Jual Milagros disini
Loading...

Ketika Tour Guide Dicuekin

Catatan Asep Haryono

Ketika penulis mengikuti Workshop MDGs yang bertema "Government and Parliamentary Synergy Progress Toward For Accelerating To Achieve MDGs by 2015" di JW Marriott Kuningan Jakarta tanggal 16 s/d 19 September 2010 kemarin, sempat ikut acara tour ke Musium Bank Indonesia.  Semua peserta dari Indonesia dan luar negeri tumplek di sana dengan agenda acara utama tentu saja happy hours alias memang wisata sejarah gitu deh kira kira.

Namanya juga wisata rame rame alias rombongan tentu saja ada "serah terima" antara Group Leader kami dengan local guide atau pemandu wisata (tour guide) setempat ata pemandu wisata dari pihak Bank Indonesia sendiri.  Guidenya tidak satu, melainkan lebih dari satu.  Penulis sempat menghitung sekitar 3 (tiga) orang guide waktu itu.

Local Guide In Action
GUIDE :  Salah satu Guide dari Musium Bank Indonesia sedang memimpin para peserta tour MGDS.  Menyimak, mendengar lalu asyik sendiri.  Foto Asep Haryono.
misah dari rombongan
MISAH:  Kami memisahkan dari dari pemandu wisata, biasalah gank penulis hehehe.  Foto foto sendiri, bikin acara sendiri  Guide Musiumnya mana? Noh di sono tuuhh. Jauuh.  .  Foto Asep Haryono.
emas fake
FAKE GOLD  Salah satu diorama dalam  Musium Bank Indonesia berupa tumpukan emas murni.  Asli kah? Tentu saja palsu.  Foto Asep Haryono.

Ini memang lazim.  Ketika rombongan berada di sebuah obyek wisata maka dari pihak pengelola obyek wisata tersebut menyediakan jasa pemandu wisata (local guide) bersertifikat yang sudah teruji kemampuannya dan sudah berpengalaman. Dasarnya aja orang Indonesia yang sudah terkenal kurang disiplin dalam hal waktu, saat local guide Bank Indonesia sedang menjelaskan suatu obyek sejarah, sebagian dari rombongan peserta tour "memisahkan diri" alias "mandiri" asyik dengan acaranya sendiri sendiri.  Termasuk gank nya penulis tentunya. Wuahahahhaa.

Local guide nya kemana, peserta tour-nya kemana.  Yang sedang dijelaskan pada "sibuk sendiri". ada  yang sms an, BBM an, update status, ketawa cekikikan , foto foto selfie sampai ada yang "mojok" macam macam polah tingkahnya.   Kasian juga khan melihatnya   Mas mas dan mba mba Guide dari Bank Indonesia sampai teriak dengan Megaphonenya agar peserta tour pada tertib.  Teteup aja ya gitu gitu aja. (Asep Haryono)

13 comments:

  1. hehehehe kasian ya tour guide nya kang.. tapi mungkin itu memang sudah hal biasa bagi para tour guide di cuekin seperti itu yah kang...
    kenapa nggak di ajak selfie foto bersama saja kang tour guide nya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Mas Nady : Hiehiheie iya kasian juga. Mungkin msih banyak yang seperti ini. Mustinya para peserta Tournya juga kudu disiplin dan lebih menghargai pemamdu wisatanya.

      Delete
  2. emang tege bingit deh ih...tapi...ya, ngga apa apa juga dicuekin, yang penting mah tetep dibayar dong ke guide an nyah.

    Maaf lahir batin ya kang...udah ngga bisa bilang apa apa lagi deh soal khilaf dan salah ke akang mah...bejibun bangat seh
    maafin bangat sayah yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Cilembu thea : Hiehiehie iya mang Lembu Sama sama. Kami sekeluarga di Pontianak juga menyampaikan ucapan Met Lebaran juga. Minal Aidzin Walfadzin Mohon mangap eh maaf lahir dan Bathin juga ya. Pelukannnnn

      Delete
  3. indonesia bange ganknya kang asep...haha, guide nggak bakalan menarik buat wisatawan lokal, nggak terlalu penting infonya, yg penting jalan2nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. @wongcrewchild: Ahaaaaaaaaaaaaaa tepat sekali Hihiheihieie

      Delete
  4. Beda ya mas sama di desaku sini, biasanya yang sibuk ya tour guidenya menerangkan, terus yang mengikuti serius mendengarkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu teladan bangeds mba. MEmang sudah seharusnya begitu Kasihan Guidenya ya, Mungkin yang diterangkannya orang Indonesia kali ya, Bangsa Sendiri.

      Delete
  5. saya kira emas itu asli mas..
    buanyak banget emas nyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahahah Kalau emas beneran bisa gawat donk
      Bisa diambilin orang Heiheieiee
      Emas sebanyak itu kalau diuangkan dan uangnya dibelikan cendol, wih
      Pasti buanyak sekali

      Delete
  6. Kasihan tour guidenya, kang - -"
    Foto dokumentasinya kurang banyak, Kang -,-

    ReplyDelete
    Replies
    1. @Happy Fibi: Hihiehiehiei Foto foto sih banyak Biarlah dikit aja. Kalau kebanyakan foto nanti malah jadi gallery foto bukannya tulisan. Hiehiehiehie

      Delete
  7. megaphone saja tidak mampu...coba panggil megaloman......
    selamat lebaran..mohon maaf lahir batin,
    keep happy blogging always..salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete

| Copyright © 2013 Asep Haryono Personal Blog