminnnn. Iya sama sama mba. Kami sekeluarga di Pontianak juga ngucapkan Selamat Idul Fitrie. Mohon Maaf Lahir dan Bathin ya

      Delete
  5. klo di kalimantan emang suka kekeringan gitu yah om?
    mahalnya air bersih sampe 200 ribuan --"
    klo beli air galon gitu apa nggak ada om? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Chikita Nawaristika : Iya airnya itu dalam takaran per Kubik. Kalau nda salah 2 kubik setara dengan 1 gallon besar yang bisa dibawa oleh Truk. Kalau air Galon Mineral atau air bersih sih murah saja. Sekitar 6 ribu rupiah

      Delete
  6. Malaysia sini juga kemarau
    kurang hujan
    takut juga tak da air pakai
    now so hazy
    MY-Emily

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Emily Tang : Hi hi Emily Tang. Welcome to my lovely blog. Thanks for coming. It was very terrible when you see no water around you and you have to struggle to get the water. Thanks again for coming. I really appreciate it

      Delete
  7. Itu poto asli ya ma..
    waw... kalo cuaca gitu ngeri banget yaa..
    tapi keren hehe

    ReplyDelete
  8. Wah Pontianak, mau dong satuuuu dodol durennya XD

    ReplyDelete
  9. air bersih merupakan hal yang sangat penting bagi kita yah mas jadi kasihan kalau sampai masyarakat yang kurang mampu sampai tidak mendapatkan air bersih, semoga hujan cepat turun yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Anthonie Eka : Iya benar sekali. Bagi mereka yang berpunya beres tinggal pesen aja. Beli air pake truk air. Kasihan yang tidak mampu beli air. Ya semoga doanya Anthonie Eka dikabulkan Allah SWT. Aminnnnnnnnnnn

      Delete
  10. Trenggalek malah beberapa hari dilanda hujan, Om. Semoga KalBar segera hujan, Om, biar gag sumuk lama2 :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Happy Fibi : Wahahaha apalagi itu SUMUK? Heiheiihee soalnya saya suka mudeng kalau ada istilah "asing" namun tidak disertai dengan terjemahan dalam Bahasa Indonesianya. Iya AMin Terima kasih doanya.

      Delete
  11. DI tempat saya malah sudah setengah tahun lebih enggak turun hujan, tapi alhamdulillah airnya masih lancar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Muhammad Lutfi Hakim : Wah masa sih? Wah Alhamdulillah kalau gitu Mas Hakim sudah tidak ada masalah dengan air. Stok air dari Asrama Mahasswa barangkali ya. Atau sistim PDAM kota YAMAN yang memang keren. Salut Salut. Kerennnnnnnnnnnn

      Delete
  12. di tempat saya malahan baru saja turun hujan walau cuma sebentar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Joe Ismail: Wah syukur Alhamdulillah. Kalau di tempat saya tinggal sudah 2 bulan lebih belum turun hujan

      Delete
  13. Alhamdulillah di Surabaya dan sekitarnya tidak terjadi kekeringan. Di sini malah beberapa kali hujan lebat, kang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cak Budy : Oh ya kah Cak Budy. Syukur Alhamdulillah ya. Semoga hujan yang melanda kota Surabaya segera "menular" kepada warga warga di Kalimantan Barat yang saat ini sudah cukup menderita karena kekurangan air bersih. Amin Ya Rabb

      Delete
  14. di tempat saya juga sudah lama tidak hujan kang...saya pernah ke pontianak rasanya kondisinya terik sekali karena berada di garis khatulistiwa...ndak terbayang bagaimana rasanya kalau hujannya tak turun2. Semoga disana cepat turun hujan ya kang

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Jery Yanuarlan : Hi hi wah ternyata pernah Ke Pontianak ya. Wah kapan tuh ke Pontianak nya? Dalam rangka apa waktu itu ke Pontianak? Apakah ada sanak family, teman atau keluarga di Pomtianak. Kalau ke Pontianak lagi kabar kabari ya Hiehiheiheiee Kan bisa copy darat yoooooo :))

      Delete
  15. Alhamdulillah,,,hujan mulai membasahi kota Banjarbaru, Kal-Sel tadi siang.....mudah-mudahan bisa berlanjut esok hari,,,dan bisa menular ke pontianak.....keep happy blogging always...salam dari Banjarbaru :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Blogs Of Hariyanto : Wah Subhanallah. Hujan sudah turun di Kalimantan Selatan ya. Alhamdulillah. Smeoga Allah SWT segera menurunkan HujanNNYA untuk semua warga Kalimantan Barat, dan seluruh Indonesia yang kekurangan air. Aminnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

      Delete
  16. Alhamdulillah di sini masih ada curah hujan, meskipun biasanya numpang lewat doang.. hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. @sari widiarti : iya maunya sih begitu mba. Cuma ini sudah 2 bulan lebih sang Hujan belum turun juga Kasihan warga banyak yang mengeluh kekurangan air. Semoga Allah SWT mrncurahkan airnya. Aminnnn

      Delete
  17. Senasib dengan kampung ku mas, Dumai. Sudah mulai kekeringan, mau beli air mesti antri, namun Alhamdulillah kemaren udah mulai turun hujan, tanaman kembali menghijau, debu mulai berkurang, hutan dan lahan yang terbakar mulai padam sehingga asap hilang entah kemana.

    ReplyDelete
  18. Wah ... kebayang ya mas keringnya kalau hujan sudah 2 bulan belum hadir, semoga segera hadir deh hujannya, Aamiin.

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog